Apa yang dimaksud dengan Past Tense dan beri contohnya

 

 

Apa yang dimaksud dengan Past Tense dan beri contohnya

 

 

Dalam bahasa Inggris ada Past Tense, sedangkan bahasa Indonesia kalaupun ada tak perlu dipelajari, karena kata kerjanya tidak berubah. Seperti Present Tense, maka Past Tense ini pun terbagi 4: Ada yang Simple Past atau disebut Past Tense saja, ada yang Past Continuous Tense, Past Prefect Tense dan Past Perfect Continuous Tense.Inti dari Past Tense adalah untuk menyatakan peristiwa yang telah “Lampau”. Lampau disini tak harus sudah lama-lama amat juga, pokoknya sudah berlalu, sudah lewat. Itulah penekanannya. Mungkin kemarin, satu jam lalu, 2 tahun lalu, 2 abad yang lalu, dan sebagainya. Semua itu sudah “Past”. Setelah membaca uraian ini Anda pasti faham lebih dalam. Pasang mata pasang telinga dan kuatkan niat ya, hehe..Rumus Past Tense:Positif: S + V2Negatif: S + did not + V1Tanya: Did + S + V1Ingat, V2 maksud saya adalah Kata Kerja atau Verb bentuk ke-2. Tentang kata kerja dapat Anda baca di Kata KerjaRumus Past Tense Rumit?
Benar! eh tidak, lanjutkan saja bacanya..Anda resepkan dulu bahwa kata kerja bantu “DO” bentuk present DO, bentuk keduanya (Bentuk Past) adalah DID. Kalau Present kan: I do not… maka Past nya: I did not….Yang barusan saya terangkan diatas tadi akan memudahkan Anda mempelajari Past Tense ini untuk Kalimat yang Negatif dan Kalimat Tanya. Ingat saja DO jadi DID. inga.. inga… hehe..Contoh Kalimat Past Tense:
-I launched this blog on july 14th 2009Artinya:
Saya meluncurkan atau launching blog ini tanggal 14 juli 2009.
Sudah lewat kan?Kata kerjanya bentuk kedua “launched”, ini tergolong kata kerja beraturan, tinggal tambahkan ED di belakang launch.Anda ingin punya blog sendiri seperti milik saya ini? Do you want to have your own blog like this? Wah mudah sekali. Dengan blog kita bisa menghasilkan bejibun uang  Anda bisa berlangganan newsletter saya dulu disini ya: Bisnis24.comOk kita lanjutkan tentang Paste Tense ini ya.Contoh lagi:Kita akan pakai kata kerja bentuk 1-2-3 berikut:see – saw – seen (melihat)
buy – bought- bought (membeli)
go – went – gone (pergi)-I saw her standing there (Saya lihat dia berdiri disana).
-My Father bought this car last year
-They went to Tokyo last month
-She went home two minutes agoSemua itu sudah terjadi, sudah melihat, membeli mobilnya juga tahun lalu, ke Tokyonya bulan lalu, pulangnya (went home) juga 2 menit yang lalu. Kita gunakan Past Tense. Faham ya?Kalimat Negatif Past TenseSesuai rumusnya: S + did + not + V1Perhatikan dengan seksama, Kata kerjanya berubah lagi menjadi bentuk pertama (V1). Lalu kata kerja bentuk past-nya kemana? Pindah ke DID nya itu. Tadi kan diatas sudah saya bilang:V1 -V2 – V3: Do – Did – DoneJadi kita pakai “Did”. Karena negatif maka tambah “Not”. Jadi Did Not! hehe..Kalimat positif tadi, kita jadikan negatif:
-I saw her standing there
Menjadi: I did not see her standing thereLihatlah saw jadi see lagi. See-saw-seen kan bentuk kata kerjanya?Yes benar, berurusan dengan Past Tense maka Anda perlu mempunyai banyak perbendaharaan Kata Kerja.Positif: My Father bought this car last year
Negatif: My Father did not BUY this car last yearAnda coba yang dua ini ya:
-They went to Tokyo last month. Jadi ….
-She went home two minutes ago. Jadi ….Kalimat Tanya Past TenseKalau Anda sudah tau kalimat negatif Past Tense maka kalimat tanya tinggal dibalik mawon, DID nya di depan Subject.Positif: My Father bought this car last year
Tanya: Did My Father BUY this car last yearAnda coba yang dua ini ya:
-They went to Tokyo last month. Jadi ….
-She went home two minutes ago. Jadi ….Boleh saja Anda tambahkan dengan Where, When, Why dan sebagainya seperti ini:-When did my father buy this car?
-Why did they go to tokyo?Demikianlah tentang Past Tense.Best Regards
Mufli

itulah kunci jawaban dan rangkuman mengenai pertanyaan dan pembahasan soal nya. semoga bermanfaat untuk adik dan teman teman semua. nantikan jawaban yang berkualitas lainya hanya di situs faq.co.id ini. Terimakasih semoga dapat nilai yang bagus dan dapat juara kelas ya.

Tinggalkan komentar