Berikut ini yang bukan peranan pemerintah dalam kegiatan ekonomi adalah ….,

kalau kita melihat pertanyaan ini sering tidak menemukan jawaban dan cara penyelesaianya. kita sudah mencarinya kesana sini diinternet. Untuk menyelesaikan pertanyaan yang sulit tersebut, faq.co.id telah menyiapkan soal beserta caranya. Mulai dari kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 juga tersedia secara gratis.

diharapkan dengan adanya jawaban soal ini dapat mempermudah kamu dalam belajar di rumah maupun disekolah saat diberikan tugas oleh bapak/ ibu guru. materi yang disediakan sangat lengkap mulai matematika, ipa, ips, penjaskes, kimia, fisika, ekonomi, dan materi pelajaran lainya. oke teman teman jangan berlama lagi mari simak pertanyaan dan penjelasan lengkapnya dibawah ini ya.

PERTANYAAN :

Berikut ini yang bukan peranan pemerintah dalam kegiatan ekonomi adalah …. space 

Table of Contents

Jawaban

jawaban yang tepat adalah poin A. space 


Pembahasan

Peranan pemerintah sebagai pengatur kegiatan ekonomi adalah sebagai berikut.

  1. Pembuatan dan Pelaksanaan Peraturan
    Agar perekonomian berjalan dengan baik, pemerintah membuat peraturan atau perundang-undangan yang harus dipatuhi oleh para pelaku ekonomi lainnya. Pemerintah juga berperan sebagai pelindung atau penjamin peserta pasar. Tujuannya agar peserta pasar dapat berlaku secara jujur dan mematuhi peraturan. Peraturan ini dibuat melalui hukum, undang-undang, budaya, dan konvensi pasar.
  2. Pengatur Monopoli Alamiah
    Pemerintah mengatur atau mengendalikan perusahaan yang dapat menyebabkan terjadinya monopoli. Misalnya, listrik didistribusikan secara lebih efisien oleh satu perusahaan daripada oleh beberapa perusahaan yang masing-masing membuat jaringan sendiri-sendiri. Apabila suatu produk lebih murah jika ditangani oleh satu perusahaan daripada banyak perusahaan maka perusahaan tersebut dikatakan monopolis alamiah. Monopoli berarti tidak mempunyai persaingan.
  3. Penyedia Barang Publik (Public Goods)
    Pemerintah menyediakan barang publik seperti jalan raya, rumah sakit, tempat ibadah, dan tempat umum lainnya. Pemerintah memiliki kewenangan untuk menarik pajak dalam rangka menyediakan barang publik untuk biaya pemeliharaannya.
  4. Meningkatkan Distribusi Pendapatan
    Apabila kita melihat kenyataan, ternyata jumlah penduduk yang miskin jauh lebih banyak daripada jumlah penduduk yang kaya. Penghasilan mereka tidak mencukupi untuk menghidupi keluarganya. Pemerintah berusaha untuk mendistribusikan pendapatan penduduk agar lebih merata. Contohnya, dana kompensasi BBM, pemerintah Indonesia menaikkan harga BBM yang kemudian sebagian dari keuntungan tersebut didistribusikan kepada penduduk yang kurang mampu.
  5. Full Employment, Stabllitas Harga, dan Pertumbuhan Ekonomi
    Kebijakan pemerintah berupa penarikan pajak, pengendalian jumlah uang yang beredar, bertujuan untuk mewujudkan full employment (penggunaan sumber daya secara penuh), stabilitas harga, dan tingkat pertumbuhan yang tinggi. Kebijakan pemerintah mencapai tujuan tersebut melalui pajak dan belanja disebut kebijakan fiskal, sedangkan pengendalian jumlah uang yang beredar disebut kebijakan moneter. Pemerintah menerima pajak dari rumah tangga konsumen maupun dari perusahaan-perusahaan yang digunakan untuk pembangunan. Namun, pemerintah juga memberikan subsidi, baik kepada rumah tangga konsumen maupun kepada perusahaan misalnya, subsidi BBM.

Jadi, jawaban yang tepat adalah poin A. space 


itulah kunci jawaban dan rangkuman mengenai pertanyaan dan pembahasan soal bahasa inggris. semoga bermanfaat untuk adik dan teman teman semua. nantikan jawaban yang berkualitas lainya hanya di situs faq.co.id ini. Terimakasih semoga dapat nilai yang bagus dan dapat juara kelas ya.

>>>DISCLAIMER <<

Orangtua dapat mengoreksi kembali jawaban diatas. kunci jawaban ini sebagai bahan referensi dan panduan belajar siswa di rumah. untuk itu siswa dapat memeriksanya kembali apabila ada kesalahan atau penulisan isi jawaban.

Tinggalkan komentar