, Gotong royong merupakan modal dasar bagi terciptanya suasana kemasyarakatan yang harmonis. Mengapa dapat dikatakan demikian? Dengan bergotong royong, masyarakat akan sering melakukan silaturahmi dan kerja sama sehingga terjalin solidaritas. Seiring dengan munculnya rasa solidaritas, muncullah rasa empati dan simpati antaranggota masyarakat. Hal itu tentu saja akan mempererat dan memperkuat hubungan antaranggota masyarakat., Tidak ada perbedaan saat bergotong royong. Gotong royong adalah kerja bersama, memeras keringat bersama, dan perjuangan saling membantu secara bersama. Gotong royong dilakukan demi mencapai tujuan bersama. Tidak memedulikan agama, suku, atau pun golongan., Prinsip-prinsip gotong royong sangat bermanfaat bagi pelaksanaanpembangunan nasional. Saat bergotong royong, semua masyarakat merasa saling memiliki. Masyarakat juga merasa mempunyai tujuan yang sama, yaitu terwujudnya kehidupan yang sejahtera. Dengan bergotong royong, segala program pembangunan yang dicanangkan oleh pemerintah akan dapat dilaksanakan dengan baik tanpa adanya gangguan yang disebabkan oleh ketidakharmonisan masyarakat.,

kalau kita melihat pertanyaan ini sering tidak menemukan jawaban dan cara penyelesaianya. kita sudah mencarinya kesana sini diinternet. Untuk menyelesaikan pertanyaan yang sulit tersebut, faq.co.id telah menyiapkan soal beserta caranya. Mulai dari kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 juga tersedia secara gratis.

diharapkan dengan adanya jawaban soal ini dapat mempermudah kamu dalam belajar di rumah maupun disekolah saat diberikan tugas. oke teman teman jangan berlama lagi mari simak penjelasan lengkapnya dibawah ini ya.

Bacalah teks berikut ini!
 

Gotong Royong Modal Dasar Pembangunan

  Gotong royong merupakan modal dasar bagi terciptanya suasana kemasyarakatan yang harmonis. Mengapa dapat dikatakan demikian? Dengan bergotong royong, masyarakat akan sering melakukan silaturahmi dan kerja sama sehingga terjalin solidaritas. Seiring dengan munculnya rasa solidaritas, muncullah rasa empati dan simpati antaranggota masyarakat. Hal itu tentu saja akan mempererat dan memperkuat hubungan antaranggota masyarakat.

    Tidak ada perbedaan saat bergotong royong. Gotong royong adalah kerja bersama, memeras keringat bersama, dan perjuangan saling membantu secara bersama. Gotong royong dilakukan demi mencapai tujuan bersama. Tidak memedulikan agama, suku, atau pun golongan.

 Prinsip-prinsip gotong royong sangat bermanfaat bagi pelaksanaan pembangunan nasional. Saat bergotong royong, semua masyarakat merasa saling memiliki. Masyarakat juga merasa mempunyai tujuan yang sama, yaitu terwujudnya kehidupan yang sejahtera. Dengan bergotong royong, segala program pembangunan yang dicanangkan oleh pemerintah akan dapat dilaksanakan dengan baik tanpa adanya gangguan yang disebabkan oleh ketidakharmonisan masyarakat.space 

Table of Contents

Jawaban

ide pokok paragraf ke-2 adalah “Tidak ada perbedaan dalam prinsip gotong royong”.space 


Pembahasan

Ide pokok adalah ide, gagasan, atau pokok pikiran yang menjadi dasar sebuah paragraf. Ide pokok disajikan ke dalam bentuk kalimat utama. Kalimat utama yang memuat ide pokok bisa berada di awal paragraf, di tengah paragraf, atau di akhir paragraf.

Untuk menentukan ide pokok pada suatu bacaan, terdapat beberapa cara atau langkah, yaitu:

  1. Baca seluruh paragraf dengan cermat
  2. Cermati kalimat pertama hingga kalimat akhir
  3. Baca secara teliti tiap kalimatnya
  4. Tandai ide pokok jika sudah menemukan kalimat utamanya
  5. Tandai informasi penting yang ada pada paragraf

Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa ide pokok paragraf ke-2 pada teks di atas adalah “Tidak ada perbedaan dalam prinsip gotong royong” karena kalimat tersebut merupakan kalimat utama dan menjadi dasar dari paragraf ke-2.

Dengan demikian, ide pokok paragraf ke-2 adalah “Tidak ada perbedaan dalam prinsip gotong royong”.space 


itulah kunci jawaban dan rangkuman mengenai pertanyaan dan pembahasan soalnya. semoga bermanfaat untuk adik dan teman teman semua. nantikan jawaban lainya hanya di situs faq.co.id ini.

Terimakasih semoga dapat nilai yang bagus dan dapat juara kelas ya.

Tinggalkan komentar