, Indonesia adalah salah satu negara yang rawan bencana. Berbagai bencana pernah melanda Indonesia. Salah satu bencana yang berdampak cukup besar adalah gempa yang diikuti tsunami. Tsunami terbesar yang pernah melanda Indonesia adalah tsunami Aceh yang terjadi pada Desember 2004., Tsunami berasal dari bahasa Jepang yang terdiri atas dua suku kata, yaitu, (pelabuhan) dan, (gelombang). Secara harfiah, tsunami adalah gelombang besar yang terjadi di pantai. Para ilmuwan mengartikan tsunami dengan sebutan , (gelombang pasang) atau , (gelombang laut akibat gempa)., Tsunami adalah gelombang laut dahsyat yang datang secara tiba-tiba dengan kecepatan yang tinggi dan menuju kawasan pantai. Tsunami terjadi akibat gempa bumi atau aktivitas gunung berapi di dasar laut. Saat gempa bumi terjadi di dasar laut, permukaan laut naik turun di sepanjang daerah patahan. Saat itulah tsunami terjadi. Patahan di dasar laut menyebabkan terganggunya keseimbangan air laut., Patahan tersebut akan menghasilkan gelombang laut. Patahan yang besar akan menghasilkan gelombang laut yang besar pula. Sesaat setelah terjadinya gempa, air laut akan surut.Air Laut akan kembali ke daratan dalam bentuk gelombang yang sangat besar. Tsunami juga bisa terjadi karena letusan gunung berapi di dasar laut. Letusan itu mengakibatkan tingginya pergerakan air laut atau perairan di dekatnya., Tsunami memiliki kecepatan gelombang yang lebih besar daripada gelombang biasa. Kecepatannya bisa mencapai 700 km/jam dan hampir sama dengan kecepatan pesawat. Tinggi gelombang tsunami mencapai 50-100 meter dan menyebar ke semua arah. Ketinggian tsunami dipengaruhi oleh bentuk dan kedalaman pantai. Oleh karena itu, gempa bumi di dasar laut sangat memungkinkan terjadinya tsunami., Tsunami menjadi salah satu peristiwa alam yang berdampak pada kehidupan, termasuk bagi manusia. Tsunami dapat menyebabkan kerusakan besar dan merenggut ribuan bahkan ratusan ribu jiwa sekaligus,seperti yang terjadi pada tsunami Aceh. Halini terjadi karena tidak adanya peringatan sebelumnya sehingga masyarakat tidak siap menghadapi peristiwa tersebut. Memang tidak semua gempa dan letusan gunung berapi di dasar laut menyebabkan tsunami, tetapi kita tetap harus waspada setiap saat dan menyiapkan diri untuk menghadapi bencana alam tsunami.,

kalau kita melihat pertanyaan ini sering tidak menemukan jawaban dan cara penyelesaianya. kita sudah mencarinya kesana sini diinternet. Untuk menyelesaikan pertanyaan yang sulit tersebut, faq.co.id telah menyiapkan soal beserta caranya. Mulai dari kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 juga tersedia secara gratis.

diharapkan dengan adanya jawaban soal ini dapat mempermudah kamu dalam belajar di rumah maupun disekolah saat diberikan tugas oleh bapak/ ibu guru. materi yang disediakan sangat lengkap mulai matematika, ipa, ips, penjaskes, kimia, fisika, ekonomi, dan materi pelajaran lainya. oke teman teman jangan berlama lagi mari simak pertanyaan dan penjelasan lengkapnya dibawah ini ya.

PERTANYAAN :


Bacalah teks berikut. 

Tsunami

    Indonesia adalah salah satu negara yang rawan bencana. Berbagai bencana pernah melanda Indonesia. Salah satu bencana yang berdampak cukup besar adalah gempa yang diikuti tsunami. Tsunami terbesar yang pernah melanda Indonesia adalah tsunami Aceh yang terjadi pada Desember 2004.

    Tsunami berasal dari bahasa Jepang yang terdiri atas dua suku kata, yaitu tsu (pelabuhan) dan nami (gelombang). Secara harfiah, tsunami adalah gelombang besar yang terjadi di pantai. Para ilmuwan mengartikan tsunami dengan sebutan tidal wave (gelombang pasang) atau seismic sea waves (gelombang laut akibat gempa).

Baca Juga :  Naskah proklamasi yang autentikadalah ...

    Tsunami adalah gelombang laut dahsyat yang datang secara tiba-tiba dengan kecepatan yang tinggi dan menuju kawasan pantai. Tsunami terjadi akibat gempa bumi atau aktivitas gunung berapi di dasar laut. Saat gempa bumi terjadi di dasar laut, permukaan laut naik turun di sepanjang daerah patahan. Saat itulah tsunami terjadi. Patahan di dasar laut menyebabkan terganggunya keseimbangan air laut.

    Patahan tersebut akan menghasilkan gelombang laut. Patahan yang besar akan menghasilkan gelombang laut yang besar pula. Sesaat setelah terjadinya gempa, air laut akan surut. Air Laut akan kembali ke daratan dalam bentuk gelombang yang sangat besar. Tsunami juga bisa terjadi karena letusan gunung berapi di dasar laut. Letusan itu mengakibatkan tingginya pergerakan air laut atau perairan di dekatnya.

    Tsunami memiliki kecepatan gelombang yang lebih besar daripada gelombang biasa. Kecepatannya bisa mencapai 700 km/jam dan hampir sama dengan kecepatan pesawat. Tinggi gelombang tsunami mencapai 50-100 meter dan menyebar ke semua arah. Ketinggian tsunami dipengaruhi oleh bentuk dan kedalaman pantai. Oleh karena itu, gempa bumi di dasar laut sangat memungkinkan terjadinya tsunami.

Baca Juga :  Dengan persediaan kain polos, dan kain bergaris, , seorang penjahit akan membuat pakaian jadi. Model Imemerlukan, kain polos dan, kain bergaris. Model II memerlukan, kain polos dan, kain bergaris. Jika keuntungan untuk model I, dan model II, , maka keuntungan maksimum dicapai bila model I dan II masing-masing berjumlah ...

    Tsunami menjadi salah satu peristiwa alam yang berdampak pada kehidupan, termasuk bagi manusia. Tsunami dapat menyebabkan kerusakan besar dan merenggut ribuan bahkan ratusan ribu jiwa sekaligus, seperti yang terjadi pada tsunami Aceh. Hal ini terjadi karena tidak adanya peringatan sebelumnya sehingga masyarakat tidak siap menghadapi peristiwa tersebut. Memang tidak semua gempa dan letusan gunung berapi di dasar laut menyebabkan tsunami, tetapi kita tetap harus waspada setiap saat dan menyiapkan diri untuk menghadapi bencana alam tsunami.space 

Urutan peristiwa terjadinya tsunami adalah …space 

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan B.space 


Urutan peristiwa terjadinya tsunami, dijelaskan pada bagian urutan proses. Urutan proses adalah bagian yang berisi penjelasan mengenai proses terjadinya fenomena yang disajikan secara urut atau bertahap dari yang paling awal sampai akhir.

Urutan peristiwa terjadinya tsunami, dijelaskan pada paragraf ketiga, yaitu “Tsunami terjadi akibat gempa bumi atau aktivitas gunung berapi di dasar laut. Saat gempa bumi terjadi di dasar laut, permukaan laut naik turun di sepanjang daerah patahan. Saat itulah tsunami terjadi.”

Baca Juga :  Agar massa suatu benda menjadi dua kali massa diamnya, benda harus bergerak dengan kecepatan ?

Kesimpulan dari paragraf tersebut adalah tsunami terjadi ketika terjadi gempa di dasar laut -> permukaan laut naik turun secara drastis -> tsunami.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.space 


itulah kunci jawaban dan rangkuman mengenai pertanyaan dan pembahasan soal nya. semoga bermanfaat untuk adik dan teman teman semua. nantikan jawaban yang berkualitas lainya hanya di situs faq.co.id ini. Terimakasih semoga dapat nilai yang bagus dan dapat juara kelas ya.

>>>DISCLAIMER <<<

Orangtua dapat mengoreksi kembali jawaban diatas. kunci jawaban ini sebagai bahan referensi dan panduan belajar siswa di rumah. untuk itu siswa dapat memeriksanya kembali apabila ada kesalahan atau penulisan isi jawaban.

Tinggalkan komentar

Faq App

Aplikasi ringan dan simple untuk mencari kunci jawaban pertanyaan yang beredar diinternet. mulai kunci jawaban tingkat sd smp dan sma sederajat. dilengkap dengan pembahasan lengkap dan terbaru. 99% isian jawaban akurat dan mudah dimengerti.

Services

Tentang

Kerjasama

Kebijakan Privasi

Hubungi Kami

faqcoid@gmail.com

Jakarta, Indonesia.