Dalam daur hidup Fasciola terdapat perubahan bentuk, seperti …., (1) mirasidium, (2) planula, (3) serkaria, (4) skifistoma,

kalau kita melihat pertanyaan ini sering tidak menemukan jawaban dan cara penyelesaianya. kita sudah mencarinya kesana sini diinternet. Untuk menyelesaikan pertanyaan yang sulit tersebut, faq.co.id telah menyiapkan soal beserta caranya. Mulai dari kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 juga tersedia secara gratis.

diharapkan dengan adanya jawaban soal ini dapat mempermudah kamu dalam belajar di rumah maupun disekolah saat diberikan tugas oleh bapak/ ibu guru. materi yang disediakan sangat lengkap mulai matematika, ipa, ips, penjaskes, kimia, fisika, ekonomi, dan materi pelajaran lainya. oke teman teman jangan berlama lagi mari simak pertanyaan dan penjelasan lengkapnya dibawah ini ya.

PERTANYAAN :


Dalam daur hidup Fasciola terdapat perubahan bentuk, seperti ….
(1) mirasidium
(2) planula
(3) serkaria
(4) skifistomaspace 

Baca Juga :  You should go to medical school., If you wish to help others by treating them when they are sick or ill, you should go to medical school
  1. (1), (2), dan (3) benarspace 

  2. (1) dan (3) benarspace 

  3. (2) dan (4) benarspace 

  4. hanya (4) benarspace 

  5. (1), (2), (3), dan (4) benarspace 

Pembahasan

Jawaban yang tepat adalah B.

Fasciola hepatica (cacing hati) termasuk dalam kelas Trematoda, perubahan bentuk dalam fase hidup yang dilalui cacing ini adalah telur – mirasidiumserkaria – metaserkaria – cacing dewasa – telur.

Berikut adalah daur hidup cacing hati secara lengkap:

  1. Telur dikeluarkan dari inang bersama feses lalu masuk ke dalam perairan dan mengalami pembuahan.
  2. Telur berkembang dan menetas menjadi mirasidium (larva bersilia), mirasidium masuk ke dalam tubuh Lymnaea.
  3. Mirasidium berubah menjadi sporosista (larva oval tidak bersilia), lalu redia, dan terakhir menjadi serkaria (bentuk seperti berudu dan dapat berenang bebas) di dalam tubuh siput.
  4. Serkaria keluar dari tubuh siput, berenang lalu menempel pada tumbuhan sekitar.
  5. Serkaria berubah menjadi metaserkaria setelah menempel pada tumbuhan dan membentuk kista agar dapat bertahan lama.
  6. Metaserkaria kemudian dikonsumsi oleh manusia/hewan ternak dan masuk dalam tubuh.
  7. Metaserkaria tumbuh menjadi cacing dewasa lalu memasuki hati setelah melalui usus, cacing dewasa kemudian bereproduksi dan menghasilkan telur yang akan memasuki daur hidup kembali dari awal.space 



itulah kunci jawaban dan rangkuman mengenai pertanyaan dan pembahasan soal nya. semoga bermanfaat untuk adik dan teman teman semua. nantikan jawaban yang berkualitas lainya hanya di situs faq.co.id ini. Terimakasih semoga dapat nilai yang bagus dan dapat juara kelas ya.

>>>DISCLAIMER <<<

Orangtua dapat mengoreksi kembali jawaban diatas. kunci jawaban ini sebagai bahan referensi dan panduan belajar siswa di rumah. untuk itu siswa dapat memeriksanya kembali apabila ada kesalahan atau penulisan isi jawaban.

Tinggalkan komentar

Faq App

Aplikasi ringan dan simple untuk mencari kunci jawaban pertanyaan yang beredar diinternet. mulai kunci jawaban tingkat sd smp dan sma sederajat. dilengkap dengan pembahasan lengkap dan terbaru. 99% isian jawaban akurat dan mudah dimengerti.

Services

Tentang

Kerjasama

Kebijakan Privasi

Hubungi Kami

faqcoid@gmail.com

Jakarta, Indonesia.