Ibu Engkaulah mata air kehidupan, Mengalir damai di persada kasih sayang, Teduh bagaikan embun surgawi, Membasahi nurani sang buah hati,

kalau kita melihat pertanyaan ini sering tidak menemukan jawaban dan cara penyelesaianya. kita sudah mencarinya kesana sini diinternet. Untuk menyelesaikan pertanyaan yang sulit tersebut, faq.co.id telah menyiapkan soal beserta caranya. Mulai dari kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 juga tersedia secara gratis.

diharapkan dengan adanya jawaban soal ini dapat mempermudah kamu dalam belajar di rumah maupun disekolah saat diberikan tugas oleh bapak/ ibu guru. materi yang disediakan sangat lengkap mulai matematika, ipa, ips, penjaskes, kimia, fisika, ekonomi, dan materi pelajaran lainya. oke teman teman jangan berlama lagi mari simak pertanyaan dan penjelasan lengkapnya dibawah ini ya.

PERTANYAAN :


Bacalah kutipan puisi berikut untuk menjawab soal nomor 39 dan 40!

Ibu Engkaulah mata air kehidupan
Mengalir damai di persada kasih sayang
Teduh bagaikan embun surgawi
Membasahi nurani sang buah hatispace 

Pesan tersurat penulis pada puisi tersebut adalah ….space 

Jawaban

jawaban yang tepat ialah pilihan A.space 

Pembahasan

Ulasan karya sastra berarti teks berisi tinjauan terhadap karya sastra. Ulasan berisi penilaian, baik kelebihan dan kekurangan karya sastra tersebut. Ulasan tersebut sangat bermanfaat bagi pembaca sebelum menentukan untuk membaca buku secara serius. Salah satu karya sastra yang dapat menjadi bahan ulasan ialah puisi.

Baca Juga :  If Yana ____ , a temperature, he ____ , the doctor.,

Puisi adalah karya sastra berisi kata-kata yang terpilih dan dapat mewakili berbagai ungkapan makna sehingga menimbulkan tanggapan khusus, keindahan, dan penafsiran beragam. 

Unsur Intrinsik Puisi

  1. Tema
    Tema dalam puisi adalah hal yang paling mendasar dalam pembuatan puisi. Tema mengandung keseluruhan makna dalam puisi.
  2. Nada
    Nada dalam puisi menggambarkan suasana batin puisi. Nada tinggi menggambarkan kemarahan dan keseriusan, sedangkan nada rendah menggambarkan kesedihan.
  3. Rasa
    Rasa adalah keadaan yang mampu memengaruhi suasana hati yang membacanya.
  4. Amanat
    Amanat adalah pesan yang ingin disampaikan penyair kepada pembaca atau pendengar melalui kata-kata dalam puisinya. Amanat dapat ditampilkan secara tersirat di balik kata dan tema yang diungkapkan penyair.
  5. Diksi
    Diksi adalah pemilihan kata yang tepat dalam pembuatan puisi. Dengan diksi yang tepat dan benar, ekspresi jiwa penyair dapat diketahui para pembaca.
  6. Majas
    Majas atau sering disebut gaya bahasa adalah unsur intrinsik yang membuat puisi menjadi punya daya dan kekuatan makna. Gaya bahasa yang digunakan dalam puisi, misalnya, metafora, personifikasi, dan simile.
  7. Irama
    lrama atau ritme adalah gambaran suasana hati penyair.
  8. Imajinasi
    lmajinasi atau khayalan dapat memengaruhi pembaca sehingga seolah-olah dapat melihat, mendengar, merasakan, bahkan ikut larut dalam khayalan.
  9. Rima
    Rima adalah pengulangan bunyi dalam puisi.
  10. Tipografi
    Bentuk fisik puisi, seperti pengaturan baris, penggunaan huruf, dan gambar dapat mendukung makna yang dikandung puisi.
Baca Juga :  Apa yang dimaksud seni rupa terapan nusantara

Berikut analisis puisi di atas:

Larik pertama, “Ibu Engkaulah mata air kehidupan” bermakna Ibu adalah seseorang yang sangat penting bagi kehidupan seorang anak, seperti manusia yang selalu membutuhkan air.
Larik kedua, “Mengalir damai di persada kasih sayang” bermakna kasih sayang Ibu yang selalu mengalir untuk anak-anaknya.
Larik ketiga, “Teduh bagaikan embun surgawi” bermakna bahwa Ibu merupakan sosok yang meneduhkan.
Larik keempat, “Membasahi nurani sang buah hati” bermakna kasih sayang Ibu yang selalu memberikan kesejukan di hati anak-anaknya.

Baca Juga :  Ibu memandang Juna. (..) matanya, lalu berdiri sembari memeluknya. Ibu Arjuna lalu melepas cincin emas dari jari manisnya., "Cincin ini warisan dari nenek Ibu. Turun ke nenekmu, sebelum (...) di jari manis Ibu. Wasiatnya, cincin ini diturunkan ke anak perempuan. Tapi karena Ibu tak punya anak perempuan, Ibu wariskan ke menantu Ibu dan tolong wariskan kembali jika kamu nanti punya anak perempuan. Ibu restui kamu. Malam ini, Ibu pilihkan jilbab (...) dari toko Ibu sebagai buah tangan untuk kita bawa ke rumah Laras.", (, , ),

Oleh karena itu, pesan tersurat penulis pada puisi tersebut adalah ibu menjadi penyejuk hidup anak.

Dengan demikian, jawaban yang tepat ialah pilihan A.space 


itulah kunci jawaban dan rangkuman mengenai pertanyaan dan pembahasan soal nya. semoga bermanfaat untuk adik dan teman teman semua. nantikan jawaban yang berkualitas lainya hanya di situs faq.co.id ini. Terimakasih semoga dapat nilai yang bagus dan dapat juara kelas ya.

DISCLAIMER

Orangtua dapat mengoreksi kembali jawaban diatas. kunci jawaban ini sebagai bahan referensi dan panduan belajar siswa di rumah. untuk itu siswa dapat memeriksanya kembali apabila ada kesalahan atau penulisan isi jawaban.

Tinggalkan komentar

Faq App

Aplikasi ringan dan simple untuk mencari kunci jawaban pertanyaan yang beredar diinternet. mulai kunci jawaban tingkat sd smp dan sma sederajat. dilengkap dengan pembahasan lengkap dan terbaru. 99% isian jawaban akurat dan mudah dimengerti.

Services

Tentang

Kerjasama

Kebijakan Privasi

Hubungi Kami

faqcoid@gmail.com

Jakarta, Indonesia.