Benget tersentak mendengar dengung mikrofon melengking. Pembawa acara mempersilakan para tetua adat dan tokoh masyarakat memberikan sambutan dan petuah bagi mempelai., “Mudah-mudahan kalian , Maksudnya, diharapkan sang pengantin mempunyai anak laki-laki 17 dan anak perempuan 14., “Maksudnya kita harus punya 31 anak? Yang lebih banyak anak laki-laki. Yang benar saja, Uli,” bisik Benget kesal., “Enggaklah, itu cuma pepatah,” Maruli menenangkan, dalam hati berpikir kenapa petuah itu tidak diganti dengan kalimat , yang berkualitaslah kalian.” Bukankah akan terdengar lebih indah dan relevan dengan masa kini? Memang jumlah orang Batak pada masa agraris dulu sedikit. Tentunya sangat relevan bila diharapkan memiliki banyak anak karena keturunan merekalah yang akan menjadi sumber daya manusia untuk mengerjakan lahan pertanian.

kalau kita melihat pertanyaan ini sering tidak menemukan jawaban dan cara penyelesaianya. kita sudah mencarinya kesana sini diinternet. Untuk menyelesaikan pertanyaan yang sulit tersebut, faq.co.id telah menyiapkan soal beserta caranya. Mulai dari kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 juga tersedia secara gratis.

diharapkan dengan adanya jawaban soal ini dapat mempermudah kamu dalam belajar di rumah maupun disekolah saat diberikan tugas oleh bapak/ ibu guru. materi yang disediakan sangat lengkap mulai matematika, ipa, ips, penjaskes, kimia, fisika, ekonomi, dan materi pelajaran lainya. oke teman teman jangan berlama lagi mari simak pertanyaan dan penjelasan lengkapnya dibawah ini ya.

PERTANYAAN :


Perhatikan kutipan novel berikut!

    Benget tersentak mendengar dengung mikrofon melengking. Pembawa acara mempersilakan para tetua adat dan tokoh masyarakat memberikan sambutan dan petuah bagi mempelai.
    “Mudah-mudahan kalian mar anak sampulu pitu, marboru sampulu opat.” Maksudnya, diharapkan sang pengantin mempunyai anak laki-laki 17 dan anak perempuan 14.
   ”Maksudnya kita harus punya 31 anak? Yang lebih banyak anak laki-laki. Yang benar saja, Uli,” bisik Benget kesal.
    ”Enggaklah, itu cuma pepatah,” Maruli menenangkan, dalam hati berpikir kenapa petuah itu tidak diganti dengan kalimat “Maranak dan marboru yang berkualitaslah kalian.” Bukankah akan terdengar lebih indah dan relevan dengan masa kini? Memang jumlah orang Batak pada masa agraris dulu sedikit. Tentunya sangat relevan bila diharapkan memiliki banyak anak karena keturunan merekalah yang akan menjadi sumber daya manusia untuk mengerjakan lahan pertanian.

Baca Juga :  Politik Belanda yang mengakibatkan rakyat Indonesia membenci pemerintahan dan kekuasaannya adalah politik....

Dikutip dari: Magdalena Sitorus, Kain Cinta Tanpa Batas, Jakarta, Yayasan Obor Indonesia, 2014 space

Konflik dalam kutipan novel tersebut adalah …undefined 

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan A.space 


Novel adalah salah satu jenis karya sastra yang berbentuk prosa. Dalam setiap cerita atau novel memiliki konflik. Konflik adalah ketegangan atau pertentangan di dalam cerita rekaan yakni pertentangan antara dua kekuatan, pertentangan dalam diri satu tokoh, pertentangan antara dua tokoh, dan sebagainya. 

Baca Juga :  , Tuhan. Beri aku kekuatan, Menguasai diri sendiri, kesunyian, Dan keserakahan. Beri aku petunjuk selalu, Untuk memilih jalan-Mu, keridhoan-Mu., Amin.,

Kutipan novel di atas menceritakan tentang Petuah para tetua adat dan tokoh masyarakat Batak kepada Benget dan Maruli untuk memiliki banyak anak, sehingga konflik atau ketegangan yang ada dalam kutipan novel tersebut ialah tokoh tetua adat memanjatkan doa agar tokoh Beteng memiliki 31 anak.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan A.space 


itulah kunci jawaban dan rangkuman mengenai pertanyaan dan pembahasan soal nya. semoga bermanfaat untuk adik dan teman teman semua. nantikan jawaban yang berkualitas lainya hanya di situs faq.co.id ini. Terimakasih semoga dapat nilai yang bagus dan dapat juara kelas ya.

Baca Juga :  Seorang pedagang membeli 20 kg gula merah seharga Rp.5500 per kg.Gula itu kemudian lagi dngn harga Rp.7500 per kg.Selama menjual gula trsbt ternyata tersisa 1 kg gula merah yg tdk layak jual., a.untung atau rugikah pedagang trsbt ?, b.berapa persentasenya ?

DISCLAIMER

Orangtua dapat mengoreksi kembali jawaban diatas. kunci jawaban ini sebagai bahan referensi dan panduan belajar siswa di rumah. untuk itu siswa dapat memeriksanya kembali apabila ada kesalahan atau penulisan isi jawaban.

Tinggalkan komentar

Faq App

Aplikasi ringan dan simple untuk mencari kunci jawaban pertanyaan yang beredar diinternet. mulai kunci jawaban tingkat sd smp dan sma sederajat. dilengkap dengan pembahasan lengkap dan terbaru. 99% isian jawaban akurat dan mudah dimengerti.

Services

Tentang

Kerjasama

Kebijakan Privasi

Hubungi Kami

faqcoid@gmail.com

Jakarta, Indonesia.