Bobi : Menurut kalian, apakahtransportasi umum di Jakartasudah baik?, Lina : Sangat baik. Pertama, transportasi umum di Jakarta jumlahnya sudahbanyak sehingga tidak perlumenunggu lama. Kedua, sistem pembayaran sudah sangatmaju dengan diterapkannya, Rendi : Lin, yang kamu sebutkan tidaksebanding dengan kekurangantransportasi umum di Jakarta., Bobi : Apa saja kekurangannyamenurutmu, Rendi?, Rendi : Masih banyak yang merokokdi halte. Kursi penumpang punbanyak yang rusak dan tidaklayak pakai., Lina : Menurutku, ini berkaitan dengankedisiplinan penumpang yangdapat dibuatkan regulasi.Data yang aku baca di Iaman, resmi Transjakarta, terdapat 13koridor Transjakarta denganlebih dari 200 stasiun dan dapatmengangkut setidaknya 350.000penumpang per harinya. Artinyakita telah difasilitasi dengan baik.,

kalau kita melihat pertanyaan ini sering tidak menemukan jawaban dan cara penyelesaianya. kita sudah mencarinya kesana sini diinternet. Untuk menyelesaikan pertanyaan yang sulit tersebut, faq.co.id telah menyiapkan soal beserta caranya. Mulai dari kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 juga tersedia secara gratis.

diharapkan dengan adanya jawaban soal ini dapat mempermudah kamu dalam belajar di rumah maupun disekolah saat diberikan tugas oleh bapak/ ibu guru. materi yang disediakan sangat lengkap mulai matematika, ipa, ips, penjaskes, kimia, fisika, ekonomi, dan materi pelajaran lainya. oke teman teman jangan berlama lagi mari simak pertanyaan dan penjelasan lengkapnya dibawah ini ya.

PERTANYAAN :


Perhatikan dialog di bawah ini untuk menjawab soal nomor 24 s.d. 27!

Bobi : Menurut kalian, apakah transportasi umum di Jakarta sudah baik? 

Lina : Sangat baik. Pertama, transportasi umum di Jakarta jumlahnya sudah banyak sehingga tidak perlu menunggu lama. Kedua, sistem pembayaran sudah sangat maju dengan diterapkannya e-money. 

Rendi : Lin, yang kamu sebutkan tidak sebanding dengan kekurangan transportasi umum di Jakarta. 

Bobi : Apa saja kekurangannya menurutmu, Rendi? 

Baca Juga :  Ada berapa cara menyusun kata "MATEMATIKA"?

Rendi : Masih banyak yang merokok di halte. Kursi penumpang pun banyak yang rusak dan tidak layak pakai. 

Lina : Menurutku, ini berkaitan dengan kedisiplinan penumpang yang dapat dibuatkan regulasi. Data yang aku baca di Iaman 
resmi Transjakarta, terdapat 13 koridor Transjakarta dengan lebih dari 200 stasiun dan dapat mengangkut setidaknya 350.000 penumpang per harinya. Artinya kita telah difasilitasi dengan baik.space 

Alasan tim oposisi dalam debat di atas adalah …space 

Jawaban

jawaban yang benar adalah pilihan A.space 


Pembahasan

Debat adalah proses saling bertukar pendapat untuk membahas suatu isu dengan masing-masing pihak yang berdebat memberi alasan. Bila perlu diberikan tambahan informasi, bukti, dan data untuk mempertahankan pendapat masing-masing.

Alasan adalah proses penyampaian kesimpulan dari data. Alasan terdiri atas bukti, tuntutan, dan pemikiran yang membenarkan gerakan dari data menuju kesimpulan.

Unsur-unsur debat antara lain:

  1. Mosi, yaitu isu, permasalahan, hal, tema, atau topik yang menjadi bahan debat. Mosi biasa berupa satu kalimat utuh, minimal berisi subyek, predikat, dan obyek.
  2. Tim afirmatif/tim pro, yaitu kelompok yang setuju dengan gagasan yang terdapat dalam mosi.
  3. Tim oposisi/tim kontra, yaitu kelompok lawan afirmasi, tidak setuju dengan gagasan yang terdapat dalam mosi.
  4. Moderator, yaitu pemandu atau orang yang memimpin jalannya debat.
  5. Notulen, yaitu orang yang menuliskan jalannya suatu debat dan mencatat kesimpulan.
Baca Juga :  Sebuah gedung digambar dengan skala 1 : 2.000. Pada gambar, tinggi gedung adalah 6 cm. Berapa tinggi gedung sebenarnya dalam satuan meter?

Tim oposisi/tim kontra, yaitu kelompok lawan afirmasi, tidak setuju dengan gagasan yang terdapat dalam mosi.

Berdasarkan kutipan:
Masih banyak yang merokok di halte. Kursi penumpang pun banyak yang rusak dan tidak layak pakai.

Kutipan tersebut merupakan argumen Rendi mengenai transportasi umum di  Jakarta yang meskipun telah memiliki beberapa kelebihan, transportasi umum yang ada tetaplah memiliki kekurangan. Kekurangan yang disampaikan Rendi adalah masih banyak yang merokok dan kursi penumpang banyak yang rusak serta tidak layak pakai. Pernyataan Rendi tersebut menunjukkan adanya ketidaksetujuan/kontra terhadap adanya transportasi umum di Jakarta. 

Berdasarkan penjelasan di atas, alasan tim oposisi dalam debat di atas adalah masih banyak yang merokok di halte hingga kursi penumpang banyak juga yang rusak.

Baca Juga :  Sebuah gaya bekerja pada benda 4 kg dengan arah seperti ditunjukkan gambar berikut. , Tentukanlah percepatan yang dialami benda!

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan A.space 


itulah kunci jawaban dan rangkuman mengenai pertanyaan dan pembahasan soal nya. semoga bermanfaat untuk adik dan teman teman semua. nantikan jawaban yang berkualitas lainya hanya di situs faq.co.id ini. Terimakasih semoga dapat nilai yang bagus dan dapat juara kelas ya.

DISCLAIMER

Orangtua dapat mengoreksi kembali jawaban diatas. kunci jawaban ini sebagai bahan referensi dan panduan belajar siswa di rumah. untuk itu siswa dapat memeriksanya kembali apabila ada kesalahan atau penulisan isi jawaban.

Tinggalkan komentar

Faq App

Aplikasi ringan dan simple untuk mencari kunci jawaban pertanyaan yang beredar diinternet. mulai kunci jawaban tingkat sd smp dan sma sederajat. dilengkap dengan pembahasan lengkap dan terbaru. 99% isian jawaban akurat dan mudah dimengerti.

Services

Tentang

Kerjasama

Kebijakan Privasi

Hubungi Kami

faqcoid@gmail.com

Jakarta, Indonesia.