, Aku tobat, ya Tuhanku, tobat atas segala dosaku, Kacang-kacang berkembang, daun kobis segar di ladang, jantung-Mu adalah biji kentang, digigit oleh tanah., Aku tobat, ya Tuhanku, Tobat atas segala dosaku, Burung-burung kecil di belukar, batang pimping menggeliat, Mulut-Mu di hutan, Sederhana dan manis sekali, Mulut-Mu di hutan, diinjak kaki petani, Aku tobat, ya Tuhanku, Telah kuinjak mulut-Mu, dan juga jantung-Mu

kalau kita melihat pertanyaan ini sering tidak menemukan jawaban dan cara penyelesaianya. kita sudah mencarinya kesana sini diinternet. Untuk menyelesaikan pertanyaan yang sulit tersebut, faq.co.id telah menyiapkan soal beserta caranya. Mulai dari kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 juga tersedia secara gratis.

diharapkan dengan adanya jawaban soal ini dapat mempermudah kamu dalam belajar di rumah maupun disekolah saat diberikan tugas oleh bapak/ ibu guru. materi yang disediakan sangat lengkap mulai matematika, ipa, ips, penjaskes, kimia, fisika, ekonomi, dan materi pelajaran lainya. oke teman teman jangan berlama lagi mari simak pertanyaan dan penjelasan lengkapnya dibawah ini ya.

Baca Juga :  Jelaskan pengertian topologi wilayah dan sebutkan macam-macamnya?, Mohon di bant

PERTANYAAN :


Bacalah puisi di bawah ini untuk menjawab pertanyaan nomor 39!

Tobat

Aku tobat, ya Tuhanku
tobat atas segala dosaku
Kacang-kacang berkembang
daun kobis segar di ladang
jantung-Mu adalah biji kentang
digigit oleh tanah.
Aku tobat, ya Tuhanku
Tobat atas segala dosaku
Burung-burung kecil di belukar
batang pimping menggeliat
Mulut-Mu di hutan
Sederhana dan manis sekali
Mulut-Mu di hutan
diinjak kaki petani
Aku tobat, ya Tuhanku
Telah kuinjak mulut-Mu
dan juga jantung-Mu

(W.S. Rendra)space 

Baca Juga :  Berdasarkan Prasasti Kota Kapur, Sriwijaya menaklukkan Bumi Jawa. Daerah yang dimaksud diperkirakan area kerajaan...

Tema yang terdapat pada puisi tersebut yaitu …space 

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A.space 


Pembahasan

Puisi adalah karya sastra yang berisi ungkapan perasaan dan pikiran yang disampaikan dengan kata-kata indah.

Tema merupakan salah satu unsur intrinsik puisi. Tema adalah gagasan utama yang ingin disampaikan oleh penyair melalui karyanya.

Puisi “Tobat” berisi pernyataan tobat tokoh \aku\ terhadap dosa-dosa yang telah ia lakukan. Terdapat repetisi atau pengulangan pada larik Aku tobat, ya Tuhanku yang melambangkan penyesalan yang mendalam. Tema yang terdapat pada puisi tersebut yaitu penyesalan

Baca Juga :  Where ____ (you/go) last summer?

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.space 


itulah kunci jawaban dan rangkuman mengenai pertanyaan dan pembahasan soal nya. semoga bermanfaat untuk adik dan teman teman semua. nantikan jawaban yang berkualitas lainya hanya di situs faq.co.id ini. Terimakasih semoga dapat nilai yang bagus dan dapat juara kelas ya.

DISCLAIMER

Orangtua dapat mengoreksi kembali jawaban diatas. kunci jawaban ini sebagai bahan referensi dan panduan belajar siswa di rumah. untuk itu siswa dapat memeriksanya kembali apabila ada kesalahan atau penulisan isi jawaban.

Tinggalkan komentar

Faq App

Aplikasi ringan dan simple untuk mencari kunci jawaban pertanyaan yang beredar diinternet. mulai kunci jawaban tingkat sd smp dan sma sederajat. dilengkap dengan pembahasan lengkap dan terbaru. 99% isian jawaban akurat dan mudah dimengerti.

Services

Tentang

Kerjasama

Kebijakan Privasi

Hubungi Kami

faqcoid@gmail.com

Jakarta, Indonesia.