, Cemara menderai sampai jauh, terasa hari akan jadi malam, ada beberapa dahan ditingkap merapuh, dipukul angin yang terpendam, Aku sekarang orangnya bisa tahan, sudah berapa waktu bukan kanak lagi, tapi dulu memang ada satu bahan, yang bukan dasar pertimbangan kini, Hidup hanya menunda kekalahan, tambah terasing dari cinta sekolah rendah, dan tahu, ada yang tetap tidak terucap, sebelum pada akhirnya kita menyerah

kalau kita melihat pertanyaan ini sering tidak menemukan jawaban dan cara penyelesaianya. kita sudah mencarinya kesana sini diinternet. Untuk menyelesaikan pertanyaan yang sulit tersebut, faq.co.id telah menyiapkan soal beserta caranya. Mulai dari kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 juga tersedia secara gratis.

diharapkan dengan adanya jawaban soal ini dapat mempermudah kamu dalam belajar di rumah maupun disekolah saat diberikan tugas oleh bapak/ ibu guru. materi yang disediakan sangat lengkap mulai matematika, ipa, ips, penjaskes, kimia, fisika, ekonomi, dan materi pelajaran lainya. oke teman teman jangan berlama lagi mari simak pertanyaan dan penjelasan lengkapnya dibawah ini ya.

PERTANYAAN :


Simaklah puisi di bawah ini!

Derai-Derai Cemara

Cemara menderai sampai jauh
terasa hari akan jadi malam
ada beberapa dahan ditingkap merapuh
dipukul angin yang terpendam

Baca Juga :  Sebutkan 2 perbedaan jamur dan tumbuhan?

Aku sekarang orangnya bisa tahan
sudah berapa waktu bukan kanak lagi
tapi dulu memang ada satu bahan
yang bukan dasar pertimbangan kini

Hidup hanya menunda kekalahan
tambah terasing dari cinta sekolah rendah
dan tahu, ada yang tetap tidak terucap
sebelum pada akhirnya kita menyerah

(Chairil Anwar)space 

Amanat yang terdapat pada puisi tersebut yaitu …space 

Jawaban

jawaban yang tepat adalah E.space 


Pembahasan

Puisi adalah karya sastra yang berisi ungkapan perasaan dan pikiran yang disampaikan dengan kata-kata indah.

Amanat merupakan salah satu unsur intrinsik puisi. Amanat adalah pesan yang ingin disampaikan penyair melalui puisinya, pesan tersebut merupakan gagasan yang menjadi dasar terciptanya sebuah puisi.

Baca Juga :  Resep masakan merupakan contoh teks eksplanasi., Masakan harus dibuat dengan menggunakan bahan dan urutan kerja yang urut.,

Puisi Derai-Derai Cemara berisi perubahan kehidupan yang dialami manusia. Larik Cemara menderai sampai jauh terasa hari akan jadi malam memiliki makna bahwa hidup merupakan sebuah perjalanan yang panjang. Semakin bertambah usia manusia harus menjadi semakin kuat untuk menghadapi segala persoalan hidup.

Terus bertarung sampai akhirnya manusia wafat, larik sebelum pada akhirnya kita menyerah melambangkan keadaan manusia yang akhirnya berserah setelah pertarungan panjang kehidupan. Maka, amanat yang terdapat pada puisi yaitu hidup adalah perjalanan yang harus ditempuh manusia.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.space 


itulah kunci jawaban dan rangkuman mengenai pertanyaan dan pembahasan soal nya. semoga bermanfaat untuk adik dan teman teman semua. nantikan jawaban yang berkualitas lainya hanya di situs faq.co.id ini. Terimakasih semoga dapat nilai yang bagus dan dapat juara kelas ya.

Baca Juga :  Peran dan ciri virus dan protista

DISCLAIMER

Orangtua dapat mengoreksi kembali jawaban diatas. kunci jawaban ini sebagai bahan referensi dan panduan belajar siswa di rumah. untuk itu siswa dapat memeriksanya kembali apabila ada kesalahan atau penulisan isi jawaban.

Tinggalkan komentar

Faq App

Aplikasi ringan dan simple untuk mencari kunci jawaban pertanyaan yang beredar diinternet. mulai kunci jawaban tingkat sd smp dan sma sederajat. dilengkap dengan pembahasan lengkap dan terbaru. 99% isian jawaban akurat dan mudah dimengerti.

Services

Tentang

Kerjasama

Kebijakan Privasi

Hubungi Kami

faqcoid@gmail.com

Jakarta, Indonesia.