kalau kita melihat pertanyaan ini sering tidak menemukan jawaban dan cara penyelesaianya. kita sudah mencarinya kesana sini diinternet. Untuk menyelesaikan pertanyaan yang sulit tersebut, faq.co.id telah menyiapkan soal beserta caranya. Mulai dari kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 juga tersedia secara gratis.

diharapkan dengan adanya jawaban soal ini dapat mempermudah kamu dalam belajar di rumah maupun disekolah saat diberikan tugas oleh bapak/ ibu guru. materi yang disediakan sangat lengkap mulai matematika, ipa, ips, penjaskes, kimia, fisika, ekonomi, dan materi pelajaran lainya. oke teman teman jangan berlama lagi mari simak pertanyaan dan penjelasan lengkapnya dibawah ini ya.

PERTANYAAN :

Perbaiki kalimat-kalimat tidak efektif di bawah ini menjadi kalimat efektif!
 

Pembahasan

Kalimat efektif adalah kalimat yang sesuai dengan kaidah tata bahasa, baik itu ejaan maupun tanda bacanya. Sehingga kalimat tersebut mudah dipahami oleh pembaca atau pendengarnya. Selain itu, kalimat efektif juga dapat menyampaikan gagasan-gagasan atau ide yang ingin disampaikan oleh penulis, atau pembicara pada pembaca maupun pendengar.

Salah satu faktor yang dijadikan penanda untuk melihat efektivitas suatu kalimat adalah ketersampaian pesan penulis atau pembicara pada pembaca maupun pendengar. Jika pesan yang diterima oleh pembaca atau pendengar sama dengan yang ditulis oleh penulis maupun yang dibicarakan oleh pembicara, maka kalimat-kalimat tersebut merupakan kalimat efektif.

Syarat kalimat efektif:

  1. Sesuai PUEBI.
  2. Logis.
  3. Tidak ambigu.
  4. Hemat kata.
  5. Ketegasan topik.

Ciri-ciri kalimat efektif:

  1. Kesepadanan
  2. Kesejajaran
  3. Ketegasan
  4. Kecermatan
  5. Kehematan
  6. Kepaduan
  7. Kelogisan 

 

Perbaikan kalimat-kalimat tidak efektif dalam surat lamaran 1:

Kalimat-kalimat tidak efektifPerbaikan
Penulisan nama dan alamat di pojok kanan atas surat tidak tepat. Seharusnya nama dan alamat tidak dituliskan di pojok kanan atas surat.Menghilangkan nama dan alamat di pojok kanan atas surat
Penulisan “Hal: Lamaran Pekerjaan” setelah “Jakarta Timur” tidak tepat. Penulisan “Hal: Lampiran Pekerjaan” seharusnya diletakkan sebelum “Lampiran: satu berkas”

Hal: Lamaran Pekerjaan
Lampiran: satu berkas

Penggunaan “Kepada Yth.” tidak tepat. Seharusnya kata “Kepada” tidak digunakan.

Yth.
Manager Sumber Daya Manusia
PT Graha Endra
Jalan Raya Bumi Perdana 8
Jakarta Timur

Penulisan “Prada” seharusnya miring karena merupakan media cetak yang diterbitkan.Sesuai dengan penawaran lowongan pekerjaan dari PT Graha Endra, seperti yang termuat di harian Prada tanggal 6 Januari 2016, saya mengajukan diri untuk bergabung menjadi Tim Marketing di PT Graha Indra.
Bagian isi surat seharusnya dituliskan dengan menggunakan poin-poin pemerian dengan menyertakan identitas lengkap.nama : Lisna Diana
umur : 20 tahun
tempat/tanggal lahir :
alamat : 
pendidikan terakhir : 

Perbaikan kalimat-kalimat tidak efektif dalam surat lamaran 2:

Kalimat-kalimat tidak efektifPerbaikan
Penulisan tempat dan tanggal bukan di pojok kiri surat, tetapi di pojok kanan surat.Memindahkan posisi tempat dan tanggal di pojok kanan atas surat.
Penulisan “Hal: Lamaran Pekerjaan” seharusnya diletakkan sebelum “Lampiran: 6 lembar”.Hal: Lamaran Pekerjaan
Lampiran: 6 lembar
Penulisan “Jl.” seharusnya tidak disingkat.Jalan Sumbing 25
Diksi “kamu” dan “Pebruari” pada paragraf pembuka dan isi surat tidak tepat.Berdasarkan iklan yang dimuat di harian Kemakmuran tanggal 13 Februari 2016 dinyatakan bahwa perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin membutuhkan karyawan sebagai sekretaris.
Diksi “pasphoto” tidak baku.pasfoto terakhir (3 lembar)
Diksi yang digunakan pada paragraf penutup tidak tepat.Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih.

itulah kunci jawaban dan rangkuman mengenai pertanyaan dan pembahasan soal bahasa inggris. semoga bermanfaat untuk adik dan teman teman semua. nantikan jawaban yang berkualitas lainya hanya di situs faq.co.id ini. Terimakasih semoga dapat nilai yang bagus dan dapat juara kelas ya.

>>>DISCLAIMER Orangtua dapat mengoreksi kembali jawaban diatas. kunci jawaban ini sebagai bahan referensi dan panduan belajar siswa di rumah. untuk itu siswa dapat memeriksanya kembali apabila ada kesalahan atau penulisan isi jawaban.

Tinggalkan komentar