Rekomendasi Kamera Under Water Terbaik

Daftar 7 Rekomendasi Kamera Under Water Terbaik

FAQ.co.id – Kamera under water adalah kamera yang bisa digunakan untuk merekam video atau foto di bawah air. Kamera under water biasanya memiliki fitur-fitur yang menarik, seperti waterproof, shockproof, dustproof, dan lain-lain. Namun, tidak semua kamera under water memiliki kualitas yang baik dan sesuai dengan kebutuhan kalian. Oleh karena itu, kalian perlu memilih kamera under water yang tepat agar hasilnya maksimal.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan daftar 7 rekomendasi kamera under water terbaik yang bisa kalian pertimbangkan. Kami juga akan memberikan tips dan trik cara memilih kamera under water yang sesuai dengan topik utama. Simak terus artikel ini sampai habis, ya!

Apa itu Kamera Under Water?

Apa itu Kamera Under Water

Kamera under water adalah kamera yang bisa digunakan untuk merekam video atau foto di bawah air. Kamera under water biasanya memiliki fitur-fitur yang menarik, seperti waterproof, shockproof, dustproof, dan lain-lain. Kamera under water memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan kamera biasa, seperti:

  • Menangkap gambar yang unik

Kamera under water bisa menangkap gambar yang unik, yang tidak bisa didapatkan dengan kamera biasa. Kalian bisa melihat keindahan alam bawah laut, seperti ikan, karang, atau biota laut lainnya. Kalian juga bisa merekam aktivitas kalian di bawah air, seperti snorkeling, diving, atau surfing.

  • Menantang adrenalin

Kamera under water bisa menantang adrenalin kalian, karena kalian harus berani masuk ke dalam air yang mungkin dingin, gelap, atau berbahaya. Kalian juga harus berhati-hati dengan arus, ombak, atau hewan laut yang mungkin mengganggu kalian. Kalian juga harus memperhatikan kapasitas oksigen, baterai, dan memori kamera kalian.

  • Mengasah kreativitas

Kamera under water bisa mengasah kreativitas kalian, karena kalian harus bisa mengatur pencahayaan, sudut, dan komposisi gambar yang baik. Kalian juga harus bisa mengedit video atau foto kalian dengan menggunakan aplikasi khusus, seperti GoPro, Bcare, atau SJCAM.

  • Menghemat biaya

Kamera under water biasanya memiliki harga yang terjangkau, namun tidak mengorbankan kualitas. Kamera under water juga bisa menghemat biaya produksi, karena kalian tidak perlu menggunakan banyak kamera atau alat rekaman lainnya.

Tips dan Trik Cara Memilih Kamera Under Water

Tips dan Trik Cara Memilih Kamera Under Water

Sebelum kalian membeli kamera under water, ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan. Berikut adalah beberapa tips dan trik cara memilih kamera under water yang sesuai dengan topik utama:

  • Kualitas gambar

Kualitas gambar adalah ukuran seberapa jernih dan detail gambar yang direkam oleh kamera. Semakin tinggi kualitas gambar, semakin baik hasil rekaman video atau foto yang kalian dapatkan. Kualitas gambar kamera under water biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti resolusi, frame rate, bit rate, dan dynamic range. Pilihlah kamera under water yang memiliki kualitas gambar sesuai dengan kebutuhan kalian. Jika kalian ingin merekam video atau foto dengan detail dan jangkauan yang luas, kalian bisa memilih kamera under water yang memiliki resolusi tinggi, seperti 4K, 6K, atau 8K.

Jika kalian ingin merekam video atau foto dengan gerakan yang halus dan nyaman, kalian bisa memilih kamera under water yang memiliki frame rate tinggi, seperti 30 fps, 60 fps, atau 120 fps. Jika kalian ingin merekam video atau foto dengan warna yang tajam dan kontras, kalian bisa memilih kamera under water yang memiliki bit rate tinggi, seperti 100 Mbps, 200 Mbps, atau 300 Mbps. Jika kalian ingin merekam video atau foto dengan cahaya yang seimbang dan natural, kalian bisa memilih kamera under water yang memiliki dynamic range tinggi, seperti 10 stops, 12 stops, atau 14 stops.

  • Waterproof

Waterproof adalah ukuran seberapa tahan kamera terhadap air. Semakin tahan air kamera, semakin aman dan tidak khawatir kalian merekam video atau foto di bawah air. Waterproof kamera under water biasanya diukur dengan satuan meter. Pilihlah kamera under water yang memiliki waterproof sesuai dengan kebutuhan kalian. Jika kalian ingin merekam video atau foto di permukaan air, kalian bisa memilih kamera under water yang memiliki waterproof 10 meter atau kurang.

Jika kalian ingin merekam video atau foto di kedalaman air yang sedang, kalian bisa memilih kamera under water yang memiliki waterproof 30 meter atau kurang. Jika kalian ingin merekam video atau foto di kedalaman air yang dalam, kalian bisa memilih kamera under water yang memiliki waterproof 60 meter atau lebih.

  • Shockproof
Baca Juga  Daftar 7 Rekomendasi Regulator Gas Terbaik

Shockproof adalah ukuran seberapa tahan kamera terhadap benturan atau guncangan. Semakin tahan benturan atau guncangan kamera, semakin aman dan tidak khawatir kalian merekam video atau foto di tempat yang ekstrem. Shockproof kamera under water biasanya diukur dengan satuan meter. Pilihlah kamera under water yang memiliki shockproof sesuai dengan kebutuhan kalian. Jika kalian ingin merekam video atau foto di tempat yang tidak ada benturan atau guncangan sama sekali, kalian bisa memilih kamera under water yang memiliki shockproof 0 meter.

Jika kalian ingin merekam video atau foto di tempat yang ada benturan atau guncangan ringan, kalian bisa memilih kamera under water yang memiliki shockproof 1 meter atau kurang. Jika kalian ingin merekam video atau foto di tempat yang ada benturan atau guncangan keras, kalian bisa memilih kamera under water yang memiliki shockproof 2 meter atau lebih.

  • Dustproof

Dustproof adalah ukuran seberapa tahan kamera terhadap debu. Semakin tahan debu kamera, semakin aman dan tidak khawatir kalian merekam video atau foto di tempat yang berdebu. Dustproof kamera under water biasanya diukur dengan satuan IP. Pilihlah kamera under water yang memiliki dustproof sesuai dengan kebutuhan kalian. Jika kalian ingin merekam video atau foto di tempat yang tidak ada debu sama sekali, kalian bisa memilih kamera under water yang memiliki dustproof IP0.

Jika kalian ingin merekam video atau foto di tempat yang ada debu tetesan atau semprotan, kalian bisa memilih kamera under water yang memiliki dustproof IP1 hingga IP4. Jika kalian ingin merekam video atau foto di tempat yang ada debu hujan atau percikan, kalian bisa memilih kamera under water yang memiliki dustproof IP5 hingga IP7. Jika kalian ingin merekam video atau foto di tempat yang ada debu rendaman atau celupan, kalian bisa memilih kamera under water yang memiliki dustproof IP8.

  • Fitur tambahan

Fitur tambahan adalah ukuran seberapa banyak fitur-fitur yang disertakan dengan kamera. Semakin banyak fitur tambahan, semakin banyak manfaat yang bisa kalian dapatkan dari kamera. Fitur tambahan kamera under water biasanya berupa mode rekam, live streaming, kontrol suara, dan lain-lain. Pilihlah kamera under water yang memiliki fitur tambahan sesuai dengan kebutuhan kalian. Jika kalian ingin merekam video atau foto dengan efek-efek yang keren dan menarik, kalian bisa memilih kamera under water yang memiliki mode rekam yang banyak, seperti Time Lapse, Slow Motion, HyperSmooth, dan lain-lain.

Jika kalian ingin berbagi video atau foto kamera dengan orang lain secara langsung, kalian bisa memilih kamera under water yang memiliki fitur live streaming, yang bisa kalian gunakan untuk mengunggah video atau foto kamera ke platform seperti YouTube, Facebook, atau Instagram. Jika kalian ingin mengontrol kamera dengan mudah dan praktis, kalian bisa memilih kamera under water yang memiliki kontrol suara, yang bisa kalian gunakan untuk memberi perintah kepada kamera dengan menggunakan suara kalian.

  • Desain

Desain adalah ukuran seberapa nyaman dan mudah kamera digunakan dan dibawa. Pilihlah kamera under water yang memiliki desain yang ergonomis, ringkas, dan stylish. Kamera yang ergonomis akan membuat kalian tidak mudah lelah saat menggunakan atau membawa kamera. Kamera yang ringkas akan membuat kalian tidak kesulitan menyimpan atau membawa kamera. Kamera yang stylish akan membuat kalian lebih percaya diri saat menggunakan atau membawa kamera.

  • Harga

Harga adalah ukuran seberapa sesuai kamera dengan budget kalian. Pilihlah kamera under water yang memiliki harga yang terjangkau, namun tidak mengorbankan kualitas. Kamera under water yang murah belum tentu berkualitas, dan kamera under water yang mahal belum tentu sesuai dengan kebutuhan kalian. Bandingkan harga dan spesifikasi kamera under water sebelum kalian membeli. Jangan lupa juga untuk memeriksa garansi dan layanan purna jual kamera kalian.

Daftar 7 Rekomendasi Kamera Under Water Terbaik

Setelah kalian mengetahui tips dan trik cara memilih kamera under water, sekarang saatnya kalian melihat daftar 7 rekomendasi kamera under water terbaik yang kami pilih. Berikut adalah daftar 7 rekomendasi kamera under water terbaik yang bisa kalian pertimbangkan:

Akaso Brave 8

Akaso Brave 8

Akaso Brave 8 adalah kamera under water yang memiliki remote control untuk mengendalikan kamera dari jarak jauh. Kamera ini juga memiliki piksel kamera yang besar, yang bisa merekam video beresolusi tinggi, hingga 4K 60 fps. Kamera ini juga bisa membuat video time lapse dengan resolusi 8K yang jernih dan detail. Kamera ini cocok untuk kalian yang suka melakukan eksplorasi dengan angle dan tangkapan yang unik.

Spesifikasi Nilai
Effective pixels 48 MP
Waterproof 10 meter (tanpa casing), 60 meter (dengan casing)
Shockproof Tidak ada
Dustproof Tidak ada
Zoom method Tidak diketahui
Aperture F2.5
Focal length Tidak diketahui
Fitur tambahan Remote

GoPro HERO11 Black Mini

GoPro HERO11 Black Mini

GoPro HERO11 Black Mini adalah kamera under water yang direkomendasikan untuk kalian yang gemar mendokumentasikan kegiatan ekstrem. Kamera ini memiliki bentuk yang kecil, yang bisa kalian tempatkan di setang sepeda, helm, monopod, dan lainnya. Kamera ini juga mampu merekam video dengan kualitas 5.3K 60 fps dan 4K 120 fps, yang membuat video yang dihasilkan jadi lebih tajam dan jernih. Kamera ini juga memiliki ukuran sensor yang besar, yang membuat kalian bisa merekam video dengan aspect ratio 8:7, yang memudahkan kalian dalam melakukan cropping video.

Baca Juga  Daftar 7 Rekomendasi Radio Portable Terbaik
Spesifikasi Nilai
Effective pixels 24,7 MP
Waterproof 10 meter (tanpa casing)
Shockproof Tidak ada
Dustproof Tidak ada
Zoom method Tidak diketahui
Aperture Tidak diketahui
Focal length 24.4 mm-100 mm
Fitur tambahan Wi-Fi

Bcare BCam X-5

Bcare BCam X-5

Bcare BCam X-5 adalah kamera under water yang murah dan terbaik untuk pemula. Kamera ini cocok untuk kalian yang membutuhkan kamera under water untuk dokumentasi pribadi. Kamera ini memiliki harga yang terjangkau, namun fitur-fitur kameranya menarik. Resolusi videonya bahkan sudah mencapai 4K. Kamera ini juga mampu bertahan 30 meter di bawah air, yang membuat kalian bisa merekam berbagai aktivitas luar ruangan kalian, baik di air maupun di darat.

Spesifikasi Nilai
Effective pixels 16 MP
Waterproof 30 meter (dengan casing)
Shockproof Tidak ada
Dustproof Tidak ada
Zoom method Digital zoom
Aperture Tidak diketahui
Focal length Tidak diketahui
Fitur tambahan Wi-Fi

SJCAM C300 4K Action Camera

SJCAM C300 4K Action Camera

SJCAM C300 4K Action Camera adalah kamera under water yang memiliki stabilisasi gyro 6 sumbu untuk meredam efek guncangan saat kalian merekam. Kamera ini juga memiliki handheld atau gagang yang memudahkan kalian merekam sambil berjalan. Kamera ini juga memiliki resolusi 4K dan Wi-Fi support for control via smartphone. Kamera ini cocok untuk kalian yang gemar membuat vlog tentang traveling.

Spesifikasi Nilai
Effective pixels Tidak diketahui
Waterproof 30 meter (dengan casing)
Shockproof Tidak ada
Dustproof Tidak ada
Zoom method Digital zoom
Aperture Tidak diketahui
Focal length Tidak diketahui
Fitur tambahan Wi-Fi, remote control, handheld

Olympus Tough TG-7

Olympus Tough TG-7

Olympus Tough TG-7 adalah kamera under water yang memiliki tingkat ketahanan yang tinggi. Kamera ini tahan air hingga kedalaman 15 meter, tahan benturan hingga 2,1 meter, tahan debu, tahan beku hingga -10 derajat Celsius, dan tahan tekanan hingga 100 kg. Kamera ini juga memiliki anti-fog lens yang membuat kamera tetap nyaman digunakan saat kalian berada di tempat yang berkabut. Kamera ini cocok untuk kalian yang mencari kamera under water yang tangguh dan serbaguna.

Nilai

Spesifikasi Nilai
Effective pixels 12 MP
Waterproof 15 meter (tanpa casing)
Shockproof 2,1 meter
Dustproof Ada
Zoom method Optical zoom
Aperture 2.0-4.9
Focal length 25 mm-100 mm
Fitur tambahan Wi-Fi, anti-fog lens, freezeproof, crushproof

Brica BPRO5 Alpha Edition 4K Mark II S (AE2S)

Brica BPRO5 Alpha Edition 4K Mark II S (AE2S)

Brica BPRO5 Alpha Edition 4K Mark II S adalah kamera under water yang tangguh dan serbaguna untuk berbagai kegiatan outdoor. Kamera ini tahan air hingga kedalaman 40 meter, tahan benturan hingga 1,5 meter, dan memiliki resolusi 4K. Kamera ini juga dilengkapi dengan fitur electronic image stabilization (EIS) untuk menghasilkan video yang stabil. Kamera ini juga memiliki Wi-Fi support for control via smartphone. Kamera ini cocok untuk kalian yang gemar beraktivitas luar ruangan baik di air atau daratan.

Spesifikasi Nilai
Effective pixels 16 MP
Waterproof 40 meter (dengan casing)
Shockproof 1,5 meter
Dustproof Tidak ada
Zoom method Tidak ada
Aperture F2.8
Focal length 3 mm
Fitur tambahan Wi-Fi, EIS

GoProHERO12 Black Action Camera

GoProHERO12 Black Action Camera

GoProHERO12 Black Action Camera adalah kamera under water yang mampu merekam video dengan resolusi tinggi. Kamera ini bisa mengambil video dengan resolusi 5.3K di 60 fps dan 4K di 120 fps, yang membuat video yang dihasilkan jadi lebih tajam dan jernih. Kamera ini juga dibekali berbagai fitur canggih, seperti HyperSmooth 6.0, Dark Mode, dan Time Lapse. Kamera ini cocok untuk kalian yang mencari kamera under water yang memiliki kualitas gambar dan fitur yang luar biasa.

Spesifikasi Nilai
Effective pixels 27 MP
Waterproof 10 meter (tanpa casing), 60 meter (dengan casing)
Shockproof Tidak ada
Dustproof Tidak ada
Zoom method Tidak diketahui
Aperture F2.5
Focal length 12 mm-39 mm
Fitur tambahan Wi-Fi, HyperSmooth 6.0, Dark Mode, Time Lapse

Frequently Asked Questions

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang kamera under water, beserta jawabannya:

Apakah kamera under water bisa digunakan di luar air?

Tentu saja bisa. Kamera under water bisa digunakan di luar air, asalkan kalian memperhatikan kondisi kamera kalian. Pastikan kamera kalian tidak basah, berdebu, atau terkena sinar matahari langsung. Jika kamera kalian basah, keringkan terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Jika kamera kalian berdebu, bersihkan terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Jika kamera kalian terkena sinar matahari langsung, hindari terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Bagaimana cara merawat kamera under water?

Cara merawat kamera under water adalah sebagai berikut:

  • Bersihkan kamera setelah digunakan: Setelah kalian menggunakan kamera under water, bersihkan kamera kalian dengan air tawar yang bersih. Hal ini untuk menghilangkan kotoran, garam, atau klorin yang mungkin menempel pada kamera kalian. Jangan lupa juga untuk membersihkan lensa, port, dan tombol kamera kalian.
  • Keringkan kamera sebelum menyimpannya: Setelah kalian membersihkan kamera under water, keringkan kamera kalian dengan kain lembut yang bersih. Hal ini untuk menghindari jamur, karat, atau korosi yang mungkin terjadi pada kamera kalian. Jangan lupa juga untuk mengeluarkan baterai, kartu memori, dan aksesoris kamera kalian sebelum menyimpannya.
  • Simpan kamera di tempat yang kering dan sejuk: Setelah kalian mengeringkan kamera under water, simpan kamera kalian di tempat yang kering dan sejuk. Hal ini untuk menjaga suhu dan kelembaban kamera kalian. Jangan lupa juga untuk menggunakan tas atau kotak kamera yang sesuai dengan ukuran kamera kalian.
Baca Juga  7 Daftar Rekomendasi Bedak Tabur Terbaik

Apakah kamera under water bisa digunakan untuk live streaming?

Tergantung pada jenis dan fitur kamera under water yang kalian gunakan. Beberapa kamera under water memiliki fitur live streaming, yang bisa kalian gunakan untuk mengunggah video atau foto kamera kalian ke platform seperti YouTube, Facebook, atau Instagram. Namun, kalian harus memperhatikan beberapa hal, seperti koneksi internet, baterai, dan memori kamera kalian. Pastikan kalian memiliki koneksi internet yang stabil, baterai yang cukup, dan memori yang kosong sebelum kalian melakukan live streaming.

Apakah kamera under water bisa digunakan untuk merekam video 360 derajat?

Tergantung pada jenis dan fitur kamera under water yang kalian gunakan. Beberapa kamera under water memiliki kamera 360 derajat, yang bisa kalian gunakan untuk merekam video atau foto dengan sudut pandang yang luas. Namun, kalian harus memperhatikan beberapa hal, seperti pencahayaan, sudut, dan komposisi gambar yang baik. Pastikan kalian memiliki pencahayaan yang cukup, sudut yang tepat, dan komposisi gambar yang menarik sebelum kalian merekam video 360 derajat.

Kesimpulan

Itulah 7 rekomendasi kamera under water terbaik yang bisa kalian pertimbangkan. Semua kamera yang kami rekomendasikan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga kalian bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan budget kalian. Namun, jika kalian ingin tahu kamera mana yang paling kami sarankan, kami akan memberikan jawabannya di sini.

Dari 7 kamera yang kami rekomendasikan, kami menilai bahwa GoProHERO12 Black Action Camera adalah kamera yang paling unggul. Alasannya adalah karena kamera ini mampu merekam video dengan resolusi tinggi, yaitu 5.3K di 60 fps dan 4K di 120 fps, yang membuat video yang dihasilkan jadi lebih tajam dan jernih. Kamera ini juga dibekali berbagai fitur canggih, seperti HyperSmooth 6.0, Dark Mode, dan Time Lapse, yang membuat video yang kalian rekam jadi lebih stabil, seimbang, dan menarik. Kamera ini juga tahan air hingga kedalaman 60 meter, yang membuat kalian bisa merekam di bawah air dengan aman dan nyaman.

Tentu saja, kamera ini juga memiliki kekurangan, yaitu harganya yang mahal, sehingga kalian harus merogoh kocek yang dalam untuk membelinya. Kamera ini juga membutuhkan aksesoris tambahan, seperti casing, baterai, atau kartu memori, yang mungkin tidak tersedia di semua tempat. Namun, kami rasa kekurangan tersebut sebanding dengan kualitas dan fitur yang ditawarkan oleh kamera ini. Jadi, jika kalian mencari kamera under water yang memiliki kualitas gambar dan fitur yang luar biasa, kami sarankan kalian untuk memilih GoProHERO12 Black Action Camera.

Demikian artikel yang kami buat tentang 7 rekomendasi kamera under water terbaik. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian yang sedang mencari kamera under water yang sesuai dengan kebutuhan kalian. Jika kalian memiliki pertanyaan, saran, atau kritik, silakan tulis di kolom komentar di bawah. Terima kasih telah membaca artikel ini sampai habis. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!