Bendahara seolah-olah mengetahui nasib yang menimpa anak saudaranya dan memohon kepada Tuhan supaya anak saudaranya itu terdampar ke tempatnya.Halitu betul-betul terjadi. Tetapi sebelum anak itu sudah naik ke perahu, perahu itu terhanyut ke laut pula. Setahun lamanya, sampai Raja Donan sudah pandai berkata, ia masihbelumdapat kembali ke tempat tinggalnya., Pada suatu hari perahu mereka berjumpa dengan angkatan laut Raja Camar Laut yang meminta cukai kerajat dari mereka. Raja Donan enggan membayar cukai. Maka terjadilah peperangan. Raja Camar Laut tewas, adik perempuannya,CikAmbong, menjadisahabat Raja Donan dan dibawa bersama dalam perjalanan. Selang beberapa lama antaranya, datang pula kapal Raja Petukalmeminta cukai kepada mereka. Raja Donan menolak membayar cukai yang diminta. Maka terjadi pula peperangan. Dalam peperangan ini Raja Petukal juga tewas.Adik perempuannya,CikMuda, dapat pula dibujuk supaya mengikuti pengembaraan bersama-sama.

kalau kita melihat pertanyaan ini sering tidak menemukan jawaban dan cara penyelesaianya. kita sudah mencarinya kesana sini diinternet. Untuk menyelesaikan pertanyaan yang sulit tersebut, faq.co.id telah menyiapkan soal beserta caranya. Mulai dari kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 juga tersedia secara gratis.

diharapkan dengan adanya jawaban soal ini dapat mempermudah kamu dalam belajar di rumah maupun disekolah saat diberikan tugas oleh bapak/ ibu guru. materi yang disediakan sangat lengkap mulai matematika, ipa, ips, penjaskes, kimia, fisika, ekonomi, dan materi pelajaran lainya. oke teman teman jangan berlama lagi mari simak pertanyaan dan penjelasan lengkapnya dibawah ini ya.

PERTANYAAN :


    Bendahara seolah-olah mengetahui nasib yang menimpa anak saudaranya dan memohon kepada Tuhan supaya anak saudaranya itu terdampar ke tempatnya. Hal itu betul-betul terjadi. Tetapi sebelum anak itu sudah naik ke perahu, perahu itu terhanyut ke laut pula. Setahun lamanya, sampai Raja Donan sudah pandai berkata, ia masih belum dapat kembali ke tempat tinggalnya.

Baca Juga :  Planet yang mempunyai dua planet ialah....

    Pada suatu hari perahu mereka berjumpa dengan angkatan laut Raja Camar Laut yang meminta cukai kerajat dari mereka. Raja Donan enggan membayar cukai. Maka terjadilah peperangan. Raja Camar Laut tewas, adik perempuannya, Cik Ambong, menjadi sahabat Raja Donan dan dibawa bersama dalam perjalanan. Selang beberapa lama antaranya, datang pula kapal Raja Petukal meminta cukai kepada mereka. Raja Donan menolak membayar cukai yang diminta. Maka terjadi pula peperangan. Dalam peperangan ini Raja Petukal juga tewas. Adik perempuannya, Cik Muda, dapat pula dibujuk supaya mengikuti pengembaraan bersama-sama.

(Dikutip dari: Liaw Yok Fang, Sejarah Kesusastraan Melayu Klasik 1, Jakarta, Erlangga, 1991)space 

Nilai yang terdapat pada paragraf pertama kutipan hikayat tersebut adalah ….space 

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A.space 


Hikayat adalah karya sastra lama Melayu berbentuk prosa yang berisi cerita, undang-undang, dan silsilah bersifat rekaan, keagamaan, historis, biografis, atau gabungan sifat-sifat itu, dibaca untuk pelipur lara, pembangkit semangat juang, atau sekadar untuk meramaikan pesta. Hikayat mengandung berbagai macam nilai yang bermanfaat bagi kehidupan, yaitu sebagai berikut:

  1. Moral: nilai yang berhubungan dengan akhlak atau sikap baik dan buruk manusia
  2. Agama: nilai yang berhubungan dengan kepercayaan tokoh akan keberadaan Tuhan
  3. Sosial: nilai yang berhubungan dengan relasi antarmakhluk hidup
  4. Budaya: nilai yang berhubungan dengan adat istiadat atau kebiasaan
  5. Edukasi: nilai yang berhubungan dengan pendidikan, khususnya berbagai upaya menuntun manusia menuju kedewasaan
Baca Juga :  Kota A dan kota B dihubungkan oleh beberapa jalan melalui kota P, Q dan R seperti pada gambar berikut. jika seseorang berangkat dati kota A menuju kota B, banyak alternatif jalan yang dapat dipilih adalah …,

Paragraf pertama kutipan hikayat di atas menceritakan tentang bendahara seolah-olah mengetahui nasib yang menimpa anak saudaranya dan memohon kepada Tuhan supaya anak saudaranya itu terdampar ke tempatnya. Hal ini menunjukkan bahwa tokoh percaya kepada Tuhan, sehingga terdapat nilai agama, yaitu kita dapat berdoa dan memohon kepada Tuhan untuk dapat mengabulkan apa yang kita inginkan. Oleh karena itu, nilai yang terdapat pada paragraf pertama kutipan hikayat tersebut adalah agama.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.space 

Baca Juga :  Bentuk bentuk dan perbuatan yang dapat memupuk persatuan dan kesatuan


itulah kunci jawaban dan rangkuman mengenai pertanyaan dan pembahasan soal nya. semoga bermanfaat untuk adik dan teman teman semua. nantikan jawaban yang berkualitas lainya hanya di situs faq.co.id ini. Terimakasih semoga dapat nilai yang bagus dan dapat juara kelas ya.

>>>DISCLAIMER <<<

Orangtua dapat mengoreksi kembali jawaban diatas. kunci jawaban ini sebagai bahan referensi dan panduan belajar siswa di rumah. untuk itu siswa dapat memeriksanya kembali apabila ada kesalahan atau penulisan isi jawaban.

Tinggalkan komentar

Faq App

Aplikasi ringan dan simple untuk mencari kunci jawaban pertanyaan yang beredar diinternet. mulai kunci jawaban tingkat sd smp dan sma sederajat. dilengkap dengan pembahasan lengkap dan terbaru. 99% isian jawaban akurat dan mudah dimengerti.

Services

Tentang

Kerjasama

Kebijakan Privasi

Hubungi Kami

faqcoid@gmail.com

Jakarta, Indonesia.