Apa Seni Kerajinan di Daerahku Asal Daerah Jawa Barat ?

Seni Kerajinan di Daerahku Asal Daerah Jawa Barat – seni kerajinan setiap wilayah memiliki seni dan ciri khas yang unik dan berbeda. hal ini menjadi daya tarik sendiri untuk dapat kita pelajari dan juga mencobanya.

seperti Seni Kerajinan yang berasal dari daerah jawa barat. wilayah yang terkenal dari seni yang yang memukau dari tanah sunda. beragam seni rupa mulai dari seni tekstil, seni anyaman dan seni ukir nya.

Nah, berikut faq.co.id akan memberikan rangkuman mengenai Seni Kerajinan Daerah Jawa Barat. berikut tabel lengkapnya yang bisa kamu lihat dibawah ini.

SENI KERAJINAN DI DAERAHKU JAWA BARAT

TABEL SENI RUPA  DAERAH INDONESIA


Ciri – ciri

Seni Tekstil

Seni Anyaman

Seni Ukir/Pahat/Rautan



Jenis
1.     Batik Cirebon2.     Batik Ciamis3.     Batik Garut4.     Batik Cianjur5.     Batik Tasikmalaya6.     Batik Indramayu7.     Batik Sumedang8.     Batik Bogor


Anyaman Tasikmalaya



Ukiran Cirebon

Kegunaan

Dipakai pada saat acara resmi, seperti pernikahan dan acara besar lainnya.

Benda pakai dan benda hias

Benda Hias
Bentuk(2 atau 3 Dimensi)
Seni 2 Dimensi(Batik)

Seni Terapan 2 dan 3 Dimensi

Seni 3 Dimensi


Warna
1.     Batik Cirebon : warna-warna cerah & ceria, seperti merah, biru langit, pink, dan hijau pupus.2.     Batik Ciamis :  dua warna berbeda, misalnya coklat dan hitam dengan dasar kain berwarna putih.3.     Batik Garut : warna cerah dan penuh pada sisi lainnya.4.     Batik Cianjur : umumnya mendekati warna tanah, daun atau bulir padi.5.     Batik Tasik : warna-warna cerah.6.     Batik Indramayu :  warna merah terang, merah dan biru, merah ungu dan hitam.7.     Batik Sumedang : beragam warna.8.     Batik Bogor : coklat dan putih.

Beragam warna


Coklat



Motif Hias
1.     Batik Cirebon : motif megamendung.2.     Batik Ciamis : motif daun dan parang rusak.3.     Batik Garut : motif ragam hias datar dan bentuk geometris yang mengarah secara diagonal, bentuk kawung, atau belah ketupat4.     Batik Cianjur : motifnya tidak jauh dari tumbuhan yang hidup di sekitar Cianjur.5.     Batik Tasik : motif alam, flora, fauna, dan nuansa Parahyangan.6.     Batik Indramayu :  langgam flora dan fauna yang diungkap secara datar, banyak bentuk lengkung, dan garis yang meruncing (ririan), berlatar putih, warna gelap, dan banyak titik yang dibuat dengan teknik complongan jarum, serta bentuk isen-isen (sawut) yang pendek dan kaku7.     Batik Sumedang : Motif Mahkota Binokasih Sanghyang Pake, Motif Kesenian Kuda Renggong, Motif Kereta Kencana Naga Paksi, Motif, Monumen Lingga, Motif Daun Boled/Daun Ubi, motif Lingga, Kembang Boled, Hanjuang, Klowongan Tahu, Mahkota (Siger) Binokasih, dan Pintu Srimangganti.8.     Batik Bogor : motif yang terinspirasi dari peninggalan kerajaan Pakuan, benda-benda sejarah, fenomena alam, dan kebudayaan. Salah satu motif yang terkenal adalah motif Kujang Kijang.

Motif anyaman mendong


Kombinasi motif tumbuhan, awan &  batu karang

Bahan

Kain

Bambu Halus

Kayu

 Teknik Pembuatan


Ditulis, cap dan lukis


 Bambu di anyam


Kayu di ukir

Dikutip Dari Jawaban Simple

Demikian mengenai Seni Kerajinan di Daerahku Asal Daerah Jawa Barat. semoga bermanfaat untuk teman semua.

Tinggalkan komentar