Buah kelapa dapat dijadikansebagai bahan makanan danminuman yang segar. Tak hanyabuahnya, kayu pohon kelapadapat dimanfaatkan sebagaibahan bangunan. Sementara itu,pelapahnya dapat dijadikan sapuijuk. Bahkan, akarnya pun bisadimanfaatkan sebagai bahan bakar.Oleh karena itu, pohon kelapasangat bermanfaat bagi kehidupanmanusia.,

kalau kita melihat pertanyaan ini sering tidak menemukan jawaban dan cara penyelesaianya. kita sudah mencarinya kesana sini diinternet. Untuk menyelesaikan pertanyaan yang sulit tersebut, faq.co.id telah menyiapkan soal beserta caranya. Mulai dari kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 juga tersedia secara gratis.

diharapkan dengan adanya jawaban soal ini dapat mempermudah kamu dalam belajar di rumah maupun disekolah saat diberikan tugas oleh bapak/ ibu guru. materi yang disediakan sangat lengkap mulai matematika, ipa, ips, penjaskes, kimia, fisika, ekonomi, dan materi pelajaran lainya. oke teman teman jangan berlama lagi mari simak pertanyaan dan penjelasan lengkapnya dibawah ini ya.

PERTANYAAN :


Cermati teks di bawah ini dengan saksama! 

Buah kelapa dapat dijadikan sebagai bahan makanan dan minuman yang segar. Tak hanya buahnya, kayu pohon kelapa dapat dimanfaatkan sebagai bahan bangunan. Sementara itu, pelapahnya dapat dijadikan sapu ijuk. Bahkan, akarnya pun bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar. Oleh karena itu, pohon kelapa sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia.space 

Baca Juga :  jelaskan dampak bom atom yang dijatuhkan sekutu dijepang bagi pemerintah pendudukan jepang di indonesia ?

Simpulan di atas disajikan dengan pola ….space 

Jawaban

jawaban yang benar adalah pilihan D.space 


Pembahasan

Debat adalah proses saling bertukar pendapat untuk membahas suatu isu dengan masing-masing pihak yang berdebat memberi alasan. Bila perlu diberikan tambahan informasi, bukti, dan data untuk mempertahankan pendapat masing-masing.

Simpulan dalam debat adalah sebuah informasi ringkas tentang inti dari materi dan seluruh pendapat yang diutarakan selama debat dari seluruh pihak yang terlibat. Simpulan dalam debat disusun berdasarkan pendapat dan argumen yang telah disampaikan sebelumnya, maka penalaran yang digunakan dalam menyusun simpulan debat termasuk penalaran induktif. 

Cara menarik kesimpulan dalam debat adalah sebagai berikut:

  1. Generalisasi. Penarikan simpulan dengan cara generalisasi berpangkal pada pernyataan-pernyataan yang bersifat khusus. Fenomena-fenomena khusus kemudian ditarik pernyataan yang bersifat general (umum).
  2. Analogi. Proses penarikan simpulan yang didasarkan atas perbandigma dua hal yang berbeda tetapi karena mempunyai kesamaan segi, fungsi/ciri kemudian keduanya di bandingkan (disamakan), kesamaan keduanya inilah yang menjadi dasar penarikan kesimpulan.
  3. Sebab Akibat. Memanfaatkan kalimat yang ada hubungan dengan sebab dan akibat.
Baca Juga :  Jan Willem van Rijnst terperangah. Maunya dia berkata sesuatu, namun tak berhasil dilisankan. Dalam keadaan limbung ternyata dia memuji Danurejo II di dalam hatinya. Katanya dalam hati, "yang dikatakan ular ini betul juga."

Berdasarkan kutipan:
Oleh karena itu, pohon kelapa sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Kutipan tersebut berada di bagian kahir dari teks yang disajikan. Kutipan tersebut berisi simpulan dari beberapa kalimat yang telah dituliskan sebelumnya yang bersifat khusus. Pernyataan-pernyataan sebelumnya berisi mengenai buah kelapa yang dapat dijadikan sebagai bahan makanan dan minuman yang segar, bahan bangunan, sapu ijuk, dan bahan bakar. Kesimpulan dari beberapa manfaat yang disebutkan adalah pohon kelapa sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. 

Berdasarkan penjelasan di atas, simpulan disajikan dengan pola generalisasi.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan D.space 


itulah kunci jawaban dan rangkuman mengenai pertanyaan dan pembahasan soal nya. semoga bermanfaat untuk adik dan teman teman semua. nantikan jawaban yang berkualitas lainya hanya di situs faq.co.id ini. Terimakasih semoga dapat nilai yang bagus dan dapat juara kelas ya.

Baca Juga :  Baduy atau biasa di sebut juga dengan masyarakat Kanekes adalah nama sebuah kelompok masyarakat adat Sunda di Banten. Suku Baduy tinggal di pedalaman Jawa Barat, tepatnya di Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Rangkasbitung Provinsi Jawa Barat. Masyarakat Baduy dikelompokan menjadi tiga perkampungan, yaitu Kampung Tangtu atau Baduy Dalam, Kampung Panamping atau Baduy Luar, dan Kampung Dangka., Suku Baduy Dalam tinggal di pedalaman hutan dan masih terisolir dari kebudayaan luar. Orang Baduy dalam paling patuh kepada seluruh ketentuan maupun aturan-aturan yang telah ditetapkan oleh , (kepala adat). Orang Baduy Dalam tinggal di tiga kampung, yaitu Cibeo, Cikartawana, dan Cikeusik. Ciri khas orang Baduy Dalam adalah dalam berpakaiannya yang berwarna putih alami dan biru tua serta memakai ikat kepala putih dan golok. Suku Baduy Luar tinggal di desa Cikadu, Kaduketuk, Kadukolot, Gajeboh, dan Ci sagu yang mengelilingi wilayah Baduy Dalam. Masyarakat Baduy Luar berciri khas mengenakan pakaian dan ikat kepala berwarna hitam. Suku Baduy Luar biasanya sudah banyak berbaur dengan masyarakat Sunda lainnya. Selain itu, mereka sudah mengenal kebudayaan luar, seperti bersekolah. Sementara itu, kelompok Baduy Dangka tinggal di luar wilayah Kanekes. Saat ini, tinggal satu kampung yang tersisa, yaitu Padawaras (Cibengkung). Kampung Dangka tersebut berfungsi sebagai semacam , atas pengaruh dari luar., " Suku Baduy memiliki tata pemerintahan sendiri dengan pemimpin seorang kepala suku yang disebut puun. Pelaksanaan pemerintahan adat ke-", -an dilaksanakan oleh , . , ini dibagi ke dalam empat jabatan, di mana keempat jabatan ini mempunyai fungsi dan tugas masing-masing., , merupakan jabatan tertinggi dalam wilayah Tangtu. Menurut , " peraturan adatjabatan ", berlangsung turun-temurun, kecuali jika ada hal yang tidak memungkinkan. Sehubungan dengan hal tersebut, jabatan , dapat diwariskan kepada keturunannya. Lama jabatan , tidak ditentukan oleh kemampuan. Ada tiga orang , di wilayah Baduy, yaitu , Ci keusik, , Cibeo, dan , Cikertawana. Wewenang , Cikeusik menyangkut urusan keagamaan dan ketua pengadilan adat yang menentukan pelaksanaan upacara-upacara adat (seren taun, kawalu, dan seba) dan memutuskan hukuman bagi pelanggar adat. Wewenang , Cibeo menyangkut pelayanan kepada warga dan tamu di kawasan Baduy. Hal ini termasuk urusan administrator tertib wilayah, pelintas batas dan berhubungan dengan daerah luar. Adapun wewenang , Cikertawana menyangkut urusan pembinaan warga, kesejahteraan, keamanan atau sebagai badan pelaksana langsung di lapangan yang memonitor permasalahan yang berhubungan dengan kawasan Baduy., , atau kadang hanya disebut , merupakan jabatan tertinggi kedua setelah , . Tugasnya adalah sebagai sekertaris , atau pemangku adat dan pengurus , " ladang bersama. ", menjadi penghubung dan pembantu utama , . Setiap orang yang ingin menghadap atau bertemu , harus melalui , .,

DISCLAIMER

Orangtua dapat mengoreksi kembali jawaban diatas. kunci jawaban ini sebagai bahan referensi dan panduan belajar siswa di rumah. untuk itu siswa dapat memeriksanya kembali apabila ada kesalahan atau penulisan isi jawaban.

Tinggalkan komentar

Faq App

Aplikasi ringan dan simple untuk mencari kunci jawaban pertanyaan yang beredar diinternet. mulai kunci jawaban tingkat sd smp dan sma sederajat. dilengkap dengan pembahasan lengkap dan terbaru. 99% isian jawaban akurat dan mudah dimengerti.

Services

Tentang

Kerjasama

Kebijakan Privasi

Hubungi Kami

faqcoid@gmail.com

Jakarta, Indonesia.