“Bumi berotasi dengah sumbu miring sekira 23°30. Jelaskan pengaruh sumbu rotasi Bumi yang miring terhadap gerak semu Matahari!”

kalau kita melihat pertanyaan ini sering tidak menemukan jawaban dan cara penyelesaianya. kita sudah mencarinya kesana sini diinternet. Untuk menyelesaikan pertanyaan yang sulit tersebut, faq.co.id telah menyiapkan soal beserta caranya. Mulai dari kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 juga tersedia secara gratis.

diharapkan dengan adanya jawaban soal ini dapat mempermudah kamu dalam belajar di rumah maupun disekolah saat diberikan tugas oleh bapak/ ibu guru. materi yang disediakan sangat lengkap mulai matematika, ipa, ips, penjaskes, kimia, fisika, ekonomi, dan materi pelajaran lainya. oke teman teman jangan berlama lagi mari simak pertanyaan dan penjelasan lengkapnya dibawah ini ya.

PERTANYAAN :


Bumi berotasi dengah sumbu miring sekira 23°30\. Jelaskan pengaruh sumbu rotasi Bumi yang miring terhadap gerak semu Matahari!

Pembahasan

Bumi melakukan rotasi dengan kemiringan sumbu 23°30\. Sambil melakukan rotasi, bumi juga melakukan revolusi atau gerakan mengelilingi Matahari. Kemiringan rotasi tersebut, memberikan pengaruh terhadap penyinaran Matahari di Bumi. Hal ini lebih dirasakan dampaknya pada Belahan Bumi Utara (Kutub Utara) dan Belahan Bumi Selatan (Kutub Selatan).

Baca Juga :  Pengertian anekdot ?

Pengaruh dari kemiringan tersebut yaitu terjadinya gerak semu tahunan Matahari. Gerak semu tahunan Matahari ini yaitu Matahari yang seolah-olah bergerak dari utara ke selatan Bumi. Gerak semu ini mengakibatkan terjadinya perubahan musim di Bumi. Berikut merupakan rincian dari gerak semu tahunan Matahari. 

  1. Pada tanggal 21 Maret Matahari berada diatas garis khatulistiwa hal ini dikenal sebagai kulminasi matahari. Pada saat ini, waktu siang dibelahan bumi utara dan selatan sama. Matahari melintas tepat diatas kepala diwilayah ekuator.  
  2. Pada tanggal 21 Juni, Matahari berada di titik paling utara (garis balik utara) yakni pada lintang 23,5⁰LU. Pada saat ini hingga 23 September Matahari berada dibelahan bumi Utara. Sehingga, belahan bumi utara mengalami waktu siang lebih lama dibandingkan belahan bumi selatan. Pada saat inilah belahan bumi utara mengalami musim panas dan belahan bumi selatan mengalami musim dingin. 
  3. Pada tanggal 23 September, Matahari kembali ke titik khatulistiwa dan mengalami kulminasi. Pada saat ini, waktu siang dibelahan bumi utara dan selatan sama. Matahari melintas tepat diatas kepala diwilayah ekuator.
  4. Pada tanggal 22 Desember, Matahari berada di titik paling selatan (garis balik selatan) yakni pada lintang 23,5⁰LS. Pada saat ini hingga 21 Maret, Matahari berada dibelahan bumi selatan. Sehingga, belahan bumi selatan mengalami waktu siang lebih lama dibandingkan belahan bumi utara. Pada saat inilah belahan bumi selatan mengalami musim panas dan belahan bumi utara mengalami musim dingin.
Baca Juga :  1) Sepanjang September 2017-September 2018 BPS mencatat Penduduk miskin di pedesaan berkurang 770 ribu orang. 2) Angka ini lebih tinggi dari penurunan jumlah penduduk miskin di perkotaan yang hanya berkurang 140 ribuorang. 3) Rata-rata upah buruh tani per hari pada September 2018 naik sebesar 2,07% dibanding Maret 2018. 4) Kenaikan upah ini menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat kemiskinan. 5) Jadi, upah buruh tani baik 1,6% secara riil.,



itulah kunci jawaban dan rangkuman mengenai pertanyaan dan pembahasan soal bahasa inggris. semoga bermanfaat untuk adik dan teman teman semua. nantikan jawaban yang berkualitas lainya hanya di situs faq.co.id ini. Terimakasih semoga dapat nilai yang bagus dan dapat juara kelas ya.

>>>DISCLAIMER <<

Orangtua dapat mengoreksi kembali jawaban diatas. kunci jawaban ini sebagai bahan referensi dan panduan belajar siswa di rumah. untuk itu siswa dapat memeriksanya kembali apabila ada kesalahan atau penulisan isi jawaban.

Baca Juga :  Pada masa Demokrasi Liberal/ Parlementer timbul pergolakan di beberapa daerah, seperti pemberontakan DI/TII, APRA, Andi Aziz, MS, PRRI, dan Permesta. Menurut telaahmu, bagaimana cara pemerintah NKRI menumpas gerakan separatis tersebut?

Tinggalkan komentar

Faq App

Aplikasi ringan dan simple untuk mencari kunci jawaban pertanyaan yang beredar diinternet. mulai kunci jawaban tingkat sd smp dan sma sederajat. dilengkap dengan pembahasan lengkap dan terbaru. 99% isian jawaban akurat dan mudah dimengerti.

Services

Tentang

Kerjasama

Kebijakan Privasi

Hubungi Kami

faqcoid@gmail.com

Jakarta, Indonesia.