Dan hujan pun turun. Gerimis, gelap, lelah, dan dingin. Masih tak tentu arah, kami hanya melangkah saja, sekenanya berpegang pada pesan orang tua untuk menemukan masjid.Nasib baik! Belum jauh dari terminal kami menemukan sebuah gedung dengan tulisan yang membuat kami senang karena di SMAN Bukan Main kami sudah sering mendengarnya: Institut Pertanian Bogor (IPB). Lebih menyenangkan karena dibelakangnya ada masjid.

kalau kita melihat pertanyaan ini sering tidak menemukan jawaban dan cara penyelesaianya. kita sudah mencarinya kesana sini diinternet. Untuk menyelesaikan pertanyaan yang sulit tersebut, faq.co.id telah menyiapkan soal beserta caranya. Mulai dari kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 juga tersedia secara gratis.

diharapkan dengan adanya jawaban soal ini dapat mempermudah kamu dalam belajar di rumah maupun disekolah saat diberikan tugas oleh bapak/ ibu guru. materi yang disediakan sangat lengkap mulai matematika, ipa, ips, penjaskes, kimia, fisika, ekonomi, dan materi pelajaran lainya. oke teman teman jangan berlama lagi mari simak pertanyaan dan penjelasan lengkapnya dibawah ini ya.

PERTANYAAN :


Bacalah cuplikan berikut!

Dan hujan pun turun. Gerimis, gelap, lelah, dan dingin. Masih tak tentu arah, kami hanya melangkah saja, sekenanya berpegang pada pesan orang tua untuk menemukan masjid. Nasib baik! Belum jauh dari terminal kami menemukan sebuah gedung dengan tulisan yang membuat kami senang karena di SMAN Bukan Main kami sudah sering mendengarnya: Institut Pertanian Bogor (IPB). Lebih menyenangkan karena dibelakangnya ada masjid.space

Baca Juga :  APAKAH YANG DIMAKSUD DENGAN PROKLAMATOR ?

Cuplikan teks tersebut menginformasikan bahwa… space 
 

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan D.space


Teks cerita di atas termasuk salah satu jenis teks fiksi, yaitu karya sastra yang menceritakan suatu kejadian hasil imajinasi dari sang pengarangnya, atau merupakan campuran dari imajinasi sang pengarang dengan kejadian yang sebenarnya di dunia nyata.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan agar dapat menemukan informasi dalam sebuah teks fiksi, yaitu:

  1. Cermati dan pahami teks
  2. Menentukan tema
  3. Menemukan ide pokok dan pendukung
  4. Mendapatkan informasi dari teks fiksi

Peristiwa pertama dalam cuplikan tersebut adalah sekelompok orang, yang dibuktikan dengan kata ganti “kami”, tidak memiliki tujuan dalam perjalanan mereka. Hal terseut tampak pada kutipan “Masih tak tentu arah, kami hanya melangkah saja”. Klausa berikutnya menyebutkan bahwa mereka harus menemukan masjid yang merupakan pesan dari orang tua mereka. Setelah itu, mereka bahagia karena menemukan gedung yang tak asing, yaitu IPB dan lebih bahagia karena di belakang gedung tersebut terdapat masjid.

Baca Juga :  Bayangan titik, jika dicerminkan terhadap garis, adalah ....

Dari reaksi yang dialami tokoh, yaitu sangat bahagia karena menemukan masjid, tampak bahwa tujuan perjalanan mereka adalah mencari masjid atau tempat ibadah. Maka, cuplikan tersebut menginformasikan sekumpulan orang yang mencari tempat ibadah dan menemukannya setelah lelah mencari.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan D.space


itulah kunci jawaban dan rangkuman mengenai pertanyaan dan pembahasan soal nya. semoga bermanfaat untuk adik dan teman teman semua. nantikan jawaban yang berkualitas lainya hanya di situs faq.co.id ini. Terimakasih semoga dapat nilai yang bagus dan dapat juara kelas ya.

Baca Juga :  Diketahui kation dan anion, yaitu , , , , , , dan , . Jika antara kation dan anion membentuk senyawa, rumus kimianya berturut-turut adalah ....

>>>DISCLAIMER <<<

Orangtua dapat mengoreksi kembali jawaban diatas. kunci jawaban ini sebagai bahan referensi dan panduan belajar siswa di rumah. untuk itu siswa dapat memeriksanya kembali apabila ada kesalahan atau penulisan isi jawaban.

Tinggalkan komentar

Faq App

Aplikasi ringan dan simple untuk mencari kunci jawaban pertanyaan yang beredar diinternet. mulai kunci jawaban tingkat sd smp dan sma sederajat. dilengkap dengan pembahasan lengkap dan terbaru. 99% isian jawaban akurat dan mudah dimengerti.

Services

Tentang

Kerjasama

Kebijakan Privasi

Hubungi Kami

faqcoid@gmail.com

Jakarta, Indonesia.