Ceritakan dengan jelas pendudukan Jepang di Indonesia!

kalau kita melihat pertanyaan ini sering tidak menemukan jawaban dan cara penyelesaianya. kita sudah mencarinya kesana sini diinternet. Untuk menyelesaikan pertanyaan yang sulit tersebut, faq.co.id telah menyiapkan soal beserta caranya. Mulai dari kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 juga tersedia secara gratis.

diharapkan dengan adanya jawaban soal ini dapat mempermudah kamu dalam belajar di rumah maupun disekolah saat diberikan tugas oleh bapak/ ibu guru. materi yang disediakan sangat lengkap mulai matematika, ipa, ips, penjaskes, kimia, fisika, ekonomi, dan materi pelajaran lainya. oke teman teman jangan berlama lagi mari simak pertanyaan dan penjelasan lengkapnya dibawah ini ya.

PERTANYAAN :

Ceritakan dengan jelas pendudukan Jepang di Indonesia! space space

Table of Contents

Jawaban

pendudukan Jepang di Indonesia berlangsung pada tahun 1942-1945. Pada masa pendudukannya, banyak kebijakan Jepang yang menyebabkan penderitaan terhadap rakyat.


Pembahasan

Pendudukan Jepang di Indonesia dimulai setelah menyerahnya Belanda kepada Jepang melalui Perjanjian Kalijati pada tanggal 8 Maret 1942. Pasca menyerahnya Belanda, Jepang segera membentuk pemerintahan militer dan sipil di Indonesia. Pemerintahan militer dibagi menjadi tiga wilayah, yakni Tentara Kedua Puluh Lima yang berpusat di Bukittinggi, Tentara Keenam Belas yang berpusat di Jakarta, serta Armada Selatan Kedua yang berpusat di Makasar. Sedangkan untuk pemerintahan sipil dibentuk berdasarkan UU No. 28 tentang pemerintahan Shu serta Tokubetsi. Dalam perkembangan selanjutnya, Jepang banyak mengeluarkan serta menerapkan kebijakan di Indonesia untuk mendukung keberhasilan dalam Perang Asia Pasifik, salah satunya adalah kebijakan Ekonomi Perang dan Romusha. Namun kebijakan-kebijakan yang dijalankan oleh Jepang banyak menyebabkan penderitaan masyarakat Indonesia. Hal tersebut selanjutnya yang memunculkan perlawanan terhadap Jepang di berbagai daerah, seperti perlawanan Pang Suma, Singaparna, Cot Plien, Koreri, dan seterusnya. Pendudukan Jepang di Indonesia berakhir setalah kekalahan Jepang dalam Perang Dunia II dan proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Dengan demikian, pendudukan Jepang di Indonesia berlangsung pada tahun 1942-1945. Pada masa pendudukannya, banyak kebijakan Jepang yang menyebabkan penderitaan terhadap rakyat.


itulah kunci jawaban dan rangkuman mengenai pertanyaan dan pembahasan soal bahasa inggris. semoga bermanfaat untuk adik dan teman teman semua. nantikan jawaban yang berkualitas lainya hanya di situs faq.co.id ini. Terimakasih semoga dapat nilai yang bagus dan dapat juara kelas ya.

>>>DISCLAIMER <<

Orangtua dapat mengoreksi kembali jawaban diatas. kunci jawaban ini sebagai bahan referensi dan panduan belajar siswa di rumah. untuk itu siswa dapat memeriksanya kembali apabila ada kesalahan atau penulisan isi jawaban.

Tinggalkan komentar