(1) Ayah melepaskan kami seperti takkan melihat kami lagi. (2) Bagi beliau, Eropa tak terbayangkan jauhnya. (3) Ayahku yang pendiam, tak pernah sekolah, puluhan tahun menjadi kuli tambang. (4) Paru-parunya disesaki gas beracun, napasnya berat, tubuhnya keras seperti kayu. (5) Ia menatap kami seakan kami bertanya yang paling berharga, seakan Eropa merampas kami darinya. (6) Air matanya pelan, aku memeluk ayahku, ayah yang aku cintai melebihi apa pun, tangannya yang kaku merengkuhku. (7) Pesawat kecil itu berangkat. Dari jendela, kulihat ayah melambai-lambai dengan sapu tangan yang dulu dipakainya untuk mengikat kakiku pada tuas sepeda , -nya supaya kakiku tak terjerat jari-jari ban. (8) Aku tahu, aku akan merindukan laki-laki pendiam itu. Kulihat lambaiannya sampai jauh hingga tak tampak lagi. Aku tersedu sedan.

kalau kita melihat pertanyaan ini sering tidak menemukan jawaban dan cara penyelesaianya. kita sudah mencarinya kesana sini diinternet. Untuk menyelesaikan pertanyaan yang sulit tersebut, faq.co.id telah menyiapkan soal beserta caranya. Mulai dari kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 juga tersedia secara gratis.

diharapkan dengan adanya jawaban soal ini dapat mempermudah kamu dalam belajar di rumah maupun disekolah saat diberikan tugas oleh bapak/ ibu guru. materi yang disediakan sangat lengkap mulai matematika, ipa, ips, penjaskes, kimia, fisika, ekonomi, dan materi pelajaran lainya. oke teman teman jangan berlama lagi mari simak pertanyaan dan penjelasan lengkapnya dibawah ini ya.

PERTANYAAN :


Cermati penggalan novel berikut!

(1) Ayah melepaskan kami seperti takkan melihat kami lagi. (2) Bagi beliau, Eropa tak terbayangkan jauhnya. (3) Ayahku yang pendiam, tak pernah sekolah, puluhan tahun menjadi kuli tambang. (4) Paru-parunya disesaki gas beracun, napasnya berat, tubuhnya keras seperti kayu. (5) Ia menatap kami seakan kami bertanya yang paling berharga, seakan Eropa merampas kami darinya. (6) Air matanya pelan, aku memeluk ayahku, ayah yang aku cintai melebihi apa pun, tangannya yang kaku merengkuhku. (7) Pesawat kecil itu berangkat. Dari jendela, kulihat ayah melambai-lambai dengan sapu tangan yang dulu dipakainya untuk mengikat kakiku pada tuas sepeda Forefer-nya supaya kakiku tak terjerat jari-jari ban. (8) Aku tahu, aku akan merindukan laki-laki pendiam itu. Kulihat lambaiannya sampai jauh hingga tak tampak lagi. Aku tersedu sedan.

Baca Juga :  Vektor, dan, didefinisikan sebagai, dan, . Jika panjang proyeksi vektor, pada vektor, adalah , , nilai, adalah....

(Edensor, Andrea Hirata)

Pendeskripsian watak tokoh ayah merupakan seorang pendiam dalam kutipan novel tersebut adalah melalui ….space 

Jawaban

jawaban yang tepat adalah E.space 


Sebagai salah satu karya sastra, novel dibangun oleh dua unsur penting, yaitu unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik. Unsur intrinsik merupakan unsur pembangun yang berasal dari dalam cerita, sedangkan unsur ekstrinsik merupakan unsur pembangun cerpen yang berasal dari luar cerita. Salah satu unsur instrinsik cerpen adalah tokoh dan penokohan.

Baca Juga :  Pernyataan :, (1) keluar dari dalam ruangan;, (2) mencari lapangan yang cukup luas untuk berlindung;, (3) mendekati gedung-gedung yang tinggi;, (4) jika berada dalam ruangan, bersembunyi di bawah meja;, (5) menghubungi pihak tertentu., Mitigasi yang dilakukan jika terjadi gempa terdapat pada angka ....

Tokoh merupakan pelaku yang terlibat dalam sebuah cerita, sedangkan penokohan merupakan cara pengarang dalam mendeskripsikan watak atau karakter tokoh tersebut. Pengarang dapat mendeskripsikan watak-watak tokoh dengan berbagai dua cara, yaitu: 

  1. Teknik analitik, yaitu penggambaran watak tokoh langsung oleh pengarang
  2. Teknik dramatik, yaitu penggambaran watak tokoh mealui sejumlah sarana, yaitu 1) fisik dan perilaku tokoh; 2) lingkungan kehidupan tokoh; 3) dialog antartokoh; 4) jalan pikiran tokoh; dan 5) penggambaran tokoh lain.

 

Sesuai penjelasan di atas, pendeskripsian watak tokoh ayah merupakan seorang pendiam dalam kutipan novel tersebut dapat dilihat melalui tanggapan tokoh lain. Hal ini dapat dibuktikan pada kalimat nomor 8, yakni Aku tahu, aku akan merindukan laki-laki pendiam itu. Kalimat tersebut disampaikan oleh tokoh lain yang sedang membicarakan sosok ayah.

Baca Juga :  Mengapa wilayah di Bumi dibagi menjadi 24 daerah waktu ?

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.space 


itulah kunci jawaban dan rangkuman mengenai pertanyaan dan pembahasan soal nya. semoga bermanfaat untuk adik dan teman teman semua. nantikan jawaban yang berkualitas lainya hanya di situs faq.co.id ini. Terimakasih semoga dapat nilai yang bagus dan dapat juara kelas ya.

>>>DISCLAIMER <<<

Orangtua dapat mengoreksi kembali jawaban diatas. kunci jawaban ini sebagai bahan referensi dan panduan belajar siswa di rumah. untuk itu siswa dapat memeriksanya kembali apabila ada kesalahan atau penulisan isi jawaban.

Tinggalkan komentar

Faq App

Aplikasi ringan dan simple untuk mencari kunci jawaban pertanyaan yang beredar diinternet. mulai kunci jawaban tingkat sd smp dan sma sederajat. dilengkap dengan pembahasan lengkap dan terbaru. 99% isian jawaban akurat dan mudah dimengerti.

Services

Tentang

Kerjasama

Kebijakan Privasi

Hubungi Kami

faqcoid@gmail.com

Jakarta, Indonesia.