Bagaimana peran organisasi Budi Utomo dalam mendorong Kebangkitan Nasional dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia?,

kalau kita melihat pertanyaan ini sering tidak menemukan jawaban dan cara penyelesaianya. kita sudah mencarinya kesana sini diinternet. Untuk menyelesaikan pertanyaan yang sulit tersebut, faq.co.id telah menyiapkan soal beserta caranya. Mulai dari kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 juga tersedia secara gratis.

diharapkan dengan adanya jawaban soal ini dapat mempermudah kamu dalam belajar di rumah maupun disekolah saat diberikan tugas oleh bapak/ ibu guru. materi yang disediakan sangat lengkap mulai matematika, ipa, ips, penjaskes, kimia, fisika, ekonomi, dan materi pelajaran lainya. oke teman teman jangan berlama lagi mari simak pertanyaan dan penjelasan lengkapnya dibawah ini ya.

PERTANYAAN :

Bagaimana peran organisasi Budi Utomo dalam mendorong Kebangkitan Nasional dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia?undefined 

Jawaban

peranan organisasi Budi Utomo dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia ialah dengan memperbaiki dan memajukan pendidikan rakyat Indonesia, dan aktif dalam kegiatan politik untuk menuntut adanya kemerdekaan Indonesia.


Organisasi Budi Utomo adalah organisasi yang didirikan oleh Dr. Sutomo dan para mahasiswa STOVIA di Batavia pada tanggal 20 Mei 1908 atas ide dr. Wahidin Sudirohusodo yang sebelumnya telah berkeliling Jawa untuk menawarkan idenya membentuk Studiefounds. Organisasi ini bergerak dibidang sosial, ekonomi, dan budaya dan bertujuan untuk memajukan pengajaran, pertanian, teknik, industri dan menghidupkan kebudayaan. Budi utomo mengalami pergantian pemimpin pada 10 tahun pertama, pada masa pemerintahan Ario Noto Dirodjo dari Keraton Pakualaman, organisasi Budi Utomo mengalami perkembangan yang baik. Namun, semakin lama, organisasi ini bergeser pada bidang politik, dan pada tahun 1928 organisasi Budi Utomo menjadi anggota PPPKI (Pemufakatan Perhimpunan-Perhimpunan Kebangsaan Indonesia) yang merupakan partai politik yang terbentuk atas prakasa PNI Soekarno. Namun demikian, Budi Utomo tetap mempunyai andil dan jasa yang besar dalam sejarah pergerakan nasional, yakni telah membuka jalan dan memelopori gerakan kebangsaan Indonesia.

Berikut adalah peran Budi Utomo dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia:

  1. Meyebarkan gagasan-gagasan politik lewat majalah bulanan

  2. Mendukung gagasan wajib militer untuk rakyat Indonesia

  3. Masuk ke dalam volksraad (dewan rakyat)

Dengan demikian peranan organisasi Budi Utomo dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia ialah dengan memperbaiki dan memajukan pendidikan rakyat Indonesia, dan aktif dalam kegiatan politik untuk menuntut adanya kemerdekaan Indonesia.


itulah kunci jawaban dan rangkuman mengenai pertanyaan dan pembahasan soal bahasa inggris. semoga bermanfaat untuk adik dan teman teman semua. nantikan jawaban yang berkualitas lainya hanya di situs faq.co.id ini. Terimakasih semoga dapat nilai yang bagus dan dapat juara kelas ya.

>>>DISCLAIMER <<

Orangtua dapat mengoreksi kembali jawaban diatas. kunci jawaban ini sebagai bahan referensi dan panduan belajar siswa di rumah. untuk itu siswa dapat memeriksanya kembali apabila ada kesalahan atau penulisan isi jawaban.

Tinggalkan komentar