, Gempa bumi merupakan getaran atau goncangan yang terjadi karena pergeseran atau pergerakan lapisan batu bumi yang berasal dari dasar permukaan bumi. Peristiwa alam ini sering terjadi di daerah yang berada dekat gunung berapi atau gunung yang masih aktif. Gempa bumi juga terjadi di daerah yang dikelilingi lautan yang sangat luas., Gempa bumi terjadi karena pergesaran atau gerakan lapisan dasar bumi dan letusan gunung berapi yang sangat dahsyat. Selain itu, gempa bumi terjadi begitu cepat dengan dampak yang sangat besar bagi lingkungan sekitarnya. Getaran gempa bumi yang sangat besar dan rnerambat ke segala arah. Akibatnya, dapat meratakan bangunan dari menimbulkan korban jiwa., Berdasarkan penyebab terjadinya, gempa bumi dapat digolongkan menjadi dua jenis, yaitu gempa vulkanik dan gempa tektonik. Gempa bumi tektonik terjadi karena lapisan kerak bumi menjadi lunak. Karena lunak, tanah mengatami pergeseran atau pergerakan. Teori Tektonik Lempeng (, ) menjelaskan bahwa bumikita ini terdiri atas beberapa lapisan buatan. Sebagian besar daerah lapisan kerak ini akan hanyut dan mengapung di lapisan, seperti halnya salju. Lapisan ini bergerak sangat lambat sehingga terpecah-pecah dan bertabrakan satu sama lain. ltulah yang menyebabkan gempa bumi dapat terjadi. Sementara itu, gempa bumi vulkanik terjadi disebabkan adanya letusan gunung berapi yang sangat besar. Gempa bumi vulkanik ini lebih jarang terjadi dibandingkan dengan gempa bumi tektonik., Gempa bumi dapat terjadi kapan saja tanpa mengenal musim. Meskipun demikian, konsentrasi gempa bumi cenderung terjadi di tempat-tempat tertentu saja, seperti pada perbatasan plat Pasifik. Tempat ini dikenal dengan lingkaran api karena banyak terdapat gunung berapi.,

kalau kita melihat pertanyaan ini sering tidak menemukan jawaban dan cara penyelesaianya. kita sudah mencarinya kesana sini diinternet. Untuk menyelesaikan pertanyaan yang sulit tersebut, faq.co.id telah menyiapkan soal beserta caranya. Mulai dari kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 juga tersedia secara gratis.

diharapkan dengan adanya jawaban soal ini dapat mempermudah kamu dalam belajar di rumah maupun disekolah saat diberikan tugas oleh bapak/ ibu guru. materi yang disediakan sangat lengkap mulai matematika, ipa, ips, penjaskes, kimia, fisika, ekonomi, dan materi pelajaran lainya. oke teman teman jangan berlama lagi mari simak pertanyaan dan penjelasan lengkapnya dibawah ini ya.

PERTANYAAN :

Perhatikan kutipan teks berikut!

Gempa Bumi

    Gempa bumi merupakan getaran atau goncangan yang terjadi karena pergeseran atau pergerakan lapisan batu bumi yang berasal dari dasar permukaan bumi. Peristiwa alam ini sering terjadi di daerah yang berada dekat gunung berapi atau gunung yang masih aktif. Gempa bumi juga terjadi di daerah yang dikelilingi lautan yang sangat luas.

Baca Juga :  , of, Marrie Consulting Corp., cordially invites you to a reception and dinner, on the occasion of the opening of its new offices., Friday, the twenty-ninth of January, two thousand and twenty-one, "At seven oclock in the evening", 24 Besen Parkway, New Holland, PA 1 7557, (Black-tie optional), R.S.V.P. by January 23, 202 1 at

    Gempa bumi terjadi karena pergesaran atau gerakan lapisan dasar bumi dan letusan gunung berapi yang sangat dahsyat. Selain itu, gempa bumi terjadi begitu cepat dengan dampak yang sangat besar bagi lingkungan sekitarnya. Getaran gempa bumi yang sangat besar dan rnerambat ke segala arah. Akibatnya, dapat meratakan bangunan dari menimbulkan korban jiwa.

    Berdasarkan penyebab terjadinya, gempa bumi dapat digolongkan menjadi dua jenis, yaitu gempa vulkanik dan gempa tektonik. Gempa bumi tektonik terjadi karena lapisan kerak bumi menjadi lunak. Karena lunak, tanah mengatami pergeseran atau pergerakan. Teori Tektonik Lempeng (Tektonik Plate) menjelaskan bahwa bumi kita ini terdiri atas beberapa lapisan buatan. Sebagian besar daerah lapisan kerak ini akan hanyut dan mengapung di lapisan, seperti  halnya salju. Lapisan ini bergerak sangat lambat sehingga terpecah-pecah dan bertabrakan satu sama lain. ltulah yang menyebabkan gempa bumi dapat terjadi. Sementara itu, gempa bumi vulkanik terjadi disebabkan adanya letusan gunung berapi yang sangat besar. Gempa bumi vulkanik ini lebih jarang terjadi dibandingkan dengan gempa bumi tektonik.

Baca Juga :  Teks eksplanasi yang merupakan jawaban dari pertanyaan bagaimana uraiannya bersifat...,

    Gempa bumi dapat terjadi kapan saja tanpa mengenal musim. Meskipun demikian, konsentrasi gempa bumi cenderung terjadi di tempat-tempat tertentu saja, seperti pada perbatasan plat Pasifik. Tempat ini dikenal dengan lingkaran api karena banyak terdapat gunung berapi.

Disadur dari: https://www.dosenpendidikan.co.id/contoh-teks-eksplanasi/, diunduh 27 Februari 2020

 

Jawaban

struktur teks eksplanasi “Gempa Bumi” meliputi bagian pernyataan umum terletak di paragraf 1proses/deretan penjelas terletak  di paragraf 2 dan 3, dan penutup terletak  di paragraf 4.undefined 


Teks eksplanasi adalah teks yang berisi tentang proses ‘mengapa’ dan ‘bagaimana’ kejadian-kejadian alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya dapat terjadi. Struktur teks eksplanasi terdiri atas tiga bagian, yaitu penyataan umum, proses atau deretan penjelas, dan simpulan (interpretasi) atau penutup.

  1. Pernyataan Umum, adalah bagian awal teks eksplanasi. Pernyataan umum berisi gambaran umum suatu aspek atau peristiwa.
  2. Proses/Deretan Penjelas, pada bagian ini proses sekaligus hubungan sebab akibat aspek atau peristiwa dijelaskan.
  3. Penutup, merupakan bagian paling akhir dalam teks eksplanasi. Simpulan juga berisi pandangan atau sudut pandang penulis yang bersifat opsional, boleh ada atau boleh juga tidak.
Baca Juga :  Agar titik beku turun menjadi, (K, air = 1,86), maka ke dalam 10 liter air dilarutkan etilen glikol (M, = 62) sebanyak....,

Jadi, struktur teks eksplanasi “Gempa Bumi” meliputi bagian pernyataan umum terletak di paragraf 1proses/deretan penjelas terletak  di paragraf 2 dan 3, dan penutup terletak  di paragraf 4.undefined 


itulah kunci jawaban dan rangkuman mengenai pertanyaan dan pembahasan soal bahasa inggris. semoga bermanfaat untuk adik dan teman teman semua. nantikan jawaban yang berkualitas lainya hanya di situs faq.co.id ini. Terimakasih semoga dapat nilai yang bagus dan dapat juara kelas ya.

>>>DISCLAIMER <<

Orangtua dapat mengoreksi kembali jawaban diatas. kunci jawaban ini sebagai bahan referensi dan panduan belajar siswa di rumah. untuk itu siswa dapat memeriksanya kembali apabila ada kesalahan atau penulisan isi jawaban.

Tinggalkan komentar