“Aku ingin bicara juga dengan istrimu,” kata ayah Ismail, dengan permohonan yang lembut. Tapi Umi, ibu Ulfa menahan rasa takut, getar dalam dada. Guncangan tertahan itu diredakannya., “Begini, Abah Lutfi. Saya datang sore Ini untuk meminang Ulfa bagi Ismail. Saya sudah tua, tak bisa memberikan apa pun bagi anak saya itu, kecuali mencarikannya jodoh.”, Terdiam. Lama. Belahan wajah hitam ayahIsmail seperti bara terembus angin. Lelaki tua itu mengambil napas, dan meredakan rasa murka.Dipandanginya Abah Lutfi yang tersenyum., “Aku serahkan pinangan ini pada Ulfa,” sahut Abah Lutfi. (…), (Sumber:, ),

kalau kita melihat pertanyaan ini sering tidak menemukan jawaban dan cara penyelesaianya. kita sudah mencarinya kesana sini diinternet. Untuk menyelesaikan pertanyaan yang sulit tersebut, faq.co.id telah menyiapkan soal beserta caranya. Mulai dari kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 juga tersedia secara gratis.

diharapkan dengan adanya jawaban soal ini dapat mempermudah kamu dalam belajar di rumah maupun disekolah saat diberikan tugas oleh bapak/ ibu guru. materi yang disediakan sangat lengkap mulai matematika, ipa, ips, penjaskes, kimia, fisika, ekonomi, dan materi pelajaran lainya. oke teman teman jangan berlama lagi mari simak pertanyaan dan penjelasan lengkapnya dibawah ini ya.

PERTANYAAN :

Bacalah teks berikut dengan saksama.

    “Aku ingin bicara juga dengan istrimu,” kata ayah Ismail, dengan permohonan yang lembut. Tapi Umi, ibu Ulfa menahan rasa takut, getar dalam dada. Guncangan tertahan itu diredakannya.

    ”Begini, Abah Lutfi. Saya datang sore Ini untuk meminang Ulfa bagi Ismail. Saya sudah tua, tak bisa memberikan apa pun bagi anak saya itu, kecuali mencarikannya jodoh.”

    Terdiam. Lama. Belahan wajah hitam ayah Ismail seperti bara terembus angin. Lelaki tua itu mengambil napas, dan meredakan rasa murka. Dipandanginya Abah Lutfi yang tersenyum.

      “Aku serahkan pinangan ini pada Ulfa,” sahut Abah Lutfi. (…)

(Sumber: Kompas.com)space 

Latar suasana yang menunjukkan ketenangan untuk melengkapi teks tersebut adalah ….space 

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan C.space 


Cerpen merupakan sebuah  prosa yang menggambarkan tokoh serta lingkungannya dengan permasalahan yang menimpa tokoh yang disertai solusi untukmemecahkan permasalahan itu. Latar adalah keterangan dalam cerita yang berupawaktu, tempat, dan suasana. Latar suasana merupakan latar yang berhubungan dengan situasi atau kondisi ketika terjadinya peristiwa dalam cerita. 

Pada cerpen di atas, latar suasana yang tepat yang menunjukkan ketenangan untuk melengkapi kalimat terakhir yang diucapkan Abah Lutfi bahwa pinangan dari ayah Ismail diserahkan kepada Ulfa, adalah teduh dan lembut. Hal ini tergambar dari kalimat pada paragraf ketiga, “dipandanginya Abah Lutfi yang tersenyum.” 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.space 


itulah kunci jawaban dan rangkuman mengenai pertanyaan dan pembahasan soal nya. semoga bermanfaat untuk adik dan teman teman semua. nantikan jawaban yang berkualitas lainya hanya di situs faq.co.id ini. Terimakasih semoga dapat nilai yang bagus dan dapat juara kelas ya.

>>>DISCLAIMER <<<

Orangtua dapat mengoreksi kembali jawaban diatas. kunci jawaban ini sebagai bahan referensi dan panduan belajar siswa di rumah. untuk itu siswa dapat memeriksanya kembali apabila ada kesalahan atau penulisan isi jawaban.

Tinggalkan komentar