Coba deskripsikan beberapa kebijakan Jepang dalam bidang militer pada masa pendudukannya di Indonesia!

kalau kita melihat pertanyaan ini sering tidak menemukan jawaban dan cara penyelesaianya. kita sudah mencarinya kesana sini diinternet. Untuk menyelesaikan pertanyaan yang sulit tersebut, faq.co.id telah menyiapkan soal beserta caranya. Mulai dari kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 juga tersedia secara gratis.

diharapkan dengan adanya jawaban soal ini dapat mempermudah kamu dalam belajar di rumah maupun disekolah saat diberikan tugas oleh bapak/ ibu guru. materi yang disediakan sangat lengkap mulai matematika, ipa, ips, penjaskes, kimia, fisika, ekonomi, dan materi pelajaran lainya. oke teman teman jangan berlama lagi mari simak pertanyaan dan penjelasan lengkapnya dibawah ini ya.

PERTANYAAN :

Coba deskripsikan beberapa kebijakan Jepang dalam bidang militer pada masa pendudukannya di Indonesia!

Table of Contents

Jawaban

Jepang pun membentuk organisasi semi militer dan organisasi militer. Beberapa organisasi militer dan semi milter Jepang adalah sebagai berikut. 


Pembahasan

Kebijakan Jepang dalam bidang militer di Indonesia ditunjukkan dengan membentuk organisasi semi militer dan organisasi militer.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut:

Pada masa kependudukannya di Indonesia, Jepang melakukan mobilisasi para pemuda untuk dibina dalam latihan militer yang akan digunakan untuk memperkuat kedudukannya dalam Perang Pasifik. Selain itu, Jepang juga menghapus organisasi politik dan menggantikannya dengan organisasi massa buatan Jepang. Oleh karena itu, Jepang pun membentuk organisasi semi militer dan organisasi militer. Beberapa organisasi militer dan semi milter Jepang adalah sebagai berikut. 

  1. Seinendan (Barisan Pemuda). Pemerintah Jepang membentuk Seinendan pada tanggal 29 April 1943. Pembentukan Seinendan bertujuan untuk memperkuat pertahanan garis belakang dalam pertempuran Asia Timur Raya.
  2. Keibodan. Keibodan didirikan bersamaan dengan Seinendan, yaitu pada tanggal 29 April 1943. Tugas organisasi ini adalah memelihara keamanan setempat sehingga organisasi Keibodan berada di bawah pengawasan kepolisian.
  3. Fujinkai (Barisan Wanita). Fujinkai dibentuk pada bulan Agustus 1943. Organisasi ini bertugas untuk mengerahkan tenaga perempuan untuk ikut serta dalam memperkuat pertahanan dengan cara mengumpulkan dana wajib maupun kesejahteraan rakyat. Usia minimum anggota Fujinkai adalah 15 tahun, sedangkan usia maksimum tidak dibatasi.
  4. Heiho (Barisan Pembantu Prajurit Jepang). Pembentukan Heiho diumumkan di Jawa pada tanggal 24 April 1943, sedangkan di Sumatra baru diumumkan pada Mei 1943. Program militer Heiho memberi kesempatan kepada para pemuda Indonesia untuk menjadi perwira yang sejajar dengan perwira Jepang. 
  5. PETA (Pembela Tanah Air). Pada 3 Oktober 1943, Saiko Shikika mengeluarkan Osamu Seirei No. 44 tentang pembentukan tentara sukarela untuk mempertahankan Pulau Jawa yang selanjutnya disebut tentara Pembela Tanah Air (PETA).


itulah kunci jawaban dan rangkuman mengenai pertanyaan dan pembahasan soal bahasa inggris. semoga bermanfaat untuk adik dan teman teman semua. nantikan jawaban yang berkualitas lainya hanya di situs faq.co.id ini. Terimakasih semoga dapat nilai yang bagus dan dapat juara kelas ya.

>>>DISCLAIMER <<

Orangtua dapat mengoreksi kembali jawaban diatas. kunci jawaban ini sebagai bahan referensi dan panduan belajar siswa di rumah. untuk itu siswa dapat memeriksanya kembali apabila ada kesalahan atau penulisan isi jawaban.

Tinggalkan komentar