, Ia dengar kepak sayap kelelawar, dan guyur sisa, hujan dari daun,, karena angin pada kemuning. Ia, dengar resah kuda, serta langkah, pedati ketika langit bersih kembali, menampakkan, bimasakti,, yang jauh. Tapi di antara mereka, berdua, tidak ada, yang berkata-kata., Lalu ia ucapkan perpisahan itu,, kematian itu. Ia, melihat peta,, nasib, perjalanan dari sebuah, peperangan yang tak, semuanya, disebutkan., Lalu ia tahu perempuan itu tak, akan menangis., Sebab bila esok, pagi pada rumput halaman ada, tapak yang menjauh, ke utara,, ia tak akan mencatat yang telah, lewat dan yang, akan tiba,, karena ia tak berani lagi., Anjasmara, adikku, tinggallah,, seperti dulu., Bulan pun lamban dalam angin,, abai dalam waktu., Lewat remang dan kunang-kunang,, kaulupakan, wajahku,, kaulupakan wajahmu.

kalau kita melihat pertanyaan ini sering tidak menemukan jawaban dan cara penyelesaianya. kita sudah mencarinya kesana sini diinternet. Untuk menyelesaikan pertanyaan yang sulit tersebut, faq.co.id telah menyiapkan soal beserta caranya. Mulai dari kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 juga tersedia secara gratis.

diharapkan dengan adanya jawaban soal ini dapat mempermudah kamu dalam belajar di rumah maupun disekolah saat diberikan tugas oleh bapak/ ibu guru. materi yang disediakan sangat lengkap mulai matematika, ipa, ips, penjaskes, kimia, fisika, ekonomi, dan materi pelajaran lainya. oke teman teman jangan berlama lagi mari simak pertanyaan dan penjelasan lengkapnya dibawah ini ya.

PERTANYAAN :


Cermatilah puisi di bawah ini!

Asmaradana

Ia dengar kepak sayap kelelawar
dan guyur sisa
hujan dari daun,
karena angin pada kemuning. Ia
dengar resah kuda
serta langkah
pedati ketika langit bersih kembali
menampakkan
bimasakti,
yang jauh. Tapi di antara mereka
berdua, tidak ada
yang berkata-kata.

Baca Juga :  1. jelaskan tentang klasifikasi makhluk hidup, 2 apa yang dimaksud dengan ordo.class.kingdom, 3.jelaskan proses terbentuknya makhluk hidup, 4.apa yang dimaksud dengan proses respirasi, 5.sebutkan dan jelaskan proses ekskresi pada makhluk hidup!

Lalu ia ucapkan perpisahan itu,
kematian itu. Ia
melihat peta,
nasib, perjalanan dari sebuah
peperangan yang tak
semuanya
disebutkan.

Lalu ia tahu perempuan itu tak
akan menangis.
Sebab bila esok
pagi pada rumput halaman ada
tapak yang menjauh
ke utara,
ia tak akan mencatat yang telah
lewat dan yang
akan tiba,
karena ia tak berani lagi.

Anjasmara, adikku, tinggallah,
seperti dulu.
Bulan pun lamban dalam angin,
abai dalam waktu.
Lewat remang dan kunang-kunang,
kaulupakan
wajahku,
kaulupakan wajahmu.

(Goenawan Mohammad)space 

Tema yang terdapat pada puisi tersebut adalah ….space 

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A.


Baca Juga :  Rini menarik koper di bandara yang bermassa 20 kg dengan kelajuan tetap pada tali pegangannya pada sudut, terhadap horizontal., Rini menarik tali pegangan dengan gaya 40 N dan gaya gesek pada koper adalah 20 N. Besar gaya normal yang diberikan tanah pada koper

Pembahasan

Puisi adalah karya sastra yang berisi ungkapan perasaan dan pikiran yang disampaikan dengan kata-kata indah.

Tema merupakan salah satu unsur intrinsik puisi. Tema merupakan gagasan utama yang ingin disampaikan penyair dalam puisinya.

Tema yang terdapat pada puisi tersebut adalah asmara, keberanian, kerelaan, dan kematian. Puisi Asmaradana karya Goenawan Mohammad di atas menceritakan tentang asmara antara Darmawulan dan Anjasmara. Pada bait kedua tergambar keberanian Anjasmara untuk ikut berperang membela negara walau dapat mempertaruhkan nyawanya sekalipun. Puisi tersebut juga berisi kerelaan atas apapun yang akan tiba pada esok hari apakah kabar gembira karena menang dalam peperangan ataupun kesedihan atas kematian.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.


itulah kunci jawaban dan rangkuman mengenai pertanyaan dan pembahasan soal nya. semoga bermanfaat untuk adik dan teman teman semua. nantikan jawaban yang berkualitas lainya hanya di situs faq.co.id ini. Terimakasih semoga dapat nilai yang bagus dan dapat juara kelas ya.

Baca Juga :  Beberapa cerita lainnya menceritakan tentang romantika pergaulan anak muda yang lumayan bisa membuat kita tercenung. (2) Tapi harus diakui konflik cerita di sebagian besar cerpen Nevi dalam buku ini masih terasakurang menggigit dan datar. (3) Beberapa ending cerita juga gampang ditebak. (4) Misalnya, dalam cerpen "Burung-Burung Kertas", "Jalan Terakhir", "Sebuah Permintaan", "Semesra kasih-Mu", dan "Tak Sehitam Bayang-Bayang".,

DISCLAIMER

Orangtua dapat mengoreksi kembali jawaban diatas. kunci jawaban ini sebagai bahan referensi dan panduan belajar siswa di rumah. untuk itu siswa dapat memeriksanya kembali apabila ada kesalahan atau penulisan isi jawaban.

Tinggalkan komentar

Faq App

Aplikasi ringan dan simple untuk mencari kunci jawaban pertanyaan yang beredar diinternet. mulai kunci jawaban tingkat sd smp dan sma sederajat. dilengkap dengan pembahasan lengkap dan terbaru. 99% isian jawaban akurat dan mudah dimengerti.

Services

Tentang

Kerjasama

Kebijakan Privasi

Hubungi Kami

faqcoid@gmail.com

Jakarta, Indonesia.