Buktikanlah tentang terjadinya interaksi masyarakat di Nusantara dengan pengaruh Hindu-Buddha!


Buktikanlah tentang terjadinya interaksi masyarakat di Nusantara dengan pengaruh Hindu-Buddha – kalau kita melihat pertanyaan ini sering tidak menemukan jawaban dan cara penyelesaianya. kita sudah mencarinya kesana sini diinternet. Untuk menyelesaikan pertanyaan yang sulit tersebut, faq.co.id telah menyiapkan soal beserta caranya. Mulai dari kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 juga tersedia secara gratis.

diharapkan dengan adanya jawaban soal ini dapat mempermudah kamu dalam belajar di rumah maupun disekolah saat diberikan tugas Sejarah. oke teman teman jangan berlama lagi mari simak penjelasan lengkapnya dibawah ini ya.


Buktikanlah tentang terjadinya interaksi masyarakat di Nusantara dengan pengaruh Hindu-Buddha!

ISI JAWABAN :

Masuk dan berkembangnya agama Hindu di Indonesia memengaruhi sector kehidupan
masyarakat Indonesia, termasuk sistem dan struktur sosial masyarakatnya. Pengaruhnya dapat dilihat melalui diterapkannya sistem pembagian kasta pada masyarakat Indonesia.
Sistem pembagian kasta di Indonesia tidak seperti yang ada di India, akan tetapi merupakan sistem pengelompokan masyarakat melalui tingkatan-tingkatan kehidupan masyarakat dan berlaku turun temurun. Hal  ini untuk menunjukkan status sosial dalam masyarakat Indonesia.Sementara itu, di India perbedaan system kasta sangat mendasar sebab untuk membedakan status sosial antara golongan Arya dan Dravida.

BACA JUGA : Dela dapat menyelesaikan soal matematika dalam waktu 1 jam 48menit 22detik,dan Berta dapat menyelesaikan soal yang sama dalam waktu 1jam 39menit 42detik.Berapa jumlah wakt, yang diperlukan 2 anak itu??

BACA JUGA : Cara menghitung diferensial fisika dengan mudah??

BACA JUGA : Klasifikasi makhluk hidup

Pada masyarakat Indonesia yang mendapat pengaruh Buddha muncul pembagian kelompok masyarakat bhiksu dan bhiksuni, yaitu kelompok masyarakat yang tinggal di wihara-wihara dan hidup mementingkan rohani saja, tata kehidupan duniawi mulai ditinggalkan.

Kelompok masyarakat yang lain adalah kelompok masyarakat umum, yakni kelompok
masyarakat yang masih mementingkan hidup duniawi. Sistem dan struktur masyarakat Indonesia yang mendapat pengaruh Hindu-Buddha berkembang pada masa Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Mataram. Kerajaan Sriwijaya merupakan kerajaan maritim di mana kehidupan rakyatnya banyak bergantung pada kelautan.

BACA JUGA : SEBUTKAN 8 MACAM ALAT MUSIK RITMIS

BACA JUGA : Dalam 200 gram air terdapat 2,8 gram KOH. kemolalan larutan tersebut adalah…. (Ar K=39,O=16,H=1)

BACA JUGA : Seorang siswa melakukan penelitian daya hantar listrik terhadap beberapa sumber mata air dengan hasil sebagai berikut :

Sriwijaya banyak menguasai jalur-jalur dan pusat perdagangan maka Sriwijaya menjadi kerajaan yang besar dan penting, karenanya menjadi kerajaan nasional yang pertama di Nusantara. Kerajaan Mataram Hindu terdiri atas daerah pusat yang dikenal dengan ibu kota kerajaan (tempat tinggal raja, putra raja, kerabat dekat raja, serta pejabat tinggi kerajaan) dan daerah watak, yaitu daerah yang dikuasai para rakai atau pamgat yang berkedudukan sebagai pegawai tinggi kerajaan yang berkedudukan turun-temurun.

itulah kunci jawaban dan rangkuman mengenai pertanyaan Buktikanlah tentang terjadinya interaksi masyarakat di Nusantara dengan pengaruh Hindu-Buddha! . semoga bermanfaat untuk adik dan teman teman semua. nantikan jawaban lainya hanya di situs faq.co.id ini. Terimakasih semoga dapat nilai yang bagus dan dapat juara