, Batu bara merupakan bahan bakar fosil yang berwarna item atau kecoklatan yang terbentuk jutaan tahun yang lalu jauh di dalam lapisan bumi. Batubara mudah terbakar dan terbentuk dari materi organik atau tanaman mati yang terkubur di rawa-rawa selama jutaan tahun yang lalu. Di sampingitu, batu bara juga memuat unsur lain,seperti belerang hidrogen oksigen dan nitrogen dalam jumlah yang berfariasi. Batu bara merupakan merupakan sumber daya alam yang mempenuhi sebagian besar kebutuhan listrik di dunia., Batu bara terbentuk 3 ratus juta tahun yang lalu ketika sebagaian besar permukaan bumi tertutup oleh rawa. Tanaman terestrial, terutama pohonpohon tinggi di hutan rawa seperti , , pakis raksasa, dan lumut jatuh kedalam rawa ataugenanagan air. Karena perubahan iklim dan berbagai peristiwa bencana alam, sejumlahbesar hutan tenggelam dalam rawa-rawa tersebut. Lapisan ini kemudian tertutup dengan lumpur & pasir dalam jumlah besar. Pasa bagian bawah membentuk lapisan basah yang disebut gambut., Sebagai vegetasi yang mati dan terkubur dalam kondisi basah dan asam, pembentukan batubara ini terputus dari udara langsung. Oleh karena itu, proses dekomposisi menjadi lambat dan hanya menghasilkan gambut sebagai tahap pertama pembentukan batu bara. Dengan peningkatan tekanan dan pempadatan antara lapisansedimen,gambut berubah menjadi , , batu bawa , , dan akhirnyabentuk utuh batu bara., Dalam setiap langkah, materi baru yang terbentuk lebih kaya karbon dibandingkan bahan pada tahap sebelumnya. Ini adalah proses pembentukan batu bara.,

kalau kita melihat pertanyaan ini sering tidak menemukan jawaban dan cara penyelesaianya. kita sudah mencarinya kesana sini diinternet. Untuk menyelesaikan pertanyaan yang sulit tersebut, faq.co.id telah menyiapkan soal beserta caranya. Mulai dari kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 juga tersedia secara gratis.

diharapkan dengan adanya jawaban soal ini dapat mempermudah kamu dalam belajar di rumah maupun disekolah saat diberikan tugas oleh bapak/ ibu guru. materi yang disediakan sangat lengkap mulai matematika, ipa, ips, penjaskes, kimia, fisika, ekonomi, dan materi pelajaran lainya. oke teman teman jangan berlama lagi mari simak pertanyaan dan penjelasan lengkapnya dibawah ini ya.

PERTANYAAN :


PROSES TERBENTUKNYA BATU BARA

    Batu bara merupakan bahan bakar fosil yang berwarna item atau kecoklatan  yang terbentuk jutaan tahun yang lalu jauh di dalam lapisan bumi. Batubara mudah terbakar dan terbentuk dari materi organik atau tanaman mati yang terkubur di rawa-rawa selama jutaan tahun yang lalu. Di sampingitu, batu bara juga memuat unsur lain, seperti belerang hidrogen oksigen dan nitrogen dalam jumlah yang berfariasi. Batu bara  merupakan merupakan sumber daya alam yang mempenuhi sebagian besar kebutuhan  listrik di dunia.
    Batu bara terbentuk 3 ratus juta tahun yang lalu ketika sebagaian besar permukaan bumi tertutup oleh rawa. Tanaman terestrial, terutama pohonpohon tinggi di hutan rawa seperti lycopods, pakis raksasa, dan lumut jatuh kedalam rawa atau genanagan air. Karena perubahan iklim dan berbagai peristiwa bencana alam, sejumlah besar hutan tenggelam dalam rawa-rawa tersebut. Lapisan ini kemudian tertutup dengan lumpur & pasir dalam jumlah besar. Pasa bagian bawah membentuk lapisan basah yang disebut gambut.
    Sebagai vegetasi yang mati dan terkubur dalam kondisi basah dan asam, pembentukan batubara ini terputus dari udara langsung. Oleh karena itu, proses dekomposisi menjadi lambat dan hanya menghasilkan gambut sebagai tahap pertama pembentukan batu bara. Dengan peningkatan tekanan dan pempadatan antara lapisan sedimen,gambut berubah menjadi bituminous, batu bawa subbituminous, dan akhirnya bentuk utuh batu bara.
    Dalam setiap langkah, materi baru yang terbentuk lebih kaya karbon dibandingkan bahan pada tahap sebelumnya. Ini adalah proses pembentukan batu bara.undefined 

Baca Juga :  Diketahui suku banyak:, tentukan:, b. Suku-suku

Jelaskan ciri-ciri teks eksplanasi berdasarkan teks tersebut!undefined 

Pembahasan

Teks eksplanasi adalah teks yang berisi proses terbentuknya suatu fenomena alam atau sosial. Ciri-ciri teks eksplanasi dapat diketahui dengan menganalisis sebuah teks eksplanasi.

Ciri-ciri teks eksplanasi berdasarkan teks tersebut, yaitu:

  • Ilmiah. Teks di atas menjelaskan fenomena terbentuknya batu bara dengan menyertakan fakta dan teori ilmiah.
  • Logis. Penjelasan fenomena proses terbentuknya batu bara dijelaskan dengan logis karena berdasarkan teori-teori keilmuan.
  • Objektif. Penjelasan dalam teks di atas disertai argumen yang bersifat objektif atau apa adanya dengan didukung teori yang relevan, sehingga dapat pula dijadikan rujukan yang valid.
  • Teks eksplanasi di atas tidak bertujuan memengaruhi pembaca, tetapi memaparkan fakta berdasarkan bidang keilmuan.
  • Teks eksplanasi di atas menjelaskan proses yang alami, tidak disadari, dan melalui jangka waktu yang panjang.undefined 
Baca Juga : 



itulah kunci jawaban dan rangkuman mengenai pertanyaan dan pembahasan soal nya. semoga bermanfaat untuk adik dan teman teman semua. nantikan jawaban yang berkualitas lainya hanya di situs faq.co.id ini. Terimakasih semoga dapat nilai yang bagus dan dapat juara kelas ya.

DISCLAIMER

Orangtua dapat mengoreksi kembali jawaban diatas. kunci jawaban ini sebagai bahan referensi dan panduan belajar siswa di rumah. untuk itu siswa dapat memeriksanya kembali apabila ada kesalahan atau penulisan isi jawaban.

Baca Juga :  Contoh teks descriptive?

Tinggalkan komentar

Faq App

Aplikasi ringan dan simple untuk mencari kunci jawaban pertanyaan yang beredar diinternet. mulai kunci jawaban tingkat sd smp dan sma sederajat. dilengkap dengan pembahasan lengkap dan terbaru. 99% isian jawaban akurat dan mudah dimengerti.

Services

Tentang

Kerjasama

Kebijakan Privasi

Hubungi Kami

faqcoid@gmail.com

Jakarta, Indonesia.