Di Larantuka, Flores Timur, umpamanya, harga bahan pokoksudah turun 17%. lronisnya, meski proyek tol laut sudah membawa manfaat yang langsung dirasakan masyarakat, pemerintah daerah sepertinya masih gagu. Disebut gagu karena inisiatif pemerintah daerah, khususnya kawasan timur Indonesia;dalam menyambuttol laut dengan memproduksi hasil-hasil keunggulan daerah, diversifikasi produk, dan ekspansi ke luar daerah belum optimal., Ketidaksiapan pemerintah daerah di timur Indonesiaitu bisa dilihat dari fakta bahwa rata-rata load factor bagus dari barat ke timur, bahkan ada yang 119%. Masalahnya ketika kapal balik, itu kosongLoad factor rata-rata 20%, yang diangkuthanya ikan dan garam. Tegas dikatakanbahwa Indonesia Timur sangat membutuhkan kepala daerah yang visioner dan kreatif untuk memanfaatkan program toI Iaut.,

kalau kita melihat pertanyaan ini sering tidak menemukan jawaban dan cara penyelesaianya. kita sudah mencarinya kesana sini diinternet. Untuk menyelesaikan pertanyaan yang sulit tersebut, faq.co.id telah menyiapkan soal beserta caranya. Mulai dari kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 juga tersedia secara gratis.

diharapkan dengan adanya jawaban soal ini dapat mempermudah kamu dalam belajar di rumah maupun disekolah saat diberikan tugas oleh bapak/ ibu guru. materi yang disediakan sangat lengkap mulai matematika, ipa, ips, penjaskes, kimia, fisika, ekonomi, dan materi pelajaran lainya. oke teman teman jangan berlama lagi mari simak pertanyaan dan penjelasan lengkapnya dibawah ini ya.

PERTANYAAN :


Bacalah kutipan berikut ini untuk menjawab soal nomor 31 dan 32!

    Di Larantuka, Flores Timur, umpamanya, harga bahan pokok sudah turun 17%. lronisnya, meski proyek tol laut sudah membawa manfaat yang langsung dirasakan masyarakat, pemerintah daerah sepertinya masih gagu. Disebut gagu karena inisiatif pemerintah daerah, khususnya kawasan timur Indonesia; dalam menyambut tol laut dengan memproduksi hasil-hasil keunggulan daerah, diversifikasi produk, dan ekspansi ke luar daerah belum optimal.

    Ketidaksiapan pemerintah daerah di timur Indonesia itu bisa dilihat dari fakta bahwa rata-rata load factor bagus dari barat ke timur, bahkan ada yang 119%. Masalahnya ketika kapal balik, itu kosong Load factor rata-rata 20%, yang diangkut hanya ikan dan garam. Tegas dikatakan bahwa Indonesia Timur sangat membutuhkan kepala daerah yang visioner dan kreatif untuk memanfaatkan program toI Iaut.space 

Baca Juga :  Reaksi berikut yang merupakan reaksi reduksi adalah ....

Fakta berdasarkan kutipan teks editorial di atas adalah …space 

Jawaban

jawaban yang tepat ialah pilihan A.space 


Pembahasan

Teks editorial atau tajuk rencana merupakan kolom khusus yang berisi pendapat pribadi seseorang, dalam hal ini redaktur surat kabar, terhadap suatu isu atau permasalahan yang aktual. Teks editorial termasuk ke dalam opini atau pendapat seseorang atau redaktur. 

Dalam ragam teks yang termasuk dalam jenis eksposisi, teks editorial dibangun dengan pernyataan umum, argumentasi, dan penegasan ulang. Ketika mengidentifikasi bagian argumentasi dalam teks editorial, terdapat fakta-fakta yang mendukung argumentasi disertai dengan opini redaktur surat kabar untuk menguatkan permasalahan yang dikemukakan.

Fakta merupakan suatu hal yang tidak diragukan lagi kebenarannya. Pernyataan fakta didasarkan pada peristiwa, keadaan, atau kenyataan yang benar-benar terjadi secara objektif.

Baca Juga :  , Beri nama senyawa yang tepat dari rumus kimia dan nama senyawa tersebut !

Ciri-Ciri Fakta:

  1. Benar-benar terjadi dan memiliki bukti;
  2. Merupakan jawaban dari suatu pertanyaan (siapa, apa, di mana, atau kapan);
  3. Mengarah pada suatu benda, seperti, orang, waktu, tempat, atau peristiwa.

Opini merupakan suatu pendapat, anggapan, pemikiran, atau perkiraan orang, baik secara individu ataupun kelompok. Meskipun termasuk pendapat, opini bukan sekadar mengada-ada, melainkan berdasarkan sumber yang pasti, yaitu fakta. Opini dapat berbentuk kritik, penilaian terhadap suatu hal, prediksi atau hal yang akan terjadi berdasarkan sudut pandang redaktur surat kabar, dan harapan terhadap pihak yang dituju oleh redaktur surat kabar tersebut

Ciri-Ciri Opini:

  1. Belum diketahui pasti kebenarannya;
  2. Bersifat pengandaian;
  3. Pernyataan berupa saran, nasihat, atau usul;
  4. Pernyataan mengandung subjektivitas pribadi;
  5. Menyatakan hubungan sebab dan akibat.

Pada kutipan teks editorial di atas, salah satu fakta tampak pada paragraf pertama kalimat pertama seperti yang terlihat pada kutipan di bawah ini:

“Di Larantuka, Flores Timur, umpamanya, harga bahan pokok sudah turun 17%.

Pada kalimat tersebut diperoleh informasi mengenai penurunan haga bahan pokok sebesar 17%. Kalimat tersebut merupakan fakta karena benar-benar terjadi dan data yang disajikan berupa penurunan harga sebesar 17% merupakan perhitungan yang pasti.

Baca Juga :  Di antara serambi dan bilik terdapat semacam pintu turun yg disebut

Oleh karena itu, fakta berdasarkan kutipan teks editorial di atas adalah harga bahan pokok di Flores Timur mengalami penurunan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat ialah pilihan A.space 


itulah kunci jawaban dan rangkuman mengenai pertanyaan dan pembahasan soal nya. semoga bermanfaat untuk adik dan teman teman semua. nantikan jawaban yang berkualitas lainya hanya di situs faq.co.id ini. Terimakasih semoga dapat nilai yang bagus dan dapat juara kelas ya.

DISCLAIMER

Orangtua dapat mengoreksi kembali jawaban diatas. kunci jawaban ini sebagai bahan referensi dan panduan belajar siswa di rumah. untuk itu siswa dapat memeriksanya kembali apabila ada kesalahan atau penulisan isi jawaban.

Tinggalkan komentar

Faq App

Aplikasi ringan dan simple untuk mencari kunci jawaban pertanyaan yang beredar diinternet. mulai kunci jawaban tingkat sd smp dan sma sederajat. dilengkap dengan pembahasan lengkap dan terbaru. 99% isian jawaban akurat dan mudah dimengerti.

Services

Tentang

Kerjasama

Kebijakan Privasi

Hubungi Kami

faqcoid@gmail.com

Jakarta, Indonesia.