, dukaku dukakau dukarisau dukakalian dukangiau, resahku resahkau resahrisau resahbalau resahkalian, raguku ragukau raguguru ragutahu ragukalian, mauku maukau mautahu mausampai maukalian maukenal maugapai, siasiaku siasiakau siasia siabalau siarisau siakalian siasia, waswasku waswaskau waswaskalian waswaswaswaswaswaswaswaswaswas, duhaiku duhaikau duhairindu duhaingilu duhaikalian duhaisangsai, oku okau okosong orindu okalian obolong o risau o Kau O…

kalau kita melihat pertanyaan ini sering tidak menemukan jawaban dan cara penyelesaianya. kita sudah mencarinya kesana sini diinternet. Untuk menyelesaikan pertanyaan yang sulit tersebut, faq.co.id telah menyiapkan soal beserta caranya. Mulai dari kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 juga tersedia secara gratis.

diharapkan dengan adanya jawaban soal ini dapat mempermudah kamu dalam belajar di rumah maupun disekolah saat diberikan tugas oleh bapak/ ibu guru. materi yang disediakan sangat lengkap mulai matematika, ipa, ips, penjaskes, kimia, fisika, ekonomi, dan materi pelajaran lainya. oke teman teman jangan berlama lagi mari simak pertanyaan dan penjelasan lengkapnya dibawah ini ya.

PERTANYAAN :


Cermatilah puisi di bawah ini untuk menjawab soal nomor 29!

Baca Juga :  "if you ____ more carefully, you wouldnt have made so many mistakes."

“O”

dukaku dukakau dukarisau dukakalian dukangiau
resahku resahkau resahrisau resahbalau resahkalian
raguku ragukau raguguru ragutahu ragukalian
mauku maukau mautahu mausampai maukalian maukenal maugapai
siasiaku siasiakau siasia siabalau siarisau siakalian siasia
waswasku waswaskau waswaskalian waswaswaswaswaswaswaswaswaswas
duhaiku duhaikau duhairindu duhaingilu duhaikalian duhaisangsai
oku okau okosong orindu okalian obolong o risau o Kau O…

(Sutardji Calzoum Bachri)space 

Tema yang terdapat pada puisi “O” adalah …space 

Jawaban

jawaban yang tepat adalah D.


Pembahasan

Puisi adalah karya sastra yang berisi ungkapan perasaan dan pikiran yang disampaikan dengan kata-kata indah.

Tema merupakan salah satu unsur intrinsik puisi. Tema adalah gagasan utama yang ingin disampaikan oleh penyair melalui karyanya.

Baca Juga :  Sebutkan ciri - ciri teks anekdot

Puisi “O” berisi perasaan bimbang dan resah, hal tersebut dibuktikan oleh pemilihan diksi dan repetisi pada puisi yang diulang terus-menerus. Kata duka, resah, dan ragu melambangkan kondisi yang sedang dialami. Mau melambangkan keinginan mencari sosok tuhan. Namun pencariannya itu terasa sia-sia hingga ia merasa was-was. Pada akhirnya ia merasa seperti huruf O yang kosong. Maka, tema puisi tersebut adalah kebimbangan seseorang yang sedang berduka dan resah mencari sosok Tuhan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.


itulah kunci jawaban dan rangkuman mengenai pertanyaan dan pembahasan soal nya. semoga bermanfaat untuk adik dan teman teman semua. nantikan jawaban yang berkualitas lainya hanya di situs faq.co.id ini. Terimakasih semoga dapat nilai yang bagus dan dapat juara kelas ya.

Baca Juga :  Luas dan keliling segitiga di atas yakni ...,

DISCLAIMER

Orangtua dapat mengoreksi kembali jawaban diatas. kunci jawaban ini sebagai bahan referensi dan panduan belajar siswa di rumah. untuk itu siswa dapat memeriksanya kembali apabila ada kesalahan atau penulisan isi jawaban.

Tinggalkan komentar

Faq App

Aplikasi ringan dan simple untuk mencari kunci jawaban pertanyaan yang beredar diinternet. mulai kunci jawaban tingkat sd smp dan sma sederajat. dilengkap dengan pembahasan lengkap dan terbaru. 99% isian jawaban akurat dan mudah dimengerti.

Services

Tentang

Kerjasama

Kebijakan Privasi

Hubungi Kami

faqcoid@gmail.com

Jakarta, Indonesia.