(1) Fakta inimenunjukkan bahwa Presiden tentu tak cukup hanya merasa heran dan prihatin. (2) Bila memang korupsi tidak cukup dilawan dengan penindakan, sekeras apa pun itu, tentu saja sisi pencegahan harus makin diperkuat. (3) Dalam kondisi seperti ini kita sepakat butuh reformasi besar pencegahan korupsi demi membunuh habitat korupsi. (4) Oleh karena itu, tampaknya kita perlu mengingatkan lagi kepada Presiden yang pada Oktober lalu menjanjikan bakal merilis peraturan presiden (perpres) tentang pencegahan korupsi. (5) Perpres itu sangat dibutuhkan saat ini karena, seperti janji Presiden saat itu, regulasi baru tersebut akan membangun sebuah sistem kerja dan iklim birokrasi yang transparan.,

kalau kita melihat pertanyaan ini sering tidak menemukan jawaban dan cara penyelesaianya. kita sudah mencarinya kesana sini diinternet. Untuk menyelesaikan pertanyaan yang sulit tersebut, faq.co.id telah menyiapkan soal beserta caranya. Mulai dari kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 juga tersedia secara gratis.

diharapkan dengan adanya jawaban soal ini dapat mempermudah kamu dalam belajar di rumah maupun disekolah saat diberikan tugas oleh bapak/ ibu guru. materi yang disediakan sangat lengkap mulai matematika, ipa, ips, penjaskes, kimia, fisika, ekonomi, dan materi pelajaran lainya. oke teman teman jangan berlama lagi mari simak pertanyaan dan penjelasan lengkapnya dibawah ini ya.

PERTANYAAN :


Bacalah kutipan teks editorial berikut untuk menjawab soal nomor 33 dan 34!

(1) Fakta ini menunjukkan bahwa Presiden tentu tak cukup hanya merasa heran dan prihatin. (2) Bila memang korupsi tidak cukup dilawan dengan penindakan, sekeras apa pun itu, tentu saja sisi pencegahan harus makin diperkuat. (3) Dalam kondisi seperti ini kita sepakat butuh reformasi besar pencegahan korupsi demi membunuh habitat korupsi. (4) Oleh karena itu, tampaknya kita perlu mengingatkan lagi kepada Presiden yang pada Oktober lalu menjanjikan bakal merilis peraturan presiden (perpres) tentang pencegahan korupsi. (5) Perpres itu sangat dibutuhkan saat ini karena, seperti janji Presiden saat itu, regulasi baru tersebut akan membangun sebuah sistem kerja dan iklim birokrasi yang transparan.space 

Baca Juga :  , Suatu ketika Timur Lenk menghadiahi Nasrudin seekor keledai. Nasrudin menerimanya dengan senang hati., Timur Lenk berkata, "Ajari keledai itu membaca. Dalam dua minggu datanglah kembali ke sini. Kita lihat hasilnya.", Nasrudin pulang. Dua minggu kemudian, dia datang kembali ke istana. Tanpa banyak bicara, Timur Lenk menunjuk pada buku besar. Nasrudin menggiring keledainya ke buku itu, lalu iamembuka sampulnya., Si keledai menatap buku itu. Tidak lama kemudian, si keledai mulai membalikkan halaman buku dengan Iidahnya. Terus-menerus, dibaliknya setiap halaman sampai ke halaman akhir. Setelah itu, si keledai menatap Nasrudin., "Demikianlah, keledaiku sudah bisa membaca," kata Nasrudin., Timur Lenk mulai menginterogasi, "Bagaimana caramu mengajari dia membaca?", Nasrudin berkisah, "Sesampainya di rumah, aku siapkan lembaran-lembaran besar mirip buku. Kemudian, aku sisipkan biji-biji gandum di dalamnya. Keledai itu belajar membalik-balikkan halaman untuk bisa makan biji-biji gandum tersebut. Dengan demikian, keledai itu mulai terlatih membalik-balikkan halaman dengan benar.", "Namun," tukas Timur Lenk tidak puas, "bukankah iatidak mengerti apa yang dibacanya?", "Memang demikianlah cara keledai membaca. la membalik-balikkan halaman tanpa mengerti isinya. Kalau kita membuka-buka buku tanpa mengerti isinya, kita hanya seperti keledai, bukan?" jawab Nasrudin.,

Teks editorial tersebut ditujukan pada ….space 

Jawaban

jawaban yang tepat ialah pilihan C.space 


Pembahasan

Teks editorial atau tajuk rencana merupakan kolom khusus yang berisi pendapat pribadi seseorang, dalam hal ini redaktur surat kabar, terhadap suatu isu atau permasalahan yang aktual. Teks editorial termasuk ke dalam opini atau pendapat seseorang atau redaktur. 

Dalam ragam teks yang termasuk dalam jenis eksposisi, teks editorial dibangun dengan pernyataan umum, argumentasi, dan penegasan ulang. Ketika mengidentifikasi bagian argumentasi dalam teks editorial, terdapat fakta-fakta yang mendukung argumentasi disertai dengan opini redaktur surat kabar untuk menguatkan permasalahan yang dikemukakan.

Baca Juga :  Gambar di bawah ini merupakan jaring-jaring kubus adalah ...

Teks editorial merupakan teks yang ditulis berdasarkan isu atau peristiwa yang terjadi di masyarakat. lsu atau permasalahan yang diangkat biasanya berdasarkan sisi aktualitasnya atau sedang menjadi pembicaraan orang banyak, sisi fenomenal atau keluarbiasaan terjadinya peristiwa; dan sisi kontroversial atau timbulnya perdebatan dalam peristiwa tersebut. Cara menemukan isu aktual di media ialah dengan melihat objek yang paling banyak dibicarakan oleh masyarakat dan media massa.

Kutipan di atas membahas isu peraturan presiden tentang pencegahan korupsi sebagai upaya pemerkuat pencegahan korupsi. Hal ini terlihat pada kalimat kalimat (2), (3), (4), dan (5) yang membahas mengenai pencegahan korupsi.

Adapun teks editorial tersebut ditujukan kepada Presiden. Hal ini tampak pada kalimat (1) yang secara langsung menyatakan bahwa fakta tentang korupsi di Indonesia tentunya tak cukup membuat Presiden merasa heran dan prihatin. Selain itu, pada kalimat (4) juga disinggung mengenai janji Presiden untuk merilis Peraturan Presiden tentang pencegahan korupsi.

Oleh karena itu, teks editorial tersebut ditujukan pada Presiden.

Baca Juga :  Pada saat harga 10.000 perlusin, permintaan buku sebanyak 10 lusin dan ketika harga buku turun menjadi 8000 perlusin permintaannya menjadi 14 lusin carilah fungsi permintaannya!,

Dengan demikian, jawaban yang tepat ialah pilihan C.space 


itulah kunci jawaban dan rangkuman mengenai pertanyaan dan pembahasan soal nya. semoga bermanfaat untuk adik dan teman teman semua. nantikan jawaban yang berkualitas lainya hanya di situs faq.co.id ini. Terimakasih semoga dapat nilai yang bagus dan dapat juara kelas ya.

DISCLAIMER

Orangtua dapat mengoreksi kembali jawaban diatas. kunci jawaban ini sebagai bahan referensi dan panduan belajar siswa di rumah. untuk itu siswa dapat memeriksanya kembali apabila ada kesalahan atau penulisan isi jawaban.

Tinggalkan komentar

Faq App

Aplikasi ringan dan simple untuk mencari kunci jawaban pertanyaan yang beredar diinternet. mulai kunci jawaban tingkat sd smp dan sma sederajat. dilengkap dengan pembahasan lengkap dan terbaru. 99% isian jawaban akurat dan mudah dimengerti.

Services

Tentang

Kerjasama

Kebijakan Privasi

Hubungi Kami

faqcoid@gmail.com

Jakarta, Indonesia.