, Di cerlang matamu, Kulihat pagi bangkit berseri, Mencairkan kembali hidupku yang beku, Wahai, merdunya burung berkicau, Meloncat-loncat dari dahan ke dahan, Bernyanyi sorak-sorai dalam hatiku, ,

kalau kita melihat pertanyaan ini sering tidak menemukan jawaban dan cara penyelesaianya. kita sudah mencarinya kesana sini diinternet. Untuk menyelesaikan pertanyaan yang sulit tersebut, faq.co.id telah menyiapkan soal beserta caranya. Mulai dari kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 juga tersedia secara gratis.

diharapkan dengan adanya jawaban soal ini dapat mempermudah kamu dalam belajar di rumah maupun disekolah saat diberikan tugas oleh bapak/ ibu guru. materi yang disediakan sangat lengkap mulai matematika, ipa, ips, penjaskes, kimia, fisika, ekonomi, dan materi pelajaran lainya. oke teman teman jangan berlama lagi mari simak pertanyaan dan penjelasan lengkapnya dibawah ini ya.

PERTANYAAN :


Bacalah puisi berikut untuk menjawab soal nomor 27 dan 28.
 

Baca Juga :  Bagawan Abiyasa pandhita ing ..., Bagawan Kapi Jambawan pandhita ing ..., Bagawan Mintaraga pandhita ing ..., Bagawan Palasara pandhita ing ..., Bagawan Durna pandhita ing ...

Di cerlang matamu
Kulihat pagi bangkit berseri
Mencairkan kembali hidupku yang beku
Wahai, merdunya burung berkicau
Meloncat-loncat dari dahan ke dahan
Bernyanyi sorak-sorai dalam hatikuspace 

(Di Cerlang Matamu oleh Racmat Djoko Pradopo) 

Melalui puisi tersebut, penyair ingin berbagi tentang ….space 

Jawaban

jawaban yang sesuai adalah pilihan B.space 


Pembahasan

Ulasan karya sastra berarti teks berisi tinjauan terhadap karya sastra. Ulasan berisi penilaian, baik kelebihan dan kekurangan karya sastra tersebut. Ulasan tersebut sangat bermanfaat bagi pembaca sebelum menentukan untuk membaca buku secara serius. Salah satu karya sastra yang dapat menjadi bahan ulasan ialah puisi.

Baca Juga :  Mengapa di indonesia sering terjadi gempa bumi?

Puisi adalah karya sastra berisi kata-kata yang terpilih dan dapat mewakili berbagai ungkapan makna sehingga menimbulkan tanggapan khusus, keindahan, dan penafsiran beragam. Berikut penafsiran puisi di atas.

Di cerlang matamu
Kulihat pagi bangkit berseri
Mencairkan kembali hidupku yang beku

Bait di atas bermakna seseorang yang bersemangat di pagi hari. Suasana pagi hari tersebut digambarkan sebagai suasana pagi yang cerah dan hangat.

Wahai, merdunya burung berkicau
Meloncat-loncat dari dahan ke dahan
Bernyanyi sorak-sorai dalam hatiku

Makna bait puisi di atas menggambarkan suasana pagi hari yang dihiasi dengan suara kicau burung dan memberikan rasa bahagia pada hati penyair.

Baca Juga :  Empat mol suatu gas ideal dalam sebuah wadah silinder berubah keadaannya, seperti ditunjukkan pada grafik, di bawah., , Tentukan usaha, energi dalam, dan kalorjika gas berubah dari keadaan , ke , melalui lintasan , langsung!,

Sehingga, melalui puisi tersebut penyair ingin berbagi tentang suasana pagi hari yang cerah.

Dengan demikian, jawaban yang sesuai adalah pilihan B.space 


itulah kunci jawaban dan rangkuman mengenai pertanyaan dan pembahasan soal nya. semoga bermanfaat untuk adik dan teman teman semua. nantikan jawaban yang berkualitas lainya hanya di situs faq.co.id ini. Terimakasih semoga dapat nilai yang bagus dan dapat juara kelas ya.

DISCLAIMER

Orangtua dapat mengoreksi kembali jawaban diatas. kunci jawaban ini sebagai bahan referensi dan panduan belajar siswa di rumah. untuk itu siswa dapat memeriksanya kembali apabila ada kesalahan atau penulisan isi jawaban.

Tinggalkan komentar

Faq App

Aplikasi ringan dan simple untuk mencari kunci jawaban pertanyaan yang beredar diinternet. mulai kunci jawaban tingkat sd smp dan sma sederajat. dilengkap dengan pembahasan lengkap dan terbaru. 99% isian jawaban akurat dan mudah dimengerti.

Services

Tentang

Kerjasama

Kebijakan Privasi

Hubungi Kami

faqcoid@gmail.com

Jakarta, Indonesia.