Adalah sebuah negeri, dalam negeri itu adasebuah kebun, terlalu besarnya. Pada suatupagi datanglah seorang pemburu sertamembawa jaring dan panah. Berdirilah ia di tepikolam itu, adalah kelakuannya seperti malaikatmaut hendak mengambil nyawa.Demi dilihatsekalian gagak itu, sekalian nya pun berterbanglah. Tinggallah gagak yang bernama SiPandai Terbang bersembunyi hendak melihatbagaimana kelakuan pemburu itu. Pemburuitu merentangkan jaringnya dan membubuhumpannya berkeliling,dan bersembunyilah ia.Seketika datanglah sekawanan burung tekukurdan rajanya. Sekalian tekukur itu singgahlahmemakanumpan itu, sekaliannya itu pun terkenalah jaring. Demi dilihatlah oleh pemburu itudan sukacitalah ia terlalu sangat dan berlari-larihendak menangkap burung itu. Pada ketikaitu, raja dan tekukur menyuruh kepada segalarakyatnya untuk terbang membawajaring itu,maka sekaliannya itu pun terbang ke udaramembawa jaring itu.,

kalau kita melihat pertanyaan ini sering tidak menemukan jawaban dan cara penyelesaianya. kita sudah mencarinya kesana sini diinternet. Untuk menyelesaikan pertanyaan yang sulit tersebut, faq.co.id telah menyiapkan soal beserta caranya. Mulai dari kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 juga tersedia secara gratis.

diharapkan dengan adanya jawaban soal ini dapat mempermudah kamu dalam belajar di rumah maupun disekolah saat diberikan tugas oleh bapak/ ibu guru. materi yang disediakan sangat lengkap mulai matematika, ipa, ips, penjaskes, kimia, fisika, ekonomi, dan materi pelajaran lainya. oke teman teman jangan berlama lagi mari simak pertanyaan dan penjelasan lengkapnya dibawah ini ya.

PERTANYAAN :


Adalah sebuah negeri, dalam negeri itu ada sebuah kebun, terlalu besarnya. Pada suatu pagi datanglah seorang pemburu serta membawa jaring dan panah. Berdirilah ia di tepi kolam itu, adalah kelakuannya seperti malaikat maut hendak mengambil nyawa. Demi dilihat sekalian gagak itu, sekalian nya pun berterbanglah. Tinggallah gagak yang bernama Si Pandai Terbang bersembunyi hendak melihat bagaimana kelakuan pemburu itu. Pemburu itu merentangkan jaringnya dan membubuh umpannya berkeliling, dan bersembunyilah ia. Seketika datanglah sekawanan burung tekukur dan rajanya. Sekalian tekukur itu singgahlah memakan umpan itu, sekaliannya itu pun terkenalah jaring. Demi dilihatlah oleh pemburu itu dan sukacitalah ia terlalu sangat dan berlari-lari hendak menangkap burung itu. Pada ketika itu, raja dan tekukur menyuruh kepada segala rakyatnya untuk terbang membawa jaring itu, maka sekaliannya itu pun terbang ke udara membawa jaring itu.space 

Baca Juga :  Suatu gelombang dinyatakan dengan persamaan, .Jika semua jarak diukur dalam cm dan waktu dalam sekon, tentukan kecepatan perambatan gelombang!

Amanat dalam kutipan tersebut adalah ….space 

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B.space 


Hikayat adalah karya sastra lama Melayu berbentuk prosa yang berisi cerita, undang-undang, dan silsilah bersifat rekaan, keagamaan, historis, biografis, atau gabungan sifat-sifat itu, dibaca untuk pelipur lara, pembangkit semangat juang, atau sekadar untuk meramaikan pesta. Dalam penyusunannya terdapat unsur-unsur yang memengaruhi penceritaan. Salah satunya adalah unsur intrinsik atau unsur di dalam cerita yang memengaruhi isi cerita.

Baca Juga :  Contoh karangan teks eksposisi tentang kebersihan lingkungan

Unsur intrinsik hikayat, di antaranya terdiri atas:

  1. Tema : dasar pikiran atau gagasan utama yang mendasari jalan cerita.
  2. Penokohan : watak atau karakter tokoh yang terdapat dalam sebuah cerita.
  3. Latar : gambaran tempat, waktu, dan suasana cerita.
  4. Alur : rangkaian kronologi peristiwa dalam cerita, yang dibedakan atas alur maju, mundur, atau alur campuran.
  5. Sudut pandang : pandangan pengarang terhadap cerita, dapat berupa sudut pandang orang pertama atau sudut pandang orang ketiga.
  6. Amanat : pesan moral yang hendak disampaikan oleh pengarang.
  7. Gaya Bahasa : pemakaian ragam bahasa yang berfungsi untuk memberikan kesan yang lebih menarik dengan menggunakan majas.

Pada kutipan hikayat di atas, diceritakan bahwa raja tekukur dan sekawanannya terjaring oleh jaring pemburu. Kemudian, raja tekukur memerintah rakyatnya untuk terbang bersama dengan jaring tersebut agar mereka tidak tertangkap oleh pemburu. Oleh karena itu, amanat dalam kutipan tersebut adalah seorang pimpinan hendaklah melindungi rakyatnya.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.space 

Baca Juga :  Ubahlah sudut-sudut berikut ke bentuk derajat, f.,


itulah kunci jawaban dan rangkuman mengenai pertanyaan dan pembahasan soal nya. semoga bermanfaat untuk adik dan teman teman semua. nantikan jawaban yang berkualitas lainya hanya di situs faq.co.id ini. Terimakasih semoga dapat nilai yang bagus dan dapat juara kelas ya.

>>>DISCLAIMER <<<

Orangtua dapat mengoreksi kembali jawaban diatas. kunci jawaban ini sebagai bahan referensi dan panduan belajar siswa di rumah. untuk itu siswa dapat memeriksanya kembali apabila ada kesalahan atau penulisan isi jawaban.

Tinggalkan komentar

Faq App

Aplikasi ringan dan simple untuk mencari kunci jawaban pertanyaan yang beredar diinternet. mulai kunci jawaban tingkat sd smp dan sma sederajat. dilengkap dengan pembahasan lengkap dan terbaru. 99% isian jawaban akurat dan mudah dimengerti.

Services

Tentang

Kerjasama

Kebijakan Privasi

Hubungi Kami

faqcoid@gmail.com

Jakarta, Indonesia.