, Aku sama sekali tak tahu bagaimana awal kesengsaraan yang kini membelenggunya, membuat dia tidak berada dalam tubuhnya sendiri, sebagaimana dia yang kukenal sejak lebih setengah abad lalu. Dia seorang wartawan olahraga koran sore yang terpandang, yang katanya sering mengintipku dari gerbang Tjandra Naja, dekat Jakarta kota, saat aku pulang sekolah naik sepeda. Laki-laki peranakan yang bermata tidak sesipit mataku, tapi hatinya sungguh lapang., Sekarang, di tempat tidur ini, dari seorang manusia, kini dia tinggal menjalani sisa hidup hanya sebagai seonggok daging tak berjiwa. Hampa. Aku tak tahu apa yang menjadi pencetus penyakitnya ini, yang membuat matanya terkadang garang. Teramat garang. Memerah. Seperti hendak pecah. Kalau sudah begini, dia menghindar dari tatapanku bagaimanapun manisnya aku tersenyum, dan melemparkan pandang ke luar jendela. Yang tetap bertahan adalah pernyataan kasih sayangnya sejak dulu.,

kalau kita melihat pertanyaan ini sering tidak menemukan jawaban dan cara penyelesaianya. kita sudah mencarinya kesana sini diinternet. Untuk menyelesaikan pertanyaan yang sulit tersebut, faq.co.id telah menyiapkan soal beserta caranya. Mulai dari kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 juga tersedia secara gratis.

diharapkan dengan adanya jawaban soal ini dapat mempermudah kamu dalam belajar di rumah maupun disekolah saat diberikan tugas oleh bapak/ ibu guru. materi yang disediakan sangat lengkap mulai matematika, ipa, ips, penjaskes, kimia, fisika, ekonomi, dan materi pelajaran lainya. oke teman teman jangan berlama lagi mari simak pertanyaan dan penjelasan lengkapnya dibawah ini ya.

PERTANYAAN :


Bacalah kutipan cerpen berikut.
 

     Aku sama sekali tak tahu bagaimana awal kesengsaraan yang kini membelenggunya, membuat dia tidak berada dalam tubuhnya sendiri, sebagaimana dia yang kukenal sejak lebih setengah abad lalu. Dia seorang wartawan olahraga koran sore yang terpandang, yang katanya sering mengintipku dari gerbang Tjandra Naja, dekat Jakarta kota, saat aku pulang sekolah naik sepeda. Laki-laki peranakan yang bermata tidak sesipit mataku, tapi hatinya sungguh lapang.

Baca Juga :  Ada dua belas buah alat tulis, tujuh buah diantaranya pulpen dan lima buah sisa pensil. Berapa banyak cara untuk menyusun kedua belas alat tersebut secara berdampingan?,

     Sekarang, di tempat tidur ini, dari seorang manusia, kini dia tinggal menjalani sisa hidup hanya sebagai seonggok daging tak berjiwa. Hampa. Aku tak tahu apa yang menjadi pencetus penyakitnya ini, yang membuat matanya terkadang garang. Teramat garang. Memerah. Seperti hendak pecah. Kalau sudah begini, dia menghindar dari tatapanku bagaimanapun manisnya aku tersenyum, dan melemparkan pandang ke luar jendela. Yang tetap bertahan adalah pernyataan kasih sayangnya sejak dulu.

(Sumber: Cerpen “Tanah Air” karya Martin Aleida dalam Kompas edisi 19 Juni 2016)space 

Alur kutipan cerpen tersebut adalah ….space 

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan A.space


Pembahasan

Cerita pendek atau cerpen merupakan salah satu karya sastra fiksi yang mengisahkan berbagai permasalahan kehidupan dan dikemas dengan menarik.
Alur atau plot merupakan rangkaian kronologi peristiwa dalam cerita. Secara garis besar, alur terbagi menjadi tiga, yaitu:

  1. alur maju (progresif), yakni secara runtut cerita dimulai dari tahap awal (penyituasian, pengenalan, pemunculan konflik), tengah (konflik meningkat, klimaks), dan akhir (penyelesaian).
  2. alur mundur (regresif), yakni cerita tidak dimulai dari tahap awal, tetapi bisa dari tahap tengah bahkan akhir.
  3. alur campuran, yakni cerita yang memiliki skema alur regresif-progresif.
Baca Juga :  , Suatu ketika diadakan pertemuan koruptor dari seluruh dunia. Nama acara itu adalah Konferensi Koruptor Internasional. Dalam pertemuan itu para koruptor dikelompokkan berdasarkan tiap-tiap benua. Kebetulan perwakilan dari Indonesia duduk di antara koruptor Cina dan India. Koruptor Cina duduk di sebelah kanan koruptor Indonesia, sedangkan koruptor India duduk di sebelah kiri koruptor Indonesia., Sebelum acara dibuka, ketiga utusan dari benua Asia ini saling membanggakan kelebihan negara masing-masing dalam hal korupsi. Berikut petikan percakapan di antara mereka., "Di negara saya, korupsi dilakukan di bawah meja sebab kalau ketahuan pastidigantung," kata koruptor Cina sambil tersenyum., "Di negara saya, korupsi dilakukan diatas meja sebab sudah bukan hal yang aneh lagi," kata koruptor India dengan tertawa kecil., "Wah, begitu saja bangga? Di negara saya, korupsi bukan hanya di atas meja atau di bawah meja. Bahkan, mejanya pun kamikorupsi," kata koruptorIndonesia sambil tertawa terbahak-bahak.,

Alur pada kutipan cerpen tersebut adalah maju. Berdasarkan kutipan:  Aku sama sekali tak tahu bagaimana awal kesengsaraan yang kini membelenggunya, … (kalimat 1). Dia seorang wartawan olahraga koran sore yang terpandang, … (kalimat 2). Pada kalimat 1 dan 2 merupakan tahap awal, pengenalan situasi dan tokoh secara naratif.

Kemudian, berdasarkan kutipan: Sekarang, di tempat tidur ini, dari seorang manusia, … (kalimat 3). Tampak kata keterangan waktu (sekarang) di awal kalimat, yang menandakan waktu berjalan maju (kronologis). Selain itu, kalimat tersebut menandai tahap tengah, yakni konflik meningkat dan mencapai klimaks yang dimulai pada kalimat “Aku tak tahu apa yang menjadi pencetus penyakitnya ini, ….”

Terakhir, penyelesaian yang ditandai dengan kalimat: Kalau sudah begini, dia menghindar dari tatapanku bagaimanapun manisnya aku tersenyum, … . Kalimat tersebut menggambarkan solusi atau penyelesaian untuk klimaks tersebut dan nada penceritaaan yang sebelumnya naik menjadi turun.

Baca Juga :  a.,

 

Dengan demikian jawaban yang tepat adalah pilihan A.space


itulah kunci jawaban dan rangkuman mengenai pertanyaan dan pembahasan soal nya. semoga bermanfaat untuk adik dan teman teman semua. nantikan jawaban yang berkualitas lainya hanya di situs faq.co.id ini. Terimakasih semoga dapat nilai yang bagus dan dapat juara kelas ya.

DISCLAIMER

Orangtua dapat mengoreksi kembali jawaban diatas. kunci jawaban ini sebagai bahan referensi dan panduan belajar siswa di rumah. untuk itu siswa dapat memeriksanya kembali apabila ada kesalahan atau penulisan isi jawaban.

Tinggalkan komentar

Faq App

Aplikasi ringan dan simple untuk mencari kunci jawaban pertanyaan yang beredar diinternet. mulai kunci jawaban tingkat sd smp dan sma sederajat. dilengkap dengan pembahasan lengkap dan terbaru. 99% isian jawaban akurat dan mudah dimengerti.

Services

Tentang

Kerjasama

Kebijakan Privasi

Hubungi Kami

faqcoid@gmail.com

Jakarta, Indonesia.