Bentuk narkoba baru bukan hanya soal kelihaian para gembong narkoba memasarkan barang terkutuk mereka, melainkan juga soal kecanduan parah yang menimpa kita. Kecanduan inilahyang membuat industri narkoba selalu punya kedok dan modus baru. Hal itu pula yang dikatakan mantan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Anang Iskandar., Menurutnya, besar dan kuatnya pasar narkoba di Tanah Air juga diakibatkan penanganan yang tidak tepat terhadap para penyalah guna narkoba. Selama ini pidana memang masih menjadi langkah penindakan ketimbang rehabilitasi. Namun, akibatnya para penyalah guna tidak tersembuhkan dan tetap menjadi pecandu setelah keluar daritahanan.,

kalau kita melihat pertanyaan ini sering tidak menemukan jawaban dan cara penyelesaianya. kita sudah mencarinya kesana sini diinternet. Untuk menyelesaikan pertanyaan yang sulit tersebut, faq.co.id telah menyiapkan soal beserta caranya. Mulai dari kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 juga tersedia secara gratis.

diharapkan dengan adanya jawaban soal ini dapat mempermudah kamu dalam belajar di rumah maupun disekolah saat diberikan tugas oleh bapak/ ibu guru. materi yang disediakan sangat lengkap mulai matematika, ipa, ips, penjaskes, kimia, fisika, ekonomi, dan materi pelajaran lainya. oke teman teman jangan berlama lagi mari simak pertanyaan dan penjelasan lengkapnya dibawah ini ya.

PERTANYAAN :


Cermatilah teks berikut untuk mengerjakan soal nomor 29 dan 30!

    Bentuk narkoba baru bukan hanya soal kelihaian para gembong narkoba memasarkan barang terkutuk mereka, melainkan juga soal kecanduan parah yang menimpa kita. Kecanduan inilah yang membuat industri narkoba selalu punya kedok dan modus baru. Hal itu pula yang dikatakan mantan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Anang Iskandar.

Baca Juga :  Perhatikan gambar berikut!

    Menurutnya, besar dan kuatnya pasar narkoba di Tanah Air juga diakibatkan penanganan yang tidak tepat terhadap para penyalah guna narkoba. Selama ini pidana memang masih menjadi langkah penindakan ketimbang rehabilitasi. Namun, akibatnya para penyalah guna tidak tersembuhkan dan tetap menjadi pecandu setelah keluar dari tahanan.space 

Pihak yang dituju oleh redaksi dalam teks editorial tersebut adalah ….space 

Jawaban

jawaban yang tepat ialah pilihan A.space 


Pembahasan

Teks editorial atau tajuk rencana merupakan kolom khusus yang berisi pendapat pribadi seseorang, dalam hal ini redaktur surat kabar, terhadap suatu isu atau permasalahan yang aktual. Teks editorial termasuk ke dalam opini atau pendapat seseorang atau redaktur. 

Dalam ragam teks yang termasuk dalam jenis eksposisi, teks editorial dibangun dengan pernyataan umum, argumentasi, dan penegasan ulang. Ketika mengidentifikasi bagian argumentasi dalam teks editorial, terdapat fakta-fakta yang mendukung argumentasi disertai dengan opini redaktur surat kabar untuk menguatkan permasalahan yang dikemukakan.

Baca Juga :  ( ____) You are invited to join the concert.

Fakta merupakan suatu hal yang tidak diragukan lagi kebenarannya. Pernyataan fakta didasarkan pada peristiwa, keadaan, atau kenyataan yang benar-benar terjadi secara objektif.

Ciri-Ciri Fakta:

  1. Benar-benar terjadi dan memiliki bukti;
  2. Merupakan jawaban dari suatu pertanyaan (siapa, apa, di mana, atau kapan);
  3. Mengarah pada suatu benda, seperti, orang, waktu, tempat, atau peristiwa.

Opini merupakan suatu pendapat, anggapan, pemikiran, atau perkiraan orang, baik secara individu ataupun kelompok. Meskipun termasuk pendapat, opini bukan sekadar mengada-ada, melainkan berdasarkan sumber yang pasti, yaitu fakta. Opini dapat berbentuk kritik, penilaian terhadap suatu hal, prediksi atau hal yang akan terjadi berdasarkan sudut pandang redaktur surat kabar, dan harapan terhadap pihak yang dituju oleh redaktur surat kabar tersebut

Ciri-Ciri Opini:

  1. Belum diketahui pasti kebenarannya;
  2. Bersifat pengandaian;
  3. Pernyataan berupa saran, nasihat, atau usul;
  4. Pernyataan mengandung subjektivitas pribadi;
  5. Menyatakan hubungan sebab dan akibat.

Teks editorial di atas berkenaan dengan penanganan penyalah guna narkoba. Mantan Kepala BNN, Anang Iskandar, menyoroti penanganan yang tidak tepat terhadap pada penyalah guna narkoba. Penanganan yang tidak tepat ini menyebab gembong narkoba masih marak memasarkan narkoba. Pada paragraf kedua, mantan kepala BNN tersebut mengungkapkan bahwa bentuk penanganan pidana masih menjadi langkah peningakan ketimbang rehabilitasi. Akibatnya, para penyalah guna tidak sembuh dan tetap menjadi pecandu setelah keluar dari tahanan.

Baca Juga :  , Jelaskan mengenai bagian yang ditunjuk tanda panah! Apa fungsi bagian tersebut?

Oleh karena itu, pihak yang dituju oleh redaksi dalam teks editorial tersebut adalah polisi sebab pihak yang berwenang untuk menindak para pecandu narkoba adalah polisi. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat ialah pilihan A.space 


itulah kunci jawaban dan rangkuman mengenai pertanyaan dan pembahasan soal nya. semoga bermanfaat untuk adik dan teman teman semua. nantikan jawaban yang berkualitas lainya hanya di situs faq.co.id ini. Terimakasih semoga dapat nilai yang bagus dan dapat juara kelas ya.

DISCLAIMER

Orangtua dapat mengoreksi kembali jawaban diatas. kunci jawaban ini sebagai bahan referensi dan panduan belajar siswa di rumah. untuk itu siswa dapat memeriksanya kembali apabila ada kesalahan atau penulisan isi jawaban.

Tinggalkan komentar

Faq App

Aplikasi ringan dan simple untuk mencari kunci jawaban pertanyaan yang beredar diinternet. mulai kunci jawaban tingkat sd smp dan sma sederajat. dilengkap dengan pembahasan lengkap dan terbaru. 99% isian jawaban akurat dan mudah dimengerti.

Services

Tentang

Kerjasama

Kebijakan Privasi

Hubungi Kami

faqcoid@gmail.com

Jakarta, Indonesia.