, Bahwa pada penyusun EYD banyak bercermin ke dalam bahasa lnggris tampak dalam penulisan “sistim” yang diubah menjadi “sistem”. “Sistim” berasal dari bahasa Belanda (yang banyak memengaruhi bahasa Indonesia pada masa kita masih menjadi Hindia Belanda). Dalam bahasa Belanda, kata itu ditulis “system”. Mengapa diganti menjadi”sistem” yang berasal dari bahasa lnggris “system”?, Alasannya ialah menurut EYD, kata-kata asing harus dieja sesuai dengan ejaan bahasa lnggris. Hal itu menimbulkan masalah karena telah banyak kata-kata Belanda yang masuk ke dalam perbendaharaan kata bahasa Indonesia dan sudah dianggap pribumi, padahal kata tersebut terdapat juga dalam bahasa lnggris. Kata “sistim” termasuk salah satu di antaranya. Apakah kata-kata demikian harus dikembalikan dahulu ke dalam bahasa lnggris seakan-akan kita mengambilnya dari bahasa lnggris?, Akan tetapi, tidak semua kata yang berasal dari bahasa Belanda diinggriskan. Misalnya, kata “televisi”, “administrasi”, “kombinasi”, “polusi”, dan banyak lagi yang berasal dari bahasa Belanda, “televise, “administratie”, “combinatie”,”pollutie”, tidak diharuskan ditulis “televisyen”, administresyen”, “polusyen”, dan Lain-Lain. Hal itu menunjukkan bahwa EYD tidak konsisten.,

kalau kita melihat pertanyaan ini sering tidak menemukan jawaban dan cara penyelesaianya. kita sudah mencarinya kesana sini diinternet. Untuk menyelesaikan pertanyaan yang sulit tersebut, faq.co.id telah menyiapkan soal beserta caranya. Mulai dari kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 juga tersedia secara gratis.

diharapkan dengan adanya jawaban soal ini dapat mempermudah kamu dalam belajar di rumah maupun disekolah saat diberikan tugas oleh bapak/ ibu guru. materi yang disediakan sangat lengkap mulai matematika, ipa, ips, penjaskes, kimia, fisika, ekonomi, dan materi pelajaran lainya. oke teman teman jangan berlama lagi mari simak pertanyaan dan penjelasan lengkapnya dibawah ini ya.

PERTANYAAN :


Bacalah cuplikan teks berikut!

    Bahwa pada penyusun EYD banyak bercermin ke dalam bahasa lnggris tampak dalam penulisan “sistim” yang diubah menjadi “sistem”. “Sistim” berasal dari bahasa Belanda (yang banyak memengaruhi bahasa Indonesia pada masa kita masih menjadi Hindia Belanda). Dalam bahasa Belanda, kata itu ditulis “system”. Mengapa diganti menjadi ”sistem” yang berasal dari bahasa lnggris “system”?

Baca Juga :  Tuliskan besaran-besaran yang termasuk besaran skalar dan vektor.

    Alasannya ialah menurut EYD, kata-kata asing harus dieja sesuai dengan ejaan bahasa lnggris. Hal itu menimbulkan masalah karena telah banyak kata-kata Belanda yang masuk ke dalam perbendaharaan kata bahasa Indonesia dan sudah dianggap pribumi, padahal kata tersebut terdapat juga dalam bahasa lnggris. Kata “sistim” termasuk salah satu di antaranya. Apakah kata-kata demikian harus dikembalikan dahulu ke dalam bahasa lnggris seakan-akan kita mengambilnya dari bahasa lnggris?

    Akan tetapi, tidak semua kata yang berasal dari bahasa Belanda diinggriskan. Misalnya, kata “televisi”, “administrasi”, “kombinasi”, “polusi”, dan banyak lagi yang berasal dari bahasa Belanda, “televise, “administratie”, “combinatie”, ”pollutie”, tidak diharuskan ditulis “televisyen”, administresyen”, “polusyen”, dan Lain-Lain. Hal itu menunjukkan bahwa EYD tidak konsisten.

Sumber: “Sistim” dan “Sistem” dalam Bus Bis Bas: Berbagai Masalah Bahasa Indonesia, Ajip Rosidi.space 

Kalimat gagasan yang tepat berdasarkan keseluruhan isi cuplikan teks nonfiksi tersebut adalah ….space 

Baca Juga :  Akar - akar persamaanx\xb2, + (a 2013 1)x +2 = 0adalah 03b1 dan 03b2 . Jika 03b1 = 203b2, maka nilai m adalah...

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan B.space 


Buku nonfiksi adalah sebuah hasil karangan dalam bentuk cerita nyata atau cerita kehidupan setiap hari yang dituliskan menjadi sebuah cerita. Isi keseluruhan buku nonfiksi dapat dipahami melalui berbagai cara, salah satunya adalah kegiatan penyimpulan atau simpulan. Simpulan adalah pernyataan yang diambil secara ringkas dari keseluruhan hasil pembahasan atau analisis.

Cara membuat suatu simpulan, di antaranya adalah :

  1. Membaca teks secara keseluruhan.
  2. Mencari kalimat utama teks.
  3. Mencari ide pokok atau gagasan utama dari suatu kalimat utama.
  4. Mencari informasi penting yang terkandung dalam pembahasan.
  5. Menyusun ide pokok dan informasi penting kalimat penjelas menjadi kesimpulan.

Kalimat gagasan yang tepat berdasarkan keseluruhan isi cuplikan teks nonfiksi tersebut adalah tidak semua bahasa asing diserap dan dieja sesuai ejaan bahasa lnggris dalam bahasa Indonesia, yang ditunjukan pada kalimat “Akan tetapi, tidak semua kata yang berasal dari bahasa Belanda diinggriskan”.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.space 

Baca Juga :  Sebuah induktor terbuat dari kumparan kawat dengan 50 lilitan. Panjang kumparan 5 cmdengan luas penampang , . Hitunglahenergi dalam induktor jika arus yang mengalir 2 A!


itulah kunci jawaban dan rangkuman mengenai pertanyaan dan pembahasan soal nya. semoga bermanfaat untuk adik dan teman teman semua. nantikan jawaban yang berkualitas lainya hanya di situs faq.co.id ini. Terimakasih semoga dapat nilai yang bagus dan dapat juara kelas ya.

>>>DISCLAIMER <<<

Orangtua dapat mengoreksi kembali jawaban diatas. kunci jawaban ini sebagai bahan referensi dan panduan belajar siswa di rumah. untuk itu siswa dapat memeriksanya kembali apabila ada kesalahan atau penulisan isi jawaban.

Tinggalkan komentar

Faq App

Aplikasi ringan dan simple untuk mencari kunci jawaban pertanyaan yang beredar diinternet. mulai kunci jawaban tingkat sd smp dan sma sederajat. dilengkap dengan pembahasan lengkap dan terbaru. 99% isian jawaban akurat dan mudah dimengerti.

Services

Tentang

Kerjasama

Kebijakan Privasi

Hubungi Kami

faqcoid@gmail.com

Jakarta, Indonesia.